Mengejutkan! Ini 6 Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan


  • Mengejutkan! Ini 6 Manfaat Kimchi Untuk Kesehatan
    Tak hanya lezat, kimchi juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. (Foto: Dok. Portuguese Gravity/Unsplash)

    Sebagaimana diketahui, kimchi adalah salah satu hidangan tradisional Korea yang dibuat dari sayuran yang difermentasi. Biasanya, kimchi terdiri dari kol yang diberi bumbu seperti gula, garam, bawang, bawang putih, jahe, dan cabai. Selain kol, kimchi juga dapat dibuat dari sayuran lainnya, termasuk lobak, seledri, wortel, mentimun, terong, bayam, daun bawang, bit, dan rebung. Menurut jurnal yang dipublikasikan di National Library of Medicine, hidangan kimchi tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat kimchi untuk kesehatan. 


    1. Mengandung probiotik




    Fermentasi terjadi ketika pati atau gula diubah menjadi alkohol atau asam oleh organisme seperti ragi, jamur, atau bakteri. Fermentasi pada kimchi menggunakan bakteri Lactobacillus untuk memecah gula menjadi asam laktat, yang memberi kimchi rasa asam yang khas. Berdasarkan studi yang dipublikasikan tahun 2015, bakteri ini diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk mengobati kondisi seperti demam dan beberapa jenis diare. 


    Selain itu, proses fermentasi juga menciptakan lingkungan yang memungkinkan bakteri ramah lainnya untuk tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Ini termasuk probiotik, yang merupakan mikroorganisme hidup yang menawarkan manfaat kesehatan, seperti memberi perlindungan dari atau peningkatan dalam beberapa kondisi, termasuk beberapa jenis kanker tertentu, flu, sembelit, kesehatan jantung, dan kesehatan saluran pencernaan. 


    (Baca Juga: 8 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh)


    2. Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh


    Kimchi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, berkat kandungan bakteri Lactobacillus. Menurut studi yang berjudul Different Immune Regulatory Potential of Lactobacillus Plantarum and Lactobacillus Sakei Isolated From Kimchi menemukan bahwa subjek yang disuntik dengan Lactobacillus plantarum - jenis spesifik yang umum pada kimchi dan makanan fermentasi lainnya - memiliki kadar TNF alpha yang lebih rendah, penanda inflamasi, daripada subjek yang tidak disuntik. Karena kadar TNF alpha sering meningkat pada saat terjadi infeksi dan penyakit, adanya penurunan menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh bekerja secara efisien. Sebuah studi lain tahun 2018 yang mengisolasi Lactobacillus plantarum dalam tabung juga menunjukkan bahwa bakteri ini memiliki efek penambah kekebalan. 


    3. Dapat mengurangi peradangan


    Tidak hanya membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, probiotik dan senyawa aktif dalam kimchi dan makanan fermentasi lainnya juga dapat membantu melawan peradangan. Melansir dari laman Healthline, sebuah studi tahun 2018, ekstrak kimchi sebesar 200 mg per kg yang diberikan setiap hari selama 2 minggu diketahui dapat menurunkan kadar enzim yang berhubungan dengan peradangan. Sementara itu, suatu penelitian tabung tahun 2015 mengkonfirmasi bahwa HDMPPA, salah satu senyawa utama dalam kimchi, menunjukan sifat anti-inflamasi dengan menghalangi dan menekan pelepasan senyawa inflamasi. 


    4. Dapat memperlambat penuaan


    Ternyata, hidangan kimchi dinilai dapat memperlambat proses penuaan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang berjudul Anti-aging effects and mechanisms of kimchi during fermentation under stress-induced premature senescence cellular system, mencatat bahwa dalam penelitian tabung reaksi, sel manusia yang diobati dengan kimchi menunjukkan adanya peningkatan viabilitas, yang mengukur kesehatan sel secara keseluruhan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk merekomendasikan kimchi sebagai pengobatan anti-penuaan.


    (Baca Juga: Tips Diet Sehat Agar Berat Badan Berkurang Selama Di Rumah)


    5. Dapat membantu penurunan berat badan


    Kimchi segar dan fermentasi keduanya sama-sama memiliki kalori yang rendah, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dibuktikan dalam studi tahun 2011 yang dilakukan selama empat minggu dengan melibatkan 22 orang kelebihan berat badan menemukan bahwa, makan kimchi segar atau fermentasi dapat membantu mengurangi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan lemak tubuh. Selain itu, secara spesifik kimchi fermentasi juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. 


    6. Dapat mendukung kesehatan jantung


    Manfaat kimchi untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat mendukung kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian tahun 2013 yang dilakukan selama seminggu dengan melibatkan 100 orang menemukan bahwa mengonsumsi 0,5-7,5 ons (15-210 gram) kimchi setiap hari secara signifikan dapat menurunkan gula darah, kolesterol total, dan kadar kolesterol LDL (buruk), yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below