5 Fakta Unik Perayaan Hari Perempuan Internasional


  • 5 Fakta Unik Perayaan Hari Perempuan Internasional
    International women's day yang jatuh setiap tanggal 8 Maret memiliki seputar fakta unik yang menarik untuk diketahui. (Foto: Dok. IWD)


    Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret selalu mengusung tema yang unik dari tahun ke tahun. Di tahun 2020 ini melalui #EachforEqual, sejumlah perempuan di berbagai negara kembali berkampanye untuk memperjuangkan kesetaraan gender.




    Di setiap negara pun merayakannya dengan kegiatan yang meriah demi mendapatkan hak-haknya sebagai perempuan. Tapi sejauh apa kamu mengetahui tentang Hari Perempuan Internasional? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta di balik International Women's Day:

    (Baca Juga: 10 Perempuan Indonesia yang Bersinar di 2019)


    1. Penentuan Tanggal 8 Maret


    (Penentuan tanggal Hari Perempuan Internasional. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Melansir laman Time and Date, Raja Prusia memberikan kesempatan untuk para wanita mengutarakan pendapat dan suaranya pada 19 Maret 1984. Namun, ternyata harapan itu tidak terjadi. Kemudian, pada 19 Maret 1911, Hari Perempuan Internasional pun diselenggarakan sekaligus sebagai aksi unjuk rasa para perempuan di berbagai negara seperti Austria, Denmark, Jerman dan, Swiss. Sejak saat itu, IWD diperingati setiap 8 Maret 1913.


    Dilanjuti pada tahun 1977, PBB menarik perhatian tentang isu perempuan yang akhirnya para majelis mengadakan pertemuan dari berbagai negara untuk mencetuskan Hari PBB untuk Hak-Hak Perempuan dan Perdamaian Internasional untuk menghilangkan diskiriminasi pada semua perempuan di dunia. 


    2. Makna Warna Ungu


    (Makna warna ungu pada logo IWD. Foto: Dok. IWD)

    Warna ungu menjadi pilihan untuk mewarnai lambang dari International Women's Day. Melansir laman resmi IWD, rona ungu memiliki pesan sebagai wanita, adil dan yang bermartabat.


    3. Logo Google


    (Google memeringati Hari Perempuan Sedunia. Foto: Dok. Screenshot/Google)

    Memeringati Hari Perempuan Sedunia 2020, Google juga turut memeriahkannya dengan menghadirkan video animasi di laman pembukanya. Berdurasi selama 55 detik, videonya itu menampilkan sejumlah wanita dari berbagai kalangan dan profesi di dunia dari tahun ke tahun. Hal ini dilakukan Google Doodle sebagai tanda penghormatan pada mereka yang telah berjuang untuk mendapatkan hak-hak perempuan. 

    (Baca Juga: 10 Penulis Perempuan yang Buku-bukunya Menginspirasi)


    4. Pose Hari Wanita Sedunia


    (Pose atau gaya foto untuk kampanye Hari Perempuan Sedunia 2020. Foto: Dok. EyeEM/IWD)


    Sesuai temanya, #Eachfoequal berpose dengan kedua tangan membentuk logo sama dengan (=) sebagai kampanye di tahun ini. Dengan melakukannya, hal ini diharapkan bisa memotivasi sesama perempuan di dunia agar menikmati hari khusus perempuan diberbagai negara. 


    5. Memiliki Tema Unik Setiap Tahun


    (Memiliki tema setiap perayaannya. Foto: Dok. Retha/Pexels)

    Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day 2020 mengusung tema #EachforEqual. Hal ini berfokus pada hak perempuan mendapatkan kesetaraan untuk kemajuan ekonomi dan masyarakat yang berkembang. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below