Food & travel

Otentik & Penuh Kenangan, Ini 6 Oleh-oleh Khas Singapura!

By : Her World Indonesia - 2024-04-26 17:00:01 Otentik & Penuh Kenangan, Ini 6 Oleh-oleh Khas Singapura!

Singapura kerap menjadi destinasi wisata favorit dari berbagai belahan dunia. Meski luas wilayah negara ini menjadi salah satu yang cukup kecil di Asia Tenggara, Singapura menjadi rumah untuk berbagai tempat wisata menarik seperti air terjun indoor tertinggi di dunia, taman anggrek terbesar dengan lebih dari 1,000 jenis anggrek, dan safari malam pertama di dunia. Jadi sudah enggak heran, baik saat muslim liburan maupun tidak, kota modern yang bersih ini akan dipenuhi segerombolan turis yang terpikat untuk berfoto dan berkreasi.


Selain berkunjung ke berbagai spot wisata di negeri ini, hal yang tentunya tidak boleh dilewatkan adalah eskplor oleh-oleh khas  Singapura! Gantungan kunci dan cokelat memang menjadi dua jenis oleh-oleh yang sebenarnya sering dipilih bagi mereka yang berlibur ke sini. Namun, ternyata Negeri Singa ini memiliki beberapa hidden gem makanan dan barang lokal yang justru bisa jadi oleh-oleh unik yang berkesan! 


Ingin memberikan oleh-oleh spesial yang mengingatkanmu dengan negeri ini? Baca sampai tuntas ya! Her World akan spill tujuh oleh-oleh khas Singapura yang otentik dan menarik. 


(Baca juga: Sentosa Island, Eksplorasi Sudut Berbeda di Singapura)


1. Bak Kwa 


(Bak Kwa menjadi salah satu camilan populer di Singapura. Foto: Dok. fragrance_bak_kwa/Instagram)


Oleh-oleh khas Singapura yang bisa jadi pilihanmu adalah Bak Kwa (daging kering) yang terbuat dari babi atau sapi. Bentuk dan teksturnya yang mirip dendeng ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih sekaligus. Biasanya Bak Kwa menjadi camilan untuk masyarakat lokal di sana saat musim perayaan seperti Tahun Baru Imlek. Proses pembuatan daging kering berwarna cokelat kemerahan gelap ini sebenarnya bukan berasal dari Singapura, melainkan dari tradisi China kuno, loh. Para imigran China di Singapura kemudian mengembangkan kembali Bak Kwa dengan cita rasa yang lebih lokal sehingga populer di kalangan masyarakat sana. Kamu bisa membeli Bak Kwa ini di berbagai tempat, termasuk Bandara Changi. Beberapa merek yang direkomendasikan ada Lim Chee Guan, Bee Cheng Hiang, dan Fragrance. 


2. Parfum Anggrek 

(Singapore memories menjadi salah satu merek yang memproduksi parfum beraroma bunga anggrek. (Foto: Dok. singaporememories/Instagram)


Kalau bosan dengan suvenir berupa camilan, orchid perfume atau parfum anggrek menjadi oleh-oleh khas Singapura yang cocok buat kamu. Singapura menjadi rumah dari berbagai jenis tanaman anggrek, jadi enggak heran kalau aromanya yang harum dan lembut ini populer di kalangan turis. Tak hanya menjadi parfum, bunga nasional Singapura ini juga kerap diproduksi menjadi pengharum ruangan. 

3. Tembikar Tradisional


Anti mainstream dan autentik menjadi dua kata yang menggambarkan oleh-oleh satu ini. Tembikar tradisional menjadi oleh-oleh khas Singapura yang menjadi incaran para turis. Tak hanya fungsional, tembikar ala Singapura ini akan dihiasi dengan lukisan khas Negeri Singa ini. Bentuknya yang bervariasi mulai dari vas, lampu, mangkuk, pot, hingga piring bisa kamu jumpai di salah satu wisata seni, Thow Kwang Pottery Jungle. 


4. Selai Kaya 


Kamu mungkin familier dengan kaya toast ala Singapura. Kaya menjadi selai yang populer digunakan untuk makanan di sana. Sekilas fun fact, selai kaya ini tidak diproduksi langsung dari buah Srikaya, tapi dari santan, daun pandang, dan telur yang dipadukan menjadi selai yang memberikan cita rasa gurih dan manis. Teksturnya yang lembut akan langsung lumer di mulut. Kamu bisa membeli toples selai kaya dari Ya Kun, Toastbox, atau supermarket lokal di sana. 


5. Salted Egg Fish Skin 


(Selain salteg egg, camilan kulit ikan populer dikonsumsi warga lokal Singapura. Foto: Dok. weekendersgp/Instagram)


Kuliner memang menjadi tren yang melekat pada turis di Singapura. Salah satu camilan yang masih tersohor di sana adalah kulit ikan dengan perpaduan cita rasa asin dan gurih. Meski teksturnya renyah dan tipis, kulit ikannya akan terasa lembut saat dimakan. Kamu bisa membelinya di toko kelontong atau bandara karena kini banyak merek yang mengeluarkan camilan khas salted egg. Ini beberapa rekomendasi merek salted egg fish skin yang bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh: IRVINS, Golden Duck, dan Fragrance. 


(Baca juga: Bangga! Ini Dia, 7 Snack Indonesia yang Mendunia)


6. Miniatur Merlion 


Berasal dari makhluk mitologi berkepala singa dan badannya yang mirip seperti ikan, Merlion menjadi lambang yang mengingatkan turis pada keindahan Singapura. Produk-produk yang dibentuk menjadi Merlion biasanya laku terjual di pasaran. Tak hanya ikonik, miniatur Merlion pun menjadi oleh-oleh dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jenis suvenir lainnya. Kamu akan menyukai suvenir ini dengan bentuknya yang compact sehingga mudah untuk dibawa-bawa saat pulang jalan-jalan. 


Untuk meningkatkan pengalaman berbelanja oleh-oleh khas Singapura, kamu bisa mencoba enam rekomendasi di atas. Tak hanya makanan, barang-barang seperti tembikar pun bisa memberikan kenangan tak terlupakan baik untuk kamu atau kerabat yang akan diberikan suvenirnya. 


(Penulis: Zahrah Pricila)

Food & travel