Mengulik 15 Lagu Terbaru BTS Di Album 'Map of Soul:7'


  • Mengulik 15 Lagu Terbaru BTS Di Album 'Map of Soul:7'
    Album Map of Soul: 7 BTS. (Foto: Dok. BigHit/BTS)


    Usai merilis album terbarunya yang fenomenal Map of Soul: 7 beberapa waktu lalu, boyband asal Korea Selatan, BTS (Bangtan Boys) menapaki sukses lebih besar. Kembali masuk dalam tangga lagu bergengsi dunia, laris hingga ratusan ribu kopi di minggu pertama, rekor dengan jumlah penonton video terbanyak dan sederet prestasi lainnya. 

    Lead single-nya yang berjudul On, bahkan mendapat sambutan positif di banyak kalangan. Lagu ini dibarengi dengan musik video resmi, dan juga keluar dalam versi bonus track dengan duet bersama Sia. Total, album Map of Soul: 7 terdiri dari 20 lagu di mana lima lagu berasal dari album sebelumnya yakni Intro: Persona (dibawakan RM), Boy with Luv duet bareng Halsey, Make It Right, Jamais Vu (dibawakan Jin, J-Hope dan Jungkook), serta Dionysus



    Label Big Hit yang menaungi grup beranggotakan V, Jin, Jimin, RM, Suga, Jungkook dan J-Hope itu sendiri baru merilis beberapa video musik penyerta dari album Map of Soul: 7. Di samping On, di laman YouTube resminya, Big Hit telah merilis video Interlude: Shadow, Outerlude: Ego, dan single Black Swan

    Bagaimana dengan lagu lainnya? Laman Bangtan TV mengeluarkannya secara berturut-turut pada akhir Februari lalu. Seperti apa lagu-lagu terbaru yang diusung BTS dalam album yang ditengarai menjadi lonjakan penting dalam karier internasional mereka? Cek di bawah ini. 

    (Baca Juga: 17 Momen BTS Mengguncang AS dan juga Dunia)


    1. Interlude: Shadow (by Suga) 

    Lagu emo rap ini mengandalkan kemampuan rap Suga. Sepanjang lagu, Suga menyuarakan akan ketakutan dan rasa insecure yang berasal dari popularitas dan kesuksesan. Lirik lagu di intro ini cukup kuat sebagai awalan, dan bisa jadi mewakili kekuatan BTS yang kerap mengusung sesuatu yang personal sekaligus juga universal di saat bersamaan. 


    2. Black Swan 

    Menjadi single pertama dari album Map of Soul:7, lagu emo hip hop dengan hentakan drum dan permainan bunyi gitar ini menggabungkan rap dan hook yang catchy. Diaransemen dengan sejumlah instrumental, lirik lagunya mengungkap ketakutan akan kehilangan passion di musik. Lagu ini mendapat sambutan positif kritikus musik. NME menyebut lagu ini menghantui dengan irama yang melankolis, menempatkan kemampuan artistik di atas tujuan komersil, dan juga sangat radio-friendly. 


    3. Filter

    Adalah lagu pop Latin yang dibawakan Jimin, dan seolah berduet dengan dirinya sendiri tapi lewat persona yang berbeda. Penasaran? 


    4. My Time 

    Lagu ini dibawakan dengan sangat mengesankan oleh Jungkook. Bernuansa R&B, lagu ini bercerita bagaimana ia menghabiskan pengalaman remajanya untuk karier yang ia jalani. 

    (Baca Juga: Dior Merancang Busana Khusus untuk Grup K-pop BTS)


    5. Louder Than Bombs

    Diciptakan bersama Troye Sivan, lagu ini bernuansa ballad synth-pop dengan harmonisasi vocal yang asik dari BTS. Kombinasi lirik yang puitis menjadi andalan dengan musik yang menghentak. 


    6. On 

    Menjadi lagu andalan dan lead single di Map of Soul:7, On adalah hip-hop anthem yang diiringi banyak hentakan drum dan suara marching band. Judul lagu ini sendiri beranjak atau mengambil referensi dari single BTS di 2013 bertajuk N.O. Liriknya menekankan tema dari album ini yakni perlawanan akan masa kelam, menerima kekalahan dan meneruskan hidup. Laman Variety menggambarkan lagu ini sebagai nasihat untuk para fans, dan sekaligus juga pesan buat karier mereka sendiri. 


    7. Ugh  

    Adalah lagu bernuansa hip hop yang dibawakan bersama-sama oleh para rapper di grup, yakni RM, J-Hope dan Suga. Mengekspresikan akan kemarahan terhadap haters yang tidak bertanggungjawab dengan beberapa tambahan efek di sepanjang lagu. 


    8. 00:00 (Zero O'Clock) 

    Lagu bernuansa ballad ini dibawakan para vokalis yakni Jin, Jungkook, V dan Jimin. Dari liriknya, lagu ini mengingatkan setiap orang agar tetap terus berbahagia akan apapun yang mereka hadapi saat ini, dan setiap hari selalu mengawali hari yang baru. 

    (Baca Juga: BTS dan Daftar Pemenang Billboard Music Awards 2019)


    9. Inner Child  

    Adalah lagu yang dibawakan V dengan track yang penuh dengan metafor. Liriknya mengungkapkan akan masa-masa penuh tantangan yang pernah ia hadapi. 


    10. Friends

    Lagu bernuansa pop-rock ini hadir dengan hentakan calypso-beat yang khas. Dibawakan Jimin dan V, lagu ini menggambarkan persahabatan lewat lirik yang penuh makna. 


    11. Moon

    Dibawakan Jin, lagu upbeat pop-rock ini diiringi petikan gitar dan mengungkapkan akan cinta grup ini pada fans. 


    12. Respect

    Adalah pop-rap yang dibawakan RM dan Suga dengan nuansa rap yang kental. Mereka memberikan makna respect lewat lagu ini. 

    (Baca Juga: 10 Lagu Baru Minggu Ini, dari BTS hingga Liam Payne)


    13 We Are Bulletproof: The Eternal

    Bisa dibilang, lagu ini adalah kelanjutan dari lagu BTS di 2013 We Are Bulletproof : Part 2. Permainan piano di lagu ini merangkum perjalanan Bangtan Sonyeondan.


    14. Outro: Ego

    Lagu penutup dari album ini dibawakan solo oleh J-Hope. Menggunakan afrobeat dalam produksinya, lagu ini mengusung lirik yang dalam akan refleksi perjalanan karier, dan juga keputusan dan tantangan yang ia hadapi. 


    15. On (feat Sia) 

    Lagu ini hadir sebagai bonus digital track dan sekaligus menguatkan akan lead single On sebagai andalan dari album terbaru BTS. 

    Dengan sederet lagu yang kuat di hampir setiapnya, tak heran album Map of Soul:7 adalah loncatan penting dan fenomenal dari perjalanan BTS usai debut mereka di 2013 atau tujuh tahun lalu. Lagu mana yang jadi favoritmu? 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below