Kuota Internet Cepat Habis, Bisa Jadi Karena 5 Hal Ini


  • Kuota Internet Cepat Habis, Bisa Jadi Karena 5 Hal Ini
    Cari tahu apa saja kegiatan yang bikin kuota internet bisa cepat habis. (Foto: Dok. Freestocks.org/Pexels)

    Di situasi saat ini, kuota internet jadi salah satu kebutuhan penting. Bahkan, internet berperan besar agar kamu tetap merasa betah selama di rumah. Masalahnya, kalau tiba-tiba kuota internet habis di tengah bulan, pasti rasanya menjengkelkan. Belum lagi kalau hal ini berdampak pada anggaran bulanan.


    Mungkin kamu salah pilih paket langganan internet atau kamu belum bisa menakar penggunaan internetmu. Nah, agar kamu lebih bijak dalam membuat anggaran dan browsing internet, cari tahu dulu apa saja kegiatan yang bisa bikin kuota internet cepat habis.




    1. Video call

    Selama di rumah, sebagian besar komunikasi memang dilakukan via video call. Ternyata, kegiatan ini lumayan makan banyak kuota. Menurut CNET, video call via FaceTime atau Skype bisa menyedot kuota hingga 3 MB per menit. Hitung saja, kalau kamu rutin video call selama satu jam, kuota yang terpakai sekitar 180 MB.


    (Baca Juga: Enggak Boros Pakai Listrik, Ini 5 Cara Berhemat Selama WFH)


    2. Media sosial

    Rasanya pasti aneh kalau tidak buka media sosial seharian. Padahal, ternyata membuka Instagram atau Facebook selama setengah jam bisa menghabiskan 60 MB. Wajar saja kalau kuotamu cepat habis, bukan?


    3. Streaming musik

    Semakin banyak aplikasi music streaming seperti Spotify, Joox, dan Resso. Tapi kamu tahu enggak kalau mendengarkan lagu secara online selama satu jam memerlukan kuota internet sekitar 40-70 MB, tergantung dari kualitas suara yang kamu dengar. Tentunya semakin tinggi kualitasnya akan membutuhkan kuota yang lebih banyak.


    4. Game online

    Ini jadi salah satu cara ampuh ketika rasa bosan menghampiri. Namun, bermain game bisa menghabiskan banyak kuota. Memang sih, ada beberapa game yang tetap bisa dimainkan secara offline atau hanya memerlukan sedikit kuota. Meski begitu, kebanyakan game populer bisa menghabiskan kuota hingga 1 MB per menit. Belum lagi kalau kamu harus selalu meng-update game yang biasanya bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan MB.


    (Baca Juga: Selain Masker, Ini Pengeluaran Ekstra Selama Pandemi Corona)


    5. Streaming video

    Buat kamu yang rajin menonton beauty tutorial atau house tour para influencer dan seleb idola, pasti sering buka aplikasi YouTube. Kalau kamu seorang movie hunter, Netflix pasti jadi aplikasi andalanmu. Nyatanya, membuka YouTube atau Netflix bisa menghabiskan banyak kuota hingga 50 MB per menit. Ini bisa jadi salah satu kegiatan online yang benar-benar menyedot habis kuota internet.


    Nah, itulah 5 kegiatan yang bisa bikin kuota internetmu cepat habis. Melihat situasi yang mewajibkan kita berada di rumah, memang wajar kalau kamu menghabiskan lebih banyak kuota demi mengurangi rasa bosan. Namun, pastikan untuk tetap mengontrolnya agar anggaran bulananmu tetap terjaga karena enggak perlu sering isi kuota. Pilah lagi mana kegiatan yang benar-benar penting dan mana yang masih bisa dilakukan saat kamu punya budget ekstra.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below