10 Cara Mudah Agar Tetap Produktif Saat 'Work From Home'


  • 10 Cara Mudah Agar Tetap Produktif Saat 'Work From Home'
    Mewabahnya virus corona membuat sebagian pekerja harus work from home atau bekerja di rumah, berikut tips agar tetap produktif. (Foto: Dok. Though Catalog/Unsplash)


    Virus corona atau Covid-19 tengah meresahkan banyak orang di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Sejumlah masyarakat pun membuat gerakan #dirumahaja agar menghindari penyebaran virus ini dengan cepat. Sehingga beberapa perusahaan dan kantor menerapkan sistem kerja work from home atau bekerja dari rumah.




    Suasana bekerja di dalam rumah pastinya akan berbeda saat kamu pergi bekerja di ruang kantormu. Banyaknya kegiatan di dalam rumah bisa membuat distraksi dan menurunkan fokus kerjamu. Lalu bagaimana cara menghindari hal ini terjadi?


    Dengan membuat to do list hingga mempersiapkan diri sebelum memulai pekerjaanmu, tugasmu bisa dengan mudah terselesaikan. Bahkan, hal ini juga bisa jadi cara agar kamu tetap fokus bekerja meski dari rumah. Selain itu, berikut tips lainnya yang bisa kamu terapkan saat work from home:

    (Baca Juga: Gagal WFH, Ini Cara Melindungi Diri Di Transportasi Umum)


    1. Tentukan ruang kerja


    (Memilih spot untuk memulai pekerjaan. Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Menentukan tempat di mana kamu akan bekerja adalah kunci utama sebelum memulai pekerjaanmu. Melansir laman Psychology Today ada baiknya untuk menghindari bekerja di depan televisi. Hal ini akan membuatmu sulit untuk fokus menyelesaikannya.


    2. Mandi sebelum bekerja

    Membersihkan diri atau mandi sebelum mengerjakan pekerjaan pada pagi hari ternyata berdampak pada produktivitas kerjamu. Berdasarkan sebuah survei oleh Herbal Essences, 90 persen dari seribu wanita yang mandi di pagi hari memberikan dampak positif dan energi lebih banyak untuk melakukan aktivitas seharian. 

    (Baca Juga: DIY Hand Sanitizer Dari Skincare Agar Kulit Tetap Lembut)


    3. Mengenakan pakaian yang nyaman

    Meskipun tidak perlu menemui orang banyak saat di rumah, tapi mengenakan pakaian yang rapi dan nyaman jadi motivasi utama meningkatkan suasana kerja di dalam rumah. Cobalah menggunakan kemeja atau baju berkerah seperti saat ingin pergi ke kantor. Hal ini bisa membantumu tujuanmu.


    4. Siapkan kebutuhanmu

    Menyiapkan kebutuhanmu seperti camilan, speaker, air minum dan lainnya menjadi perkakas penting saat ingin memulai pekerjaanmu di rumah. Letakkan sedekat mungkin darimu, agar waktu tak banyak terbuang untuk meraihnya. 

    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Kerja Sambil Liburan, Bisa Langsung Dicoba)


    5. Buat 'To Do List'


    (Membuat daftar prioritas kerja. Foto: Dok. Breakingpic/Pexels)

    Membuat daftar apa saja yang ingin kamu kerjakan saat bekerja di rumah bisa memudahkanmu untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Usahakan tidak menuliskan lebih dari depalan kegiatan dalam to do list milikmu. Semakin banyak pekerjaanmu pada daftar, akan menambah rasa stres dalam dirimu.


    6. Bagi waktu!

    Saat bekerja dari rumah, jam kerja akan terasa lebih fleksibel. Namun, jangan sampai hal ini membuatmu sulit untuk membagi waktu untuk mengerjakan tugas. Melansir laman Lifehack, cobalah untuk membuatnya menjadi beberapa sesi seperti 3-3-2 jam atau 2-2-2-2 jam. Jika kamu harus mengerjakan hal lain, gunakanlah waktu istirahatmu!

    (Baca Juga: Cara Mudah Untuk Kembalikan Fokus Kerja Setelah Liburan)


    7. Tetap jaga koneksi dengan kolega

    Meski jarak memisahkan kamu dengan rekan kerjamu, bukan berarti tidak ada cara untuk mendekatkannya. Hadirnya teknologi dan sosial media saat ini sudah tak lagi menyulitkanmu untuk berkomunikasi walaupun berada jauh dari mereka.

    Jagalah koneksi internetmu dan pantau sesekali handphone-mu. Hal ini bisa membantumu agar cepat dihubungi saat ada urgent call dari tim kamu!


    8. Jaga jarak penggunaan media sosial

    Walaupun penggunaan media sosial tak bisa dihindari untuk berkomunikasi dengan rekan kerjamu, namun jangan sampai berlebihan dalam menggunakannya. Berikan prioritas penggunaan media sosial untuk hal yang penting, selain itu membatasinya lebih baik.

    (Baca Juga: Mengenal 'Social Media Diet': Detoks Diri Dari Internet)


    9. Jangan lupa bergerak

    Kebanyakan dari kita lupa untuk bergerak saat bekerja di rumah yang nyaman. Padahal hal ini harus dilakukan agar fokus tetap terjaga. Lakukanlah gerakan seperti merenggangkan otot, melihat ke luar jendela sejenak, agar pikiranmu fresh kembali.


    10. Lakukan sesuatu saat jenuh


    (Lakukan sesuatu saat jenuh. Foto: Dok. Artem/Pexels)

    Saat bekerja di rumah bukan berarti jadwal istirahat menjadi tiada. Gunakan waktu istirahatmu dengan baik dan bijak. Lakukan kegiatan yang menyenangkan sejenak bisa meredakan stres karena pekerjaan yang banyak.

    Cobalah tips di atas saat kamu bekerja dari rumah. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below