Takut Bercerai, Ini 16 Cara Jaga Rumah Tangga Tetap Harmonis


  • Takut Bercerai, Ini 16 Cara Jaga Rumah Tangga Tetap Harmonis
    Tak ada yang menginginkan terjadinya perceraian. Kalau kamu khawatir, simak cara menjaga rumah tanggamu agar tetap harmonis dan bahagia. (Foto: Dok. Pixabay)

    Setelah menikah, kamu pasti ingin menjaga agar rumah tangga tetap harmonis, jauh dari masalah, apalagi berujung pada perceraian. Namun, keinginan ini tak akan terwujud jika semua pihak di dalamnya, yaitu kamu dan pasangan, tidak sama-sama berjuang dalam prosesnya. Menjaga keharmonisan sebuah rumah tangga memang tak mudah, namun juga bukan mustahil. Berikut ini 16 cara menjaga rumah tangga tetap harmonis yang bisa kamu coba.


    1. Menikmati kehidupan bersama

    Keluarga yang bahagia adalah keluarga yang saling mendukung dan selalu ada untuk satu sama lain. Menurut penasihat keluarga, Rabbi Shmuley Boteach, salah satu ciri interaksi keluarga yang bahagia adalah saat mereka bisa bergembira bersama. Misalnya, anak-anak akan menyambut dengan bahagia saat orang tuanya pulang dari kantor. Sebaliknya, orang tua benar-benar merasa bahagia ketika melihat anak-anaknya pulang dari sekolah.


    2. Bertukar cerita dan pendapat

    Saling berbagi dan bertukar pikiran adalah kunci keluarga harmonis. Kegiatan simpel ini juga bisa mencegah adanya rasa bosan yang memicu adanya pertengkaran atau masalah lain. Sebut saja seperti pasangan selingkuh atau anak-anak yang memilih untuk bermain dengan temannya.


    Bagaimana memulainya? Saling bertukar cerita soal kesibukan hari ini. Tanya pada pasangan dan anak-anak, apa yang mereka rasakan dan lalui hari itu. Dengan melakukan ini, hubungan kalian pun akan terasa lebih dekat dan kuat.


    3. Mengutamakan pernikahan

    Sadari bahwa pernikahanmu adalah yang terpenting. Ini adalah kunci dari rumah tangga yang harmonis. Biasanya, bagi pasangan muda yang baru memiliki anak, cenderung mengutamakan sang anak dibanding pasangannya. Akhirnya, hubungan antar suami-istri merenggang. 


    Menurut Rabbi Shmuley Boteach, "Ini adalah hal terburuk bagi keluarga karena pada akhirnya anak-anak akan meninggalkan rumah, tapi pasanganmu tidak." Nah, pastikan kamu tetap mengutamakan pasanganmu dengan saling terbuka antara satu sama lain tentang hal apapun. 


    (Baca Juga: Ini Zodiak Yang Paling Awet Jalani Hubungan Jangka Panjang)


    4. Biasakan makan malam bersama

    Mungkin buat kamu tips ini paling sepele, tapi nyatanya makan malam bersama bisa jadi kunci rumah tangga harmonis karena bisa jadi penghubung antar anggota keluarga. Rabbi menyarankan setidaknya empat kali dalam seminggu, kamu dan pasangan menyempatkan makan malam bersama. Baik hanya berdua atau mengajak anak-anak juga.



    (Menjaga rumah tangga tetap harmonis. Foto: Dok. Pixabay)

    5. Menghabiskan waktu bersama

    Sebenarnya selama pandemi yang mengharuskan untuk berdiam di rumah, kamu dan pasangan bisa memaksimalkan momen ini. Mungkin sebelumnya kalian punya kesibukan masing-masing sehingga waktu bersama di rumah berkurang. Nah, kini waktunya kamu menghabiskan waktu bareng pasangan dengan membacakan cerita untuk anak atau sekadar bertukar cerita pada malam hari sebelum tidur.


    6. Mengutamakan keluarga dari teman

    Biasanya hal ini lebih sering dilakukan oleh anak-anak, khususnya yang tengah beranjak dewasa. Mereka cenderung mudah merasa bosan sehingga ingin mencari keseruan di luar rumah bersama teman-temannya. Sebenarnya tak ada yang salah dengan hal ini, asalkan semua dilakukan sesuai porsinya. Mungkin kamu saat ini belum memiliki anak, atau jika sudah, pastikan untuk mengingatkan mereka akan pentingnya kebersamaan keluarga. Namun, lakukan tanpa harus terkesan mengadili.


    7. Punya komitmen jangka panjang

    Menjalankan sebuah rumah tangga perlu adanya komitmen dari kedua belah pihak. Komitmen ini jadi cara untuk meneguhkan sikap dan pandangan serta pegangan dari satu sama lain. Sebuah rencana masa depan yang panjang hanya akan terwujud lewat komitmen yang disepakati kamu dan pasangan.


    (Baca Juga: 7 Cara Merawat Cinta Agar Tidak Mudah Pudar)


    8. Memiliki ritual keluarga

    Ciptakan kegiatan yang khusus dilakukan bersama keluarga dan memang rutin dilaksanakan. Sesimpel makan pizza setiap hari Minggu atau piknik ke taman favorit di akhir pekan. Ritual yang bermakna ini akan menjadi ciri khas yang unik dalam keluarga sehingga jika diulang terus menerus, setiap anggota keluarga akan merasa semakin dekat dan sama-sama memiliki sense of belonging.



    (Menjaga rumah tangga tetap harmonis. Foto: Dok. Pixabay)

    9. Menjaga komunikasi

    Komunikasi bukan hanya soal kapan dan apa saja yang dibicarakan, tapi juga bagaimana kamu menyuarakannya. Intonasi suara yang tinggi dan keras akan menimbulkan suasana yang kurang menyenangkan. Pastikan kamu dan pasangan sama-sama menjaga komunikasi yang baik dengan intonasi suara yang lembut. Bukan hanya bisa menciptakan suasana rumah yang damai tapi juga menghindari terjadinya salah paham.


    10. Tidak bertengkar di depan anak

    Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pasangan yang sudah memiliki anak adalah bertengkar di depan mereka. Dalam menjaga rumah tangga yang harmonis, kamu juga perlu menciptakan suasana rumah yang aman. Salah satunya adalah dengan tidak menyajikan aura negatif di depan anak-anak. Namun, jika hal ini terlanjur terjadi, segera minta maaf dan katakan, "Maaf kalau kamu harus melihat Papa dan Mama bertengkar. Tapi semuanya sudah baik-baik saja sekarang."


    11. Tak membawa masalah dari luar ke rumah

    Wajar sekali kalau kamu atau pasangan punya masalah di luar rumah, misalnya dari kantor atau lingkar pertemanan. Namun, pastikan kamu tidak "membawanya" ke dalam rumah tangga. Karena kamu kesal dengan atasan, kamu justru membentak pasangan atau anak-anak. Inilah yang akan membuat keharmonisan rumah tangga akan hancur. Urus pekerjaan ketika nanti waktunya bekerja. Saat kamu di rumah, usahakan untuk tetap fokus pada keluarga. Jadikanlah keluarga sebagai obat penghilang kekesalanmu.


    12. Menciptakan harmonisasi antar saudara

    Bukan hanya harmonisasi keluarga inti yang baru kamu bentuk saja yang harus dijaga, begitu juga dengan hubunganmu dengan saudara kandung. Dengan begitu, kamu akan dikelilingi orang-orang positif yang memiliki visi dan misi yang sama dalam hidup. 


    (Baca Juga: Apakah Wajar Merasa Bosan Dalam Hubungan)


    13. Ciptakan lelucon pribadi

    Memiliki lelucon khusus dalam keluarga akan membuat hubungan satu sama lain jadi lebih erat. Kamu dan pasangan mungkin punya panggilan sayang yang khas dan terdengar lucu dari kebanyakan orang. Tak ada masalah kok. Justru, dengan hal simpel seperti ini akan membuat rumah tanggamu lebih harmonis.



    (Menjaga rumah tangga tetap harmonis. Foto: Dok. Pexels/Andrea)


    14. Fleksibel

    Agar hubungan rumah tanggamu tidak membosankan, kamu dan pasangan harus bisa bersikap fleksibel. Setiap orang memiliki pribadi yang berbeda dan tak bisa disamakan. Kalau kamu ingin pasangan untuk mengikuti keinginanmu terus-menerus, tentunya si dia akan merasa jenuh dan bosan. Bahkan, bukan tak mungkin jadi malas untuk berkomunikasi. 


    15. Saling terbuka

    Kunci utama dalam rumah tangga yang harmonis adalah keterbukaan. Semua anggota keluarga harus merasa bebas untuk berkomunikasi dan saling terbuka. Masalah sekecil atau sebesar apa pun, mulai dari pekerjaan, finansial, hingga pilihan hidup, harus bisa dibicarakan dengan baik dalam keluarga. Karena yang bisa membantu dan menjaga keutuhan sebuah keluarga adalah setiap anggotanya sendiri.


    (Baca Juga: 5 Posisi Pelukan Yang Baik Dan Manfaatnya Bagi Hubungan)


    16. Kurangi penggunaan media sosial

    Rasanya susah banget untuk melepas media sosial dalam keseharian. Tapi kamu harus bisa belajar untuk mengaturnya agar tidak memengaruhi rumah tangga. Saat berkumpul dengan keluarga atau berada dalam pembicaraan serius dengan pasangan, curahkan seluruh perhatianmu pada mereka. Jangan malah sibuk sendiri dengan main game atau scrolling Instagram.


    Nah, itulah 16 cara menjaga rumah tangga agar tetap harmonis. Sadari bahwa keharmonisan ini adalah hal berharga yang jangan sampai dirusak oleh hal-hal tidak penting, dan yang bisa menjaganya adalah kamu dan pasangan.