Inilah 4 Olahraga Yang Boleh Dilakukan Saat Menstruasi


  • Inilah 4 Olahraga Yang Boleh Dilakukan Saat Menstruasi
    Olahraga saat menstruasi itu baik untuk tubuh kamu dan ini beberapa kegiatan olahraga yang dapat kamu lakukan saat menstruasi. (Foto: Dok. Bruce Mars/Unsplash)

    Sebagai kaum hawa, setiap bulannya, pasti mengalami menstruasi. Siklus menstruasi terkadang dapat memengaruhi kebugaran, mulai dari badan tidak terasa fit, berkurangnya stamina, dan perubahan hormon tidak menentu. Pada saat kondisi seperti ini, kebanyakan perempuan lebih memilih untuk tidak melakukan kegiatan olahraga. Padahal kenyataannya, olahraga saat menstruasi itu baik untuk tubuh kamu dan dapat mengurangi gejala PMS. Berikut ini beberapa kegiatan olahraga yang dapat kamu lakukan saat menstruasi. 


    Yoga 


    (Yoga. Foto: Dok. Burst/Pexels)




    Melansir dari laman Byrdie, sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat membantu mengatasi nyeri haid. Kamu dapat menjalani yoga saat menstruasi atau dua hingga tiga hari menjelang menstruasi untuk membantu merilekskan tubuh kamu dan berpotensi mengurangi gejala seperti kram, nyeri payudara, dan kelelahan otot serta rasa sakit.  


    (Baca juga : Olahraga yang Bisa Dilakukan Sebelum Berangkat Kerja)


    Aerobik Ringan


    (Jogging. Foto: Dok. Nathan Cowley/Pexels)


    Lakukan latihan aerobik dengan intensitas yang lebih rendah seperti jogging, sepeda, dan berjalan kaki adalah pilihan olahraga yang tepat saat menstruasi. Tahukan kamu, selain membakar kalori, berjalan ringan selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kronis lainnya. 


    Berenang


    (Berenang. Foto: Dok. Camila Cordeiro/Unsplash)


    Apakah boleh berenang saat menstruasi? Jawabannya, tentu saja boleh. Kepada Self, Mary Jane Minkin, profesor klinis ilmu kebidanan, ginekologi dan reproduksi di Yale School of Medicine, mengatakan bahwa ketika perempuan berada di dalam air dingin, mereka tidak akan mengeluarkan darah haid. Ini karena dinginnya air mampu menjepit pembuluh darah. Selain itu, dengan berenang juga dapat mengurangi rasa sakit kram haid. 

    Namun, jika kamu sering mengalami kram perut yang terasa sangat menyakitkan dan tidak tertahankan hingga sesak napas selama menstruasi, ada baiknya hindari latihan ini terlebih dahulu. Pasalnya, kram perut yang kambuh di dalam air akan berbahaya untuk kamu, karena dapat meningkatkan risiko untuk tenggelam. 


    (Baca juga : 13 Area dan Taman di Jakarta yang Nyaman untuk Olahraga)


    Berlari


    (Berlari. Foto: Dok. Frank Cone/Pexels)


    Berlari dapat membantu meringankan gejala PMS dan mengurangi rasa kram menstruasi. Namun, kamu perlu untuk berhati-hati untuk tidak berlebihan saat menstruasi. Dikutip dari Byrdie, sebuah studi yang mengamati perempuan yang rutin berolahraga di treadmill, tiga hingga empat kali dalam seminggu ditambah dengan latihan aerobik ringan menunjukan bahwa latihan ini efektif dalam mengurangi rasa sakit akibat menstruasi. Jika kamu sudah mulai merasa pusing, segeralah istirahat dan kurangi intensitas latihan kamu. 


    Itulah empat olahraga yang dapat kamu lakukan saat menstruasi. jika darah haid sudah tidak mengalir banyak, kamu bisa berolahraga dengan intensitas yang lebih tinggi. Jangan lupa untuk menambah asupan cairan saat menstruasi, bisa dengan air putih atau minuman lainnya yang tidak mengandung kafein.


    Semoga artikel ini bermanfaat!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below