10 Perempuan Indonesia yang Bersinar di 2019


  • 10 Perempuan Indonesia yang Bersinar di 2019
    Perempuan Indonesia kini banyak menghasil karya yang menginspirasi hingga ke ranah internasional. (Foto: Dok/@audiemmanuel, @zaraadhsty, @agnezmo)


    Tahun ini menjadi menarik dengan makin banyaknya raihan prestasi yang ditoreh oleh sejumlah wanita Indonesia. Dari mulai bidang musik, akting, olahraga, hingga desain animasi. Semua menjanjikan dan menginspirasi.

    Meski tak lepas dari pro dan kontra, hal-hal yang viral, serta persoalan lainnya, raihan prestasi ini patut mendapat apresiasi. Zara Adhisty misalnya, yang di usia belia sudah membintangi sejumlah film yang laku di pasaran serta masuk nominasi Piala Citra. Agnez Mo yang memantapkan karier go-international di AS. Atau Aries Susanti yang meraih medali emas di ajang IFSC tahun lalu. 



    Diantara banyak deret nama tokoh dan public figure yang menoreh capaian prestasi, berikut beberapa diantaranya yang dapat dikatakan 'bersinar' tahun ini. 

    (Baca Juga: Tips Jaga Keseimbangan Hidup ala 5 Perempuan Inspiratif)


    1. Zara Adhisty - Aktris


    Di usianya yang masih muda, 16 tahun, Zara Adhisty masuk dalam daftar nominasi Piala Citra 2019. Lebih dikenal sebagai salah satu anggota musikal grup JKT48, Zara mulai serius menggeluti dunia akting. Beberapa filmnya sukses di pasaran, sebut saja seperti Dilan 1990, Keluarga Cemara, Dua Garis Biru dan Ratu Ilmu Hitam. Zara juga dipercaya untuk memerankan karakter Virgo dalam jagat sinema Bumi Langit nanti. Zara akan kembali muncul sebagai adik Dilan dalam film Milea: Suara Dari Dilan.


    2. Claudia Emmanuela Santoso - Pemenang 'The Voice of Germany'


    Kelahiran tahun 2000, Claudia Emmanuela Santoso berhasil membawa nama harum bangsa dengan kemenangannya di ajang The Voice of Germany tahun ini. Berasal dari Cirebon, ini bukanlah kali pertama baginya mengikuti berbagai kontes yang berujung pada kejuaraan. Beberapa kali ditunjuk untuk mewakili kota asalnya, kini Claudia menorehkan prestasinya di luar negeri dan memenangkan kompetisi The Voice of Germany.

    (Baca Juga: Kutipan-kutipan Paling Inspiratif dari RA Kartini)


    3. Aries Susanti Rahayu - Atlet 


    Aries Susanti Rahayu kembali mencetak prestasi sebagai atlet panjat tebing Indonesia dengan meraih medali emas dalam ajang Piala Dunia Panjat Tebing (IFSC World Cup) yang digelar di Xiamen, China, Oktober 2019 lalu. Ia berhasil menjadi juara dunia dan mengalahkan pemegang rekor dunia, Yi Ling Song, dari Cina. Selain itu, ia juga memecahkan rekor dunia sebagai perempuan pertama dalam sejarah yang mencatatkan waktu di bawah 7 detik, yaitu 6,995 detik dalam nomor speed world putri. Perjuangan Aries juga dituangkan dalam film berjudul '6,9 Detik' yang digarap sutradara Lola Amaria. 



    4. Ria Ricis - Youtuber



    Siapa yang tak kenal dengan Ria Ricis? YouTuber asal Indonesia ini jadi salah satu youtuber terkenal dengan subscriber sebanyak 17,8M untuk akun Youtubenya. Bahkan, Adik dari Oki Setiana Dewi ini berhasil nge-vlog bareng bersama presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Menjalani profesi ini selama bertahun-tahun, dirinya telah meraih banyak penghargaan, seperti Sosial Media Awards 2016, Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards 2017 dan lainnya.

    (Baca Juga: 10 Penulis Perempuan yang Buku-bukunya Menginspirasi)


    5. Frederika Alexis Cull - Top 10 Miss Universe 2019 


    Frederika Alexis Cull (20) berhasil masuk dalam jajaran Top 10 Miss Universe 2019 yang digelar di Atlanta, AS beberapa waktu lalu. Raihan ini menjadi yang tertinggi yang pernah diraih kontestan dari wakil Indonesia di ajang kontes kecantikan sejagad tersebut. Miss Universe 2019 diraih Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan. 

    6. Agnez Mo - Penyanyi


    Di luar video wawancaranya yang viral beberapa waktu lalu, Agnez Mo memantapkan karier go international-nya di AS dan bekerjasama dengan sejumlah penyanyi top, diantaranya Timbaland, TI, Chris Brown dan French Montana. Lagu-lagunya berhasil masuk di tangga lagu bergengsi Billboard AS. Menyusul peluncuran lagunya 'Diamonds', Agnez juga mengusung sejumlah konser di beberapa kota di AS, diantaranya New York, Los Angeles dan Toronto. 

    (Baca Juga: 5 Sosok Perempuan Disabilitas yang Menginspirasi)


    7. Okky Madasari - Penulis


    Tahun ini, penulis Okky Madasari masuk dalam daftar nominasi 'Southeast Asia's Women of the Future Awards' atas kontribusinya dalam pengembangan budaya. Beberapa karya dari Co-founder Asean Literary Festival dan peraih penghargaan Khatulistiwa Literary Award ini juga diterjemahkan dalam beberapa bahasa asing, diantaranya Jerman dan Arab. Sejak tahun lalu, Okky menulis buku bacaan untuk anak lewat seri Mata: Mata di Tanah Melus, Mata dan Rahasia Pulau Gapi, and Mata Dan Manusia Laut. 


    8. Griselda Sastrawinata - Ilustrator/Desainer animasi 


    Griselda Sastrawinata merupakan fashion designer yang jadi inspirasi. Pasalnya perempuan berusia 37 tahun ini terlibat dalam pembuatan kostum untuk karakter Anna dan Elsa pada film Frozen II. Bekerjasama dengan Michael Giaimo dan Brittney Lee, hasil karyanya itu menoreh banyak pujian.


    9. Gina S. Noer - penulis skenario 


    Gina S Noer menoreh prestasi dengan raihan dua penghargaan Piala Citra 2019 lewat kategori Penulis Skenario Asli Terbaik (Dua Garis Biru) dan Penulis Skenario Adaptasi Terbaik bersama Yandy Laurens (Keluarga Cemara). Bukan kali pertama, Gina juga pernah meraih Piala Citra pada 2013 lalu di kategori Penulis Skenario Film Terbaik bersama Ifan Adriansyah Ismail lewat film Habibie Ainun. 


    10. Dian Sastrowardoyo 



    Aktris Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu juri di ajang festival film bergengsi internasional, yakni International Film Festival & Awards Macau (IFFAM) 2019. Dian menjadi juri untuk sesi kompetisi internasional bersama sejumlah pegiat film ternama, seperti Midi Z, Ellen Elisaoph, Peter Ho-Sun Chan, dan Tom Cullen. Selain itu, tahun ini, Dian juga mengumumkan perannya sebagai produser untuk film Guru Guru Gokil yang akan disutradarai Sammaria Simanjuntak. Ia juga aktif untuk sejumlah aksi sosial, diantaranya penggalangan dana untuk sekolah anak dengan autisme dalam peringatan Hari Anak Internasional beberapa waktu lalu. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below