Sering Transaksi Pakai Mobile Banking? Lakukan 6 Hal Ini


  • Sering Transaksi Pakai Mobile Banking? Lakukan 6 Hal Ini
    Langkah aman bertransaksi menggunakan mobile banking yang harus kamu tahu. (Foto: Dok. Yan/Pexels)

    Di tengah pandemi, kita harus ekstra hati-hati, salah satunya adalah saat pergi ke ATM untuk mengambil uang tunai. Bisa saja ada virus yang "tertinggal" di sana karena mesin ATM merupakan salah satu fasilitas umum yang digunakan oleh banyak orang.


    Namun, kecanggihan teknologi membuat transaksi finansial bisa dilakukan dengan mudah kapan dan di mana saja. Salah satunya melalui mobile banking. Lewat aplikasi ini, kamu bisa menyimpan, mengirim, dan menerima uang secara cepat dan mudah. Namun, maraknya penggunaan mobile banking harus didukung dengan pengetahuan tentang keamanannya. Agar selalu aman, lakukan 6 hal ini saat ingin transaksi mobile banking.




    Hindari penggunaan Wi-Fi umum

    Penggunaan mobile banking yang aman adalah dengan tidak menggunakan koneksi Wi-Fi umum untuk mengakses aplikasi karena koneksi tersebut belum terjamin keamanannya. Bahkan, ada kemungkinan besar data kamu bisa diretas oleh hacker dengan mudah.


    (Baca Juga: Data E-Commerce Kamu Kena Hack, Segera Lakukan Ini)


    Selalu update versi aplikasi mobile banking terbaru

    Mungkin kamu malas kalau harus meng-update aplikasi terus-menerus padahal hal ini perlu dilakukan demi memastikan bahwa aplikasi tersebut dilengkapi layanan keamanan terbaru. 


    Periksa situs penerbit kartu

    Meski bukan hal yang wajib untuk dilakukan, mengecek situs bank penerbit kartu juga bisa meyakinkan kamu bahwa informasi perbankan yang dimiliki berada di tangan yang tepat. Kamu juga bisa menemukan kontak nomor yang bisa dihubungi dengan cepat apabila ada aktivitas perbankan yang mencurigakan.


    Gunakan password

    Password sangat erat kaitannya dengan keamanan. Pastikan kamu mengaktifkan password dengan kode khusus yang tidak mudah ditebak. Hindari menggunakan password yang berisikan informasi umum seperti tanggal lahir, nama orang tua, atau nama hewan peliharaan. Kini, bank juga mulai menyediakan layanan autentikasi. Salah satunya adalah fitur One-Time-Password yang berfungsi untuk mempermudah sekaligus mengamankan proses transaksi yang akan dilakukan.


    (Baca Juga: Kuota Internet Cepat Habis, Bisa Jadi Karena 5 Hal Ini)


    Berhenti melakukan jailbreaking pada smartphone

    Biasa dikenal dengan proses menghilangkan batasan yang diberlakukan pada perangkat genggam dengan sistem operasi seperti iOS. Dengan melakukan jailbreak, kamu "mengijinkan" aplikasi pihak ketiga untuk mengakses sistem operasi dari perangkatmu. Hal ini berbahaya karena berpotensi membuat pihak lain mengetahui semua informasi yang tersimpan dalam smartphone.


    Itulah 6 langkah aman yang harus kamu perhatikan jika aktif menggunakan mobile banking sebagai opsi transaksi sehari-hari. Pastikan kamu mengikutinya demi keselamatan dan keamanan finansialmu.





 

Related Articles

Tips Aman Mobile Banking

Tips Aman Mobile Banking

oleh Kiki Riama Priskila

Bahaya Pakai Kuku Palsu Terlalu Sering

Bahaya Pakai Kuku Palsu Terlalu Sering

oleh Kiki Riama Priskila

Sony Mobile Luncurkan Xperia Z3

Sony Mobile Luncurkan Xperia Z3

oleh Monadisa Utami Dewi

Advertisement - Continue Reading Below