5 Tips Mudah Merawat Makeup Agar Awet dan Tahan Lama


  • 5 Tips Mudah Merawat Makeup Agar Awet dan Tahan Lama
    Cara merawat makeup agar tidak mudah rusak dan tahan lama perlu diketahui, terutama bagi penggunanya untuk sehari-hari(Foto:Dok.zhugewala/Pexels)


    Kosmetik kerap jadi pilihan untuk meriah wajah dan merawat kesehatan kulit. Dengan fungsinya itu, para penggunanya menginginkan produk yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Sudah tau bagaimana cara menjaganya?

    Banyak cara yang bisa dilakukan agar produk makeup, skincare hingga alat makeup awet untuk digunakan. Seperti membersihkannya setelah dipakai, meletakkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari dan berikut dirangkum dari berbagai sumber cara lainnya untuk merawat produk dan alat kecantikanmu agar tidak mudah rusak:



    (Baca Juga: Deretan Skincare Rutin Pagi dan Malam Untuk Kulit Wajah)


    1. Lindungi Dari Cuaca Ekstrim


    (Hindari dari tempat yang bercuaca ekstrim.Foto:Dok.Suzy/Pexels)

    Meletakkan kosmetikmu di dalam tempat yang terhindar dari cuaca panas dan dinginyang ekstrim, bisa jadi cara efektif untuk membuatnya menjadi lebih awet dan tahan lama. Biasanya suhu ruangan yang ideal untuk menyimpannya adalah ruang tidur.

    Selain itu, solusi lain adalah meletakkannya di dalam lemari pendingin. Namun sebaiknya hindarilah bagian freezer yang dimilikinya. Suhu yang sangat dingin di dalam freezer bisa membuatnya rusak. Selain itu perhatikan juga jenis kosmetik yang ingin diletakkan ke dalam lemari pendingin. Beberapanya terbuat dengan tekstur yang cair, sehingga saat diletakkan di dalam lemari es bisa sulit untuk digunakan.


    2. Gunakan Alat Makeup Untuk Menggunakannya


    (Gunakan alat makeup untuk menggunakan skincare atau makeup.Foto:Dok.Dana/Pexels)

    Usahakan untuk tidak menyentuh krim di dalam toples dengan jari tanganmu. Terutama setelah menyentuh barang atau benda yang berada di sekitar. Mengapa demikian?

    Jika hal ini dilakukan, bakteri dari luar bisa masuk ke dalam kosmetik. Bahayanya, manfaat yang dimiliki kerap berkurang dan tak lagi cocok pada kulit. Sehingga berbagai permasalahan bisa mengganggu tampilanmu.

    Cobalah untuk memakai brush, sendok atau spatula kecil yang bisa mengambil krim atau kosmetik untuk memoleskannya ke wajah. Jika memang diharuskan menggunakan tangan, ada baiknya untuk mencucinya terlebih dahulu dengan sabun agar terhindar dari bakteri jahat. Dan yang terpenting adalah, jangan lupa untuk menutup rapat kembali semua produk kecantikanmu setelah digunakan. 

    (Baca Juga: Cara Merawat Bibir Agar Selalu Tampak Sehat)


    3. Bersihkan Alat Makeup Setelah Digunakan


    (Membersihkan alat makeup setelah digunakan.Foto:Dok.Ray Pierda/Pexels)

    Berkaitan dengan sebelumnya, alat pembantu untuk mengaplikasikan seperti brush, sendok dan lainnya, ada baiknya untuk dibersihkan setelah pemakaian. Hal ini cara agar menghindari warna-warna makeup yang tercampur dan buat kulit berjerawat, iritasi akibat bakteri yang menempel.


    4. Tutup Rapat Kemasan


    Setelah menggunakan deretan produk untuk merias dan merawat kulit, simpan dan tutup rapat dengan baik. Ketika terbuka, kotoran dan debu bisa masuk dan merusak kandungan di dalamnya. Untuk itu, pastikan kosmetik dan alat makeup yang digunakan tertutup setelah pemakaian.


    5. Jangan Menggunakan Bergantian Dengan Orang Lain


    (Jangan menggunakan makeup bergantian.Foto:Dok.Tembela/Pexels)

    Tips merawat makeup agar tidak mudah rusak yang paling utama adalah dengan tidak menggunakannya dengan orang lain. Kulit yang berbeda bisa membuatnya terkontaminasi dengan kulit lain yang belum tentu bersih. Dan bahayanya, saat diaplikasikan ke kulitmu, produk tak lagi bermanfaat seperti awal kali digunakan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below