7 Cara Merawat Cinta Agar Tidak Mudah Pudar


  • 7 Cara Merawat Cinta Agar Tidak Mudah Pudar
    Cara merawat cinta agar tidak mudah pudar (Foto:Dok/Pexels/Andre)


    Menjalani hubungan yang cukup lama mungkin buat sebagian pasangan akan merasakan bosan dan flat. Kegiatan yang berulang kerap buat perasaan jadi biasa bahkan buat cinta menjadi pudar. Apalagi saat telah hidup bersama dan membangun rumah tangga. 

    Namun sebetulnya banyak cara untuk merawat cinta agar tetap ada dan selalu tumbuh meskipun telah menjalin hubungan yang cukup lama. Dengan memberi kejutan, buat waktu kencan dan lainnya bisa jadi cara sederhana namun berkesan. Selain itu apa lagi? dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara lainnya 

    (Baca Juga: 15 Tanda Yang Kamu Rasa Adalah Cinta)


    1. Kencan Ulang

    Setelah menikah, bukan berarti kamu dan pasangan jadi melupakan waktu kencan yang biasa dilakukan sebelumnya. Sesuatu yang biasa dilakukan dulu, bisa jadi sangat berarti jika diterapkan saat menikah.

    Cobalah untuk pergi ke restoran atau tempat kencan biasa kalian dulu untuk menguatkan kembali perasaan satu sama lain. Kamu bisa melakukannya saat hari jadi atau saat anniversary pernikahan kalian. 


    2. Honeymoon

    Siapa bilang honeymoon hanya untuk pasangan yang baru menikah? Bulan madu bisa jadi salah satu cara menguatkan perasaan dalam pernikahan. Bahkan hal ini pun bisa kamu lakukan bersama pasangan meskipun kalian telah memiliki buah hati.

    Meluangkan waktu setahun sekali untuk melakukan ini bisa sangat efektif untuk merawat perasaanmu dengan pasanganmu meski telah lama menjalin hubungan. Momen ini juga pas untuk bernostalgia masa-masa awal pernikahan.

    (Baca Juga: Inilah Tanda Hubungan Cinta Akan Bertahan Lama)


    3. Waktu Mesra

    Buatlah waktu khusus dengan pasanganmu untuk saling mengisi dan lebih intim. Kamu bisa menyingkirkan gadgetmu sementara kemudian berbincang mengenai banyak hal dengannya. 

    Atau kamu dan pasangan bisa saling berendam di bath up hangat dengan memberikan sentuhan lilin kecil di sekitarnya untuk membangun suasana yang lebih romantis.


    4. Saling melayani

    Melansir laman Pyschology Today, menjalani kehidupan sebagai pasangan suami istri bisa semakin dekat jika kamu dan pasanganmu saling melayani satu sama lain. Sebagai contoh, bergantian memotong rambut, saling memijat atau saling membersihkan ruangan akan jadi hal yang menyenangkan sekaligus menguatkan perasaan cinta di dalamnya.


    5. Berdansa

    Setelah makan malam, kamu dan pasangan bisa memasang musik serta berdansa bersama. Cara ini bisa membentuk keintiman dan membuat cinta semakin tumbuh. 

    (Baca Juga: 7 Tanda Anda Benar-Benar Sedang Jatuh Cinta)


    6. Buat kejutan

    Setelah hidup bertahun-tahun dengan pasanganmu, mungkin saja ia tahu saat kamu menyimpan rahasia. Bahkan ia mungkin saja tahu bahwa kamu tengah mempersiapkan sesuatu untunya.

    Oleh sebabnya, cobalah buat kejutan dengan sentuhan yang berbeda. Mungkin kamu bisa membuat teka-teki atau menebarkan hide love notes yang bisa membawanya pada kejutanmu.


    7. Mengungkapkan cinta

    Meski telah menjalin hubungan yang cukup lama, saling mengungkapkan perasaan cinta satu sama lain bisa jadi cara untuk merawat cinta yang mungkin telah pudar. Cobalah untuk selalu mengucapkan selamat tidur dengan kecupan atau sekedar mengucapkan I love you sebelum kalian memejamkan mata.

    Itulah cara mudah agar hubungan tidak bosan saat terjalin lama. Rawatlah cintamu dengan si dia, agar keduanya saling bahagia.