Percaya Diri Dengan Rambut Keriting, Ini Cerita Agnes Oryza


  • Percaya Diri Dengan Rambut Keriting, Ini Cerita Agnes Oryza
    Meski sempat di-bully karena rambut keritingnya, Agnes semakin percaya diri dan tetap berpikir positif. (Foto: Dok. Instagram/@agnesoryza)

    Sebagai perempuan berdarah Ambon-Jawa, Agnes Oryza punya karakter fisik yang terbilang eksotis. Kulit kecokelatan dan rambut keriting alami adalah ciri khas yang paling menonjol dari beauty blogger ini. Namun jauh sebelum hari ini, ia mengaku pernah menghadapi masa-masa sulit di mana rasa tidak percaya diri kerap muncul.


    “Selain orang-orang sekitar rambutnya mayoritas lurus, referensi di media pun juga enggak ada. Di keluarga, hanya saya yang rambutnya ikut Papi. Apalagi saat TK rambut saya sering disamakan dengan semak-semak, sarang tawon, hingga diminta puasa makan mi selama seminggu supaya lurus. Saya pun menuruti tapi ternyata tetap sama saja, saya nangis sejadi-jadinya,” kisahnya.





    (Percaya diri dengan rambut keriting. Foto: Insan Obi/Pengarah Gaya: Yolanda Deayu/Tata Rias Wajah: @ranggibeautyartisan/Busana: Weekend Max Mara/Aksesori: Chromatiq)


    (Baca Juga: Body Positivity, Aku Mencintai Tubuhku, Apapun Kekurangannya)


    Hingga saat menginjak kelas satu SMP, keluarga mengijinkan Agnes untuk di-rebonding. Selain langsung merasa jadi jauh lebih cantik dengan rambut lurus, ia jadi lebih diterima di lingkar pertemanan. Tapi, masalah kembali muncul ketika rambut baru mulai tumbuh. Ia merasa stres lagi karena tumbuh keriting hingga iapun semakin merasa insecure.


    (Baca Juga: Ucita Pohan: Semua Orang Pasti Pernah Insecure)


    Namun menjelang kuliah, Agnes mulai kelelahan dengan rutinitas meluruskan rambut dua kali setahun yang memakan waktu lima jam tiap sesi dan dikerjakan oleh dua orang. Lama-lama ia berpikir, untuk siapa ia harus meluruskan rambut. “Setelah ditelaah, saya melakukan hal ini cuma untuk memenuhi ekspekstasi orang. Agar diterima dan dianggap cantik oleh orang lain. Ini yang bikin saya lama kelamaan jadi enggak happy. Rasanya cukup ya untuk terus-terusan ‘mengutuk’ kekurangan. Akhirnya, saya pun mulai berani tampil apa adanya. Karena ketika dijalani, ternyata rasa percaya diri mulai muncul sehingga orang lain tak punya celah lagi untuk mem-bully kita,” paparnya.





    (Baca Juga: Tips Dapatkan Rambut Keriting Sempurna)


    Kini, Agnes malah lebih menyukai rambut aslinya. Baginya, perawatan rambut keriting justru sangat mudah. “Saya malah merasa teman-teman berambut lurus jadi lebih repot. Sedangkan setelah bangun tidur, berenang di laut, atau aktivitas apa pun, rambut saya begini saja enggak berubah. Ternyata memang lebih baik menerima apa yang kita punya, ya. Tak ada ruginya,” tutup penyuka traveling ini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below