Tips Diet Sehat Agar Berat Badan Berkurang Selama Di Rumah


  • Tips Diet Sehat Agar Berat Badan Berkurang Selama Di Rumah
    Menjaga berat badan ideal mungkin jadi lebih sulit selama di rumah. Tak perlu khawatir, kamu bisa coba tips diet sehat berikut. (Foto: Dok. Pexels/Alexy Almond)

    Terlalu lama berada di rumah mungkin membuat sebagian besar kita merasa terlalu nyaman sehingga tak memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Alhasil, berat badan meningkat drastis dan kita tak menyadarinya. Setelah sebagian kegiatan mulai bisa dilakukan di luar rumah, kita justru kaget dan panik dengan bentuk tubuh yang baru. Tak perlu khawatir, simak tips diet sehat berikut agar berat badan bisa berkurang selama di rumah saja.


    1. Mengurangi garam

    Garam punya hubungan dengan kemampuan tubuh untuk mengikat air atau berat. Terlalu banyak mengonsumsi garam, akan membuat tubuh kita sulit membuang air tersebut sehingga tubuh akan terasa lebih berat. Sebaiknya, gunakan garam secukupnya.




    (Baca Juga: Catat! Ini Panduan Diet Untuk Umur 30-an)


    2. Berlakukan jam makan malam

    Pastikan untuk mengonsumsi makanan berat sebelum pkl 19.00-20.00. Dengan mengonsumsi makanan sebelum jam tidur, tubuh bisa mencernanya dengan lebih baik. Demi mendapatkan berat badan ideal, pencernaan yang baik adalah kunci yang penting.



    3. Lakukan diet seimbang

    Mungkin hal ini tidak mudah, khususnya bagi kamu yang malas memerhatikan asupan makanan. Namun, menyertakan semua makronutrien dan mikronutrien adalah hal penting dalam diet sehat. Karbohidrat yang baik, lemak dan protein baik berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan. 


    (Baca Juga: Resep Nasi Goreng Sehat Untuk Diet)


    4. Kurangi karbohidrat dan makanan manis

    Pahami kualitas karbohidrat yang baik dan yang buruk. Makanan olahan seperti roti tawar putih, sereal, cookies, donat, dan kue bukan jenis karbohidrat yang akan membantumu menurunkan berat badan. Sebaiknya ganti dengan produk gandum utuh dan karbohidrat sekaligus serat kompleks karena makanan-makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.



    5. Menjaga hidrasi

    Kadang, kita sering mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Dengan meminum air putih akan cukup membantu kita terhindar dari camilan kurang sehat sehingga dapat membantu sistem pencernaan, ginjal, dan kulit yang sehat. Kalau kamu bosan dengan rasa air putih yang hambar, kamu bisa menambahkan lemon dan menjadikannya infused water.


    (Baca Juga: 6 Hal Yang Perlu Dihindari Saat Diet)


    6. Konsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan

    Makanlah setidaknya 2-3 jenis buah setiap harinya. Buah-buahan ini bisa menjadi anti-oksidan sehat yang membantu diet sehatmu. Selain itu, kacang dan biji-bijian seperti almond, kenari, sunflower seed, hingga chia seed juga memiliki kandungan anti-oksidan, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.



    7. Membagi makanan besar dalam ukuran kecil

    Salah satu ide bagus untuk membantumu adalah dengan membagi makanan besar ke dalam porsi yang lebih kecil sehingga kamu bisa mengukur kalorinya. Ini akan membuat metabolismemu semakin lancar.



    Itulah tips diet sehat yang bisa kamu lakukan agar berat badan berkurang selama di rumah saja. Siap melakukannya hari ini?