Apakah Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Penuaan Dini?


  • Apakah Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Penuaan Dini?
    Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Penuaan Dini. (Foto:Dok.Kinga Cichewicz/Unsplash)

    Tahukah kamu, kurang tidur ternyata tidak hanya dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan tubuh, tetapi juga berdampak kurang baik untuk kecantikan. Salah satu dampak kurang tidur untuk kecantikan adalah penuaan dini. Penuaan dini tidak hanya dapat disebabkan karena radikal bebas berbahaya saja, tetapi juga karena kurang tidur. Penuaan dini dapat membuat kulit tidak beregenerasi dengan baik, dan membuat penampilanmu terlihat lelah. Berikut ini beberapa tanda penuaan dini akibat kurang tidur pada kulit wajah. 


    Munculnya Kantung Mata 




    Sebagaimana diketahui, kurang tidur dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Ini karena pembuluh darah dan lapisan lemak di bagian bawah mata hanya memiliki sedikit lapisan lemak, serta memiliki kolagen yang sangat halus dan tipis. Sehingga, ketika seseorang kurang tidur, pembuluh darah di bagian tersebut akan melebar dan menghitam. Inilah yang menyebabkan munculnya kantung mata.


    (Baca Juga: 3 Kebiasaan Penyebab Kantung Mata)


    Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua


    Kurang tidur akan membuat wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Hal ini terjadi karena saat tidur tubuh akan membentuk kolagen untuk menjaga elastisitas kulit. Sehingga, jika seseorang kurang tidur, produksi kolagen di dalam tubuh akan menurun yang menyebabkan munculnya tanda penuaan dini dan membuat wajah terlihat lebih tua. 


    (Baca Juga: Muka Kamu Terlihat Tua? Mungkin Ini Sebabnya)


    Membuat Kulit Tampak Kusam


    Ketika seseorang kurang tidur, kulit akan kehilangan kelembapannya, sehingga dapat membuat kulit terlihat kusam. Selain disebabkan oleh hilanganya kelembapan, kulit tampak kusam juga bisa disebabkan karena adanya penurunan produksi kolagen dan hyaluronic acid alami akibat tidak cukup tidur. 


    (Baca Juga: Lawan Kulit Kusam dengan Cara Ini)


    Munculnya Masalah Jerawat


    Tidak cukup tidur dapat membuat tubuh merasa lebih mudah lelah dari biasanya. Jika sudah begitu, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol atau hormon stres yang dapat memunculkan berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Jadi, jangan heran jika saat kurang tidur jerawat lebih mudah muncul pada kulit wajah. 


    (Baca Juga: 10 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat)


    Itulah beberapa tanda penuaan dini yang dapat muncul pada kulit wajah akibat kurang tidur. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below