12 Kue Lebaran Populer yang Selalu Ada di Idul Fitri


  • 12 Kue Lebaran Populer yang Selalu Ada di Idul Fitri
    Sejumlah kue kering menjadi pelengkap momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang selalu ditunggu-tunggu. Apa saja? (Foto: Dok/Tokopedia)

    Sejumlah kue kering menjadi pelengkap momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang selalu ditunggu-tunggu. Menikmatinya di momen ini bersama keluarga menciptakan momen tersendiri. Dari mulai kue nastar, putri salju, hingga lidah kucing memiliki ceritanya masing-masing. Ditempatkan di toples, kue-kue ini juga jadi hidangan utama kala ada kerabat atau tamu yang datang ke rumah.  

    Di situasi tengah kondisi pandemi virus corona (covid19), kue-kue lebaran ini bisa jadi bakal dihabiskan sendiri. Berbagi dengan anggota keluarga lain tak ada salahnya, sebelum kebablasan menghabiskannya.  



    Dari beberapa nama kue kering yang selalu hadir kala Lebaran tiba, ini diantaranya:

    (Baca juga: 10 Kue Lebaran yang Bikin Kangen Rumah) 

    1. Kue Nastar


    (Nastar. Foto: Dok/bukalapak) 


    Kue nastar identik dengan Lebaran, karena selalu hadir di hampir setiap rumah. Nastar sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yakni 'ananas' dan 'taart'. Kue ini dibuat dari adonan tepung terigu, mentega dan telur, serta diisi dengan selai buah nanas. Nastar berkembang dengan berbagai variasi isian seperti cokelat, atau rasa lainnya.  


    2. Kue Putri Salju

    (Putri salju. Foto: Dok/Tokopedia) 


    Kue kering ini berbentuk bulan sabit dan diatasnya diberi taburan gula halus yang kemudian mirip seperti salju. Kue Putri Salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang dalam oven sampai matang, kemudian ditaburi gula halus.


    3. Kue Kastangel

    (Kue kastangel. Foto: Dok/Tokopedia) 


    Parutan keju di kue kastangel selalu menempel di ingatan kala Lebaran tiba. Berbentuk persegi panjang, kue ini dibuat dari adonan tepung terigu, margarin, dan parutan keju. Dipanggang dalam oven hingga kuning keemasan. Dominasi rasa kejunya jadi favorit.


    4. Kue Semprit

    (Kue semprit. Foto: Dok/Tokopedia) 


    Walau tak setenar kue nastar, kue semprit kerap hadir kala Lebaran dan tak kalah gurihnya. Bertekstur lembut dan garing, kue semprit bisa dikreasi dengan berbagai bentuk. Biasanya menyerupai bunga dengan pemanis di bagian tengahnya. Nama kue semprit sebenarnya muncul dari cara pengolahannya menggunakan alat bernama 'spuit'. Namun, karena terndengar asing, orang Indonesia mengucapkannya semprit agar lebih mudah. Dibuat dari adonan kue yang terdiri dari tepung terigu, tepung maizena, roombutter, kuning telur, putih telur, gula halu dan bubuk vanilli.


    5. Kue Lidah Kucing


    (Kue lidah kucing. Foto: Dok/Tokopedia)


    Berkat bentuknya yang mirip ludah kucing, kue ini diberi nama demikian. Ditengarai berasal dari Belanda, kue ini berasa gurih dan renyah. Dibuat dari tepung terigu, tepung maizena, putih telur, mentega, gula halus, dan esens vanili.


    6. Kue Biji Ketapang


    (Kue biji ketapang. Foto: Dok/Tokopedia) 


    Merupakan salah satu kue kering khas Betawi legendaris yang kerap ditemukan kala Hari Raya Idul Fitri tiba. Dibuat dari tepung terigu, telur dan mentega yang dibentuk kecil-kecil menyerupai biji ketapang.


    7. Kue Sagu keju  


    (Kue sagu keju .Foto: Dok/Cookpad) 

    Siapa yang tak kenal kue kering satu ini? Populer berkat rasanya yang lezat dan proses pembuatan yang praktis. Kue sagu keju dibuat dari tepung sagu, margarin, kuning telur, gula halus, susu bubuk, santan kental, dan keju parut.   

     

    8. Kue Kembang Goyang


    (Kue kembang goyang. Foto: Dok/Tokopedia) 


    Selain renyah dan gurih, kue kembang goyang punya bentuk yang unik menyerupai kelopak bunga atau kembang. Proses membuantnya digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Inilah yang membuatnya kemudian dinamai kembang goyang. Dibuat dari tepung, gula, susu, dan bubuk pengembang.


    9. Kue Bawang


    (Kue bawang. Foto: Dok/Tokopedia) 


    Rasanya yang gurih dan enak, kue bawang atau keripik bawang kerap jadi favorit sebagai camilan kala Lebaran. Dibuat dari tepung terigu, bawang merah, bawang putih, mentega, tepung sagu, daun seledri, dan garam.


    10. Kue Tambang


    (Kue tambang. Foto: Dok/Tokopedia) 


    Sesuai namanya kue ini berbentuk seperti potongan tali tambang yang saling terpilin. Rasanya yang manis dan gurih membuat kue tambang disukai. Dibuat dari tepung terigu, telur ayam, margarin, gula halus, soda kue dan garam.


    11. Kue Akar Kelapa


    (Kue akar kelapa. Foto: Dok/Infokuliner) 


    Kue satu ini cukup unik karena biasanya disajikan bersama rengginang dan kacang goreng di momen-momen tertentu, termasuk Lebaran. Namanya sendiri diambil dari bentuknya yang mirip akar kelapa. Dibuat dari tepung ketan, tepung beras, gula pasir, santan kental, margarin, telur, esens vanili.


    12. Kue Semprong


    (Kue semprong. Foto: Dok/Cookpad)


    Kue berbentuk silinder atau panjang ini menyerupai pipa dengan rasa yang khas. Ada juga yang hadir dalam bentuk lain, seperti segitiga atau persegi panjang. Dibuat dari telur, tepung beras, tepung tapioka, gula, santan, mentega bubuk kayu manis dan wijen.

    Mana kue Lebaran favoritmu?