10 Cara Atasi Rasa Bosan Dalam Hubungan Pernikahan


  • 10 Cara Atasi Rasa Bosan Dalam Hubungan Pernikahan
    Mengatasi rasa bosan dalam hubungan pernikahan bukanlah hal yang sulit. Berikut cara yang bisa dilakukan bersama pasanganmu. (Foto: Dok. Jonathan/Pexels)


    Memasuki fase awal pernikahan perasaan bahagia dan berbunga-bunga akan terus memenuhi harimu. Semua hal yang dilakukan akan terasa menyenangkan dan tak bisa dilewatkan. Namun, apakah perasaan itu akan bertahan selamanya?

    Menjalani hubungan jangka panjang rasa bosan kerap kali datang dan buat diri jadi gelisah. Berbagai hal yang dilakukan perlahan hanya menjadi rutinitas dan tak lagi membangun hasrat untuk melakukannya. Bahayanya jika dibiarkan, kedekatanmu dengan pasangan bisa merenggang.

    (Baca Juga: 5 Kebiasaan Kencan yang Bikin Pria Bosan)


    Melansir laman Bustle, seorang terapis hubungan Carolyn Cole, LCPC, LMFT, NCC menjelaskan bahwa hubungan yang mulai stagnan diperlukan cara baru agar membuatnya kembali berwarna. "Ketika segalanya menjadi membosankan, perlu ada upaya yang dilakukan untuk membuat hal-hal menyenangkan dan menyenangkan lagi," jelasnya.

    Banyak cara yang bisa diterapkan agar hubungan pernikahanmu terasa seperti pertama kali bertemu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya yang bisa dilakukan:

    (Baca Juga: Ini Tanda-tanda Pasangan Sudah Bosan dengan Kamu)


    1. Jelaskan Tentang Perasaanmu


    (Jelaskan tentang perasaanmu. Foto: Dok. Immortal shots/Pexels)

    Menyembunyikan perasaan bosan kepada pasangan hanya membuat hubungan semakin terasa stagnan dan tidak menyenangkan. Cobalah untuk memberitahunya dengan cara yang halus agar dia mengerti apa yang kamu inginkan. Sehingga kamu dan pasangan bisa mengarungi peristiwa baru bersama-sama.


    2. Lakukan Hal Lain Selain Rutinitas

    Melakukan kegiatan terus menerus bisa jadi rutinitas yang membosankan. Walaupun semua yang dilakukan memang harus dilakukan. Untuk mengantisipasi rasa jenuh datang, dirimu dan pasangan bisa mencoba hal lain di luar dari rutinitasmu, seperti makan malam bersama atau menjelajahi makanan di restoran baru.

    (Baca Juga: 3 Alasan yang Bikin Pria Bosan Saat Menjalin Hubungan)


    3. Buat Kejutan

    Meskipun tak lagi ada rahasia di dalam hubunganmu setelah pernikahan, bukan berarti kamu tak bisa memberikan kejutan untuk pasangan. Hal ini juga, bisa buat dia bernostalgia saat masa romantis kala mengejarmu. Jangan pernah berhenti untuk saling memberikan hal yang tak terduga secara tiba-tiba. Cara ini bisa memperkuat hubunganmu sampai kapan pun. 


    4. Cari Pemandangan Lain

    Pergi berlibur dan menelusuri tempat yang belum pernah dikunjungi akan menciptakan suasana baru di dalam hidup. Perubahan pemandangan ini juga menjadi upaya agar hubunganmu tak terasa hambar dan membosankan. Jika sesuatu telah terasa basi, atau bahkan negatif, sebuah tempat baru bisa membuatmu berdua merasa jauh lebih baik.

    (Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tidak Bosan Pacaran)


    5. Perbanyak Sentuhan


    (Perbanyak sentuhan. Foto: Dok. Freestocks/Pexels)

    Padatnya aktivitas sering kali membawa pasangan pada kelupaan untuk saling bersentuhan. Melansir laman Bustle, Kimberly Hershenson seorang pakar hubungan mengatakan bahwa saling bersentuhan seperti pelukan, ciuman, bergandengan tangan dan lainnya bisa membangun hubungan yang kuat dan harmonis. Oleh sebabnya jangan pernah melewatkan sentuhan singkat saat ingin bepergian, pulang dan sebelum tidur.


    6. Kencan Nostalgia

    Jangan pernah berhenti untuk mengencani pasanganmu, walaupun kamu dan dirinya telah mengarungi hidup bersama selama bertahun-tahun. Buatlah agenda khusus untuk berdua menikmati makan malam di restoran, atau sekadar menyiapkan makan malam bersama di meja makan dengan suasana romantis. Ini adalah cara mudah untuk menyambung kembali dan ingat bahwa kamu dan pasangan masih terikat satu sama lain.

    (Baca Juga: Biar Tidak Bosan Saat Bercinta, Coba Gaya Standing Sex)


    7. Berikan Waktu Pada Hobi

    Ingat, meskipun sebagai sepasang kekasih, kalian tidak perlu melakukan semuanya bersama-sama. Justru, kamu dan pasangan membutuhkan waktu untuk mengeksplorasi kegiatan atau hobi secara masing-masing. Sehingga saat kembali, kamu dan pasangan bisa saling berbagi kisah yang telah diarungi.


    8. Solo Traveling

    Perasaan bosan dalam hubungan pernikahan belum tentu disebabkan oleh pasanganmu, namun hal ini bisa juga muncul karena dirimu sendiri. Saat diri merasa bosan, apa pun yang akan dilakukan cenderung akan membosankan. Cobalah untuk mencari sesuatu yang membawa kebahagiaan kembali seperti solo traveling atau mengajak pasanganmu untuk pergi bulan madu lagi.

    (Baca Juga: Tanda-Tanda Anda Sudah Tidak Mencintai Pasangan)


    9. Teruslah Menggodanya

    Setelah pasangan merasa nyaman dalam sebuah hubungan, mereka sering kali berhenti untuk saling menggoda. Dan hal itu tidak seharusnya dilakukan. Flirting membuat hal jadi menyenangkan, karena mengingatkan dirimu dan dia berkumpul di tempat yang sama pertama kali. Bertindak seolah-olah dirimu mulai berkencan lagi bisa membantu hubunganmu kembali romantis


    10. Mencoba Hal Baru di Tempat Tidur


    (Bereksperimen bersama pasanganmu di tempat tidur. Foto: Dok. Freepik)

    Salah satu cara agar hubungan pernikahanmu tak lagi membosankan adalah mencoba hal baru, terutama saat berhubung seks. Seorang ahli hubungan Rhonda Milrad, LCSW mengatakan bahwa, "Cobalah beberapa mainan seks, berdandan dengan kostum, dan berhubungan seks di tempat baru. Memiliki hubungan seks yang menyenangkan dapat membuatmu merasa dekat sebagai pasangan dan lebih percaya diri dan aman dalam hubungan."