Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Meditasi


  • Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Meditasi
    Meditasi bisa jadi cara untuk fokus sekaligus menghilangkan stres. Ketahui waktu yang tepat melakukannya di masa pandemi ini. (Foto: Dok. Pexels/Prasanth)


    Merasakan stres kerap dialami oleh sebagian orang. Terutama di masa sulit seperti saat berada di tengah pandemi. Berbagai aktivitas di luar juga dibatasi untuk mencegah kurva atau angka pasien terserang semakin tinggi. Sehingga merasa penat pun menambah kepenatan dalam diri. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

    Melansir laman Psychology Today, sebuah penelitian telah menemukan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat baik untuk mental atau pun fisik. Selain bisa membuat rileks dan meredakan stres, langkah ini bisa membantu menurunkan tekanan darah secara efektif. 



    Meditasi bisa dilakukan dalam dua metode yakni secara singkat atau pun sepanjang hari. Hal ini tergantung seberapa butuh tubuhmu memerlukan ketenangan. Selain itu, untuk melakukannya juga dibutuhkan waktu khusus, kapan saja? Berikut waktu yang tetap untuk meditas yang bisa kamu coba di rumah.

    (Baca Juga: Cara Kelola Amarah Menurut Ahli Meditasi)


    1. Pagi hari


    (Meditasi di pagi hari baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Foto: Dok. Pexels/Arthur)

    Meluangkan waktu untuk bermeditasi di pagi hari jadi waktu yang direkomendasikan oleh Laura Maciuika seorang psikolog klinis sekaligus penulis buku Conscious Calm: Keys to Freedom from Stress dan Worry: Your routine first thing in the morning sets the tone for the entire day. 

    Menurutnya dilansir dari laman Psychology Today, meditasi di pagi hari sebaiknya dilakukan sebelum sarapan yakni pada pukul 05:00 - 06:00 WIB. Hal ini juga akan memberikan dampak positif seperti fokus dan tenang menjalani kegiatan sepanjang hari.

    Namun bagi pemula atau mereka yang sedang mengalami stres sehingga sulit untuk mengalihkan pikiran, ada baiknya untuk mencoba mengatur pernafasan selama 5 menit. Cara ini bisa membantu untuk menenangkan pikiran dan menetralkan mood. 


    2. Saat mengalami tekanan


    (Menghadapi tekanan pekerjaan. Foto: Dok. Pexels/energicpic)

    Merasa kewalahan akibat tekanan pekerjaan dan lainnya kerap mengganggu kita untuk berfikiran jernih. Sehingga fokus kian terbagi, pekerjaan terlantas sekaligus prioritas yang berantakan.

    Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah melakukan meditasi tiap kali kamu merasa penat dan lelah. Hal ini juga disarankan oleh Stacey Shipman spesialis manajemen stres, guru yoga sekaligus pendiri HealthySouthShore.com. Dirinya mengatakan bahwa meditasi bisa membantu menenangkan pikiran, buat lebih rileks, dan buat perasaan menjadi lebih baik.

    (Baca Juga: Mewujudkan Hidup yang Bahagia Bersama The Golden Space)


    3. Makan siang


    (Siang hari jadi waktu yang tepat untuk melakukan meditasi. Foto: Dok. Pexels/thefitness)

    Selain itu Shipman juga menyarankan untuk melakukan meditasi di tengah hari. Seperti yang ia katakan pada Psychology Today, bahwa waktu itu adalah pilihan yang tepat, terutama setelah melakukan pertemuan atau percakapan panjang yang menguras pikiran. 

    Sehingga ketika kamu memulai kembali pekerjaan, diri akan lebih produktif, fokus dan lebih terbuka pada hal-hal yang kreatif. Selain itu, hal ini juga sangat bermanfaat pada otot-otot tubuh yang merasa tegang akibat duduk dalam jangka waktu yang lama.


    4. Setelah bekerja


    (Meditasi setelah bekerja bisa menghilangkan stres. Foto: Dok. Pexels/Moose Photo)

    Meskipun sedang menjalani Work From Home atau WFH, jadwal kerja dari pagi hingga malam tetap terus berjalan sebagaimana mestinya. Ditambah dengan physical distancing yang buat diri sulit mencari hiburan di luar rumah kian menambah penat dan rasa lelah. Apakah kamu juga merasakannya?

    Oleh sebabnya Laura Maciuika seorang pemandu meditasi juga menyarankan untuk lakukanlah meditasi setelah pekerjaanmu usai. Bagi yang ingin melakukannya pertama kali, cobalah mengawalinya dengan pengaturan napas untuk merilekskan pikiran. Ingatlah, lakukan ini saat pekerjaanmu benar-benar terselesaikan, agar fokus tidak terganggu,

    Ini dia waktu yang tepat untuk melakukan meditasi. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below