Food & travel

Kenali 5 Jenis Soto di Indonesia, Menu Paling Nyaman!

By : Her World Indonesia - 2024-04-25 18:00:01 Kenali 5 Jenis Soto di Indonesia, Menu Paling Nyaman!

Yes! One of the biggest culinary country in the world, Indonesia punya banyak sekali makanan dan kuliner tradisional dari setiap daerah yang kaya akan rasa dan pilihan. Setiap menu yang disajikan, akan membuat kamu terus tersenyum senang karena rasanya yang nyaman dan hangat. Salah satu makanan tradisional yang menggoda selera adalah soto.


Soto, si lezat berkuah, memang tak tergantikan. Kamu bisa menemukannya di setiap sudut kota, dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah. Kenapa soto begitu digemari? Karena rasanya yang kaya dan fleksibilitas dalam penyajiannya.


Rasa kaya dalam soto tak bisa dipungkiri. Kaldu ayam atau santan yang gurih, ditambah rempah-rempah yang meresap, dan tekstur bahan lainnya seperti tauge dan bawang goreng, semuanya menyatu dalam satu mangkuk hangat. Mulai dari soto ayam, soto daging, hingga soto seafood, pilihan yang tak pernah habis untuk dinikmati. Kamu bisa merasakan cita rasa yang berbeda di setiap sendoknya.


(Baca juga: 4 Resep Green Juice yang Mudah Kamu Coba dan Bermanfaat)


Yang membuat soto semakin istimewa adalah cita rasanya untuk disesuaikan dengan selera dan keinginan. Kamu bisa menambahkan kerupuk, irisan telur, atau sate ayam di atasnya untuk memberikan sentuhan pribadi. Apapun selera kamu, soto selalu bisa menjadi pilihan yang pas.


Tak hanya itu, soto juga cocok dinikmati kapanpun. Pagi-pagi sebagai sarapan yang hangat dan mengenyangkan, siang hari untuk mengisi perut di tengah kesibukan, atau malam hari sebagai penutup harimu. Kamu bahkan bisa menikmatinya saat cuaca sedang dingin atau panas. Soto selalu pas untuk semua suasana!


Keunikan soto Indonesia juga tercermin dalam beragam varian di setiap daerah. Oleh karena itu, Her World sudah menyiapkan lima jenis soto dari setiap daerah untuk kamu ketahui. Simak berikut ini, 


1. Soto Betawi

Soto Betawi berasal dari Jakarta, dan kekayaan rempahnya membuatnya begitu istimewa. Kuahnya yang kental disajikan dengan daging sapi, babat, dan jeroan lainnya. Biasanya ditambahkan susu atau santan untuk memberikan cita rasa yang creamy. Topping seperti emping, perkedel, dan sambal tomat menjadi pelengkap yang sempurna.


2. Soto Lamongan


(Jenis-jenis soto di Indonesia. Foto: Dok. Dapur Ibu/Website)


Jika kamu berada di Jawa Timur, jangan lewatkan Soto Lamongan. Kuah kental dengan aroma kencur dan jahe menjadi ciri khasnya. Daging ayam yang empuk disajikan dengan tauge, bawang goreng, dan seledri. Tambahkan jeruk nipis dan sambal untuk sensasi pedas yang membangkitkan selera.


3. Soto Banjar


Soto Banjar berasal dari Kalimantan Selatan. Kuah bening dengan aroma rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh, memberikan cita rasa yang unik. Daging ayam atau sapi biasanya akan disajikan dengan lontong, tauge, dan kentang goreng. Topping bawang goreng dan daun bawang yang diberikan akan menambahkan aroma harum yang menggoda.


4. Soto Madura


Soto Madura dikenal dengan kuahnya yang kental dan pedas. Rempah-rempah seperti kunyit dan kencur yang ada di dalamnya memberikan warna dan aroma yang khas. Daging sapi atau ayam akan disajikan dengan sambal terasi dan jeruk nipis. Kamu bisa menambahkan kerupuk dan perkedel untuk pengalaman makan yang lebih nikmat.


5. Coto Makassar

 (Jenis-jenis soto di Indonesia. Foto: Dok. Dapur Ibu/Website)


Coto memiliki kuah yang berwarna coklat pekat menjadi ciri khasnya. Daging sapi yang dimasak hingga empuk disajikan dengan ketupat dan bawang goreng. Taburan bawang goreng dan perasan jeruk nipis menambahkan cita rasa segar yang memanjakan lidah.


(Baca juga: 5 Rekomendasi Rice Bowl Lokal, Bikin Kamu Kenyang Seharian!


Dari soto Betawi yang kaya isian hingga soto Madura yang kental dan pedas, setiap daerah punya ciri khasnya sendiri. Ini membuktikan betapa kaya akan budaya kuliner Indonesia. Tak heran jika soto menjadi salah satu makanan wajib yang harus kamu coba jika berkunjung ke berbagai daerah lainnya. Rasanya yang lezat dan kaya rempah akan membuatmu ketagihan.


(Penulis: Adila Firani)


Food & travel