Tingkatkan Kolagen Pada Kulit Dengan Konsumsi 8 Makanan Ini


  • Tingkatkan Kolagen Pada Kulit Dengan Konsumsi 8 Makanan Ini
    Inilah daftar makanan yang efektif untuk memproduksi kolagen kulit. (Foto:Dok.Pexels/Buenosia)


    Seiring bertambahnya usia, berbagai permasalahan kulit mulai menghampiri. Mulai dari kerutan, garis-garis halus dan flek hitam yang jadi tanda penuaan kulit.

    Hal itu timbul dikarenakan kulit tak lagi memproduksi kolagen dengan maksimal. Sehingga, jumlahnya pun berkurang dan memberikan dampak pada kulit. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?



    Selain bisa mengonsumsi ragam suplemen, kolagen sebetulnya bisa ditingkatkan dengan berbagai makanan yang bisa diolah sebagai asupan bergizi. Di antaranya adalah ikan, buah-buahan, dan berikut lainnya yang efektif untuk meningkatkan kolagen kulit.

    (Baca Juga: Ini Dia Suplemen Kecantikan yang Patut Dicoba)


    1. Ayam


    (Daging ayam untuk kulit.Foto:Dok.Pexels/Lukas)

    Daging ayam kerap kali jadi pilihan untuk jadi bahan utama dalam suplemen kolagen. Sehingga mengonsumsinya bisa efektif untuk meningkatkan kolagen pada kulit. Pilihlah bagian seperti leher, tulang rawan dan daging putih pada ayam untuk diolah menjadi makananmu.


    2. Ikan

    Penelitian dari The National of Health tahun 2012 mengenai nutrisi dan penuaan menemukan bahwa ikan memiliki segudang manfaat, terutama untuk membantu produksi kolagen. Bahkan, kandungan dari hewan laut lebih mudah diserap oleh tubuh. Sementara, melansir laman Healthline sejumlah pakar nutrisi dan penuaan kerap menggunakan kulit ikan sebagai sumber peptida kolagen.

    (Baca Juga: 10 Manfaat Vitamin C Pada Serum Untuk Kulit Wajah)


    3. Putih telur


    (Putih telur.Foto:Dok.Pexels/Trang)

    Walaupun telur tidak memiliki jaringan ikat seperti produk hewani lainnya, namun putih telur mengandung banyak asam amino yang dibutuhkan untuk produksi kolagen.


    4. Buah-buahan

    Meski hampir seluruh buah-buahan baik, namun untuk meningkat kolagen pilihlah mereka yang banyak mengandung vitamin C di dalamnya. Kandungan inilah yang mengambil peran utama dalam menciptakan kolagen kulit.

    Pilihlah aneka buah-buahan yang kaya akan vitamin yang satu ini. Di antaranya adalah jeruk. anggur, lemon, berry, mangga, kiwi, nanas dan jambu. Selain vitamin C, buah-buah itu memiliki kandungan zinc dan antioksidan yang sama pentingnya untuk dorongan pembentukan kolagen.

    (Baca Juga: 6 Cara Efektif Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata)


    5. Bawang putih


    (Bawang putih untuk kolagen kulit.Foto:Dok.Pexels/Nick)

    Tak hanya jadi bumbu dapur yang bisa melezatkan tumisan, bawang putih juga bekerja secara efektif untuk meningkatkan produksi kolagen. Kaya akan sulfur ia tak hanya bekerja untuk mendorong kolagen tapi juga mencegah kerusakannya.

    Namun, agar lebih maksimal perlu diperhatikan jumlah konsumsinya untuk tubuh. Gunakan resep dan pengukuran yang pas untuk hasil yang maksimal.


    6. Daun hijau

    Seorang pakar diet Carrie Gabriel mengatakan bahwa sayuran hijau adalah kunci utama untuk membuat diet sehat. Tak hanya itu, ternyata ragam daun hijau juga bekerja meningkatkan kolagen di dalam tubuh.

    "Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen di kulit," kata Gabriel kepada Healthline.

    Oleh sebabnya, pilihlah ragam sayuran seperti bayam, kangkung, chard swiss dan aneka sayuran yang kerap ditemui dalam camilan salad. Tak hanya kolagen, mereka juga kaya akan antioksidan.

    (Baca Juga: Apakah Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Penuaan Dini?)


    7. Kacang


    (Kacang mengandung protein untuk membantu produksi kolagen.Foto:Dok.Pexels/Mike)

    Dikenal sebagai makanan yang tinggi protein, kacang juga mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk menghasilkan kolagen. Ia pun efektif untuk memberikan stamina tubuh.


    8. Yogurt

    Makanan fermentasi efektif untuk meningkatkan kolagen kulit. Di antaranya yang bisa jadi pilihan adalah yogurt, tempe dan kombucha. Bakteri baik di dalamnya, seperti probiotik bisa meningkatkan jumlah kolagen sekaligun mencegah kerusakannya. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below