Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah Dan Cara Membuatnya


  • Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah Dan Cara Membuatnya
    Wajah semakin bersinar dengan masker timun. (Foto: Dok. Prostooleh/Freepik)

    Ternyata, mentimun tidak hanya bisa menjadi bahan makanan yang menyegarkan saja, tetapi juga bisa dijadikan masker yang diketahui memiliki banyak manfaat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat masker timun untuk kulit wajah? Simak artikel di bawah ini!


    Melansir dari laman Healthline, mentimun memiliki sifat anti-inflamasi, mengandung antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan asam folat, sehingga menjadikannya bahan alami yang sangat baik untuk kulit wajah. Dikemas dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya, maka tak heran jika mentimun kerap dijadikan sebagai masker wajah yang bermanfaat bagi kulit wajah.




    Mengurangi Kantung Mata dan Mata Panda

    Menurut sebuah studi tahun 2013, menunjukan bahwa mentimun memiliki kemampuan untuk mengurangi kantung mata dan mata panda. Ini berkat kandungan asam folat dan vitamin C di dalam mentimun yang dinilai dapat membantu mengurangi pembengkakan, sehingga membuat mata terlihat lebih segar.


    (Baca Juga: Ketahui Rahasia Miliki Kulit Cantik Dan Sehat)


    Membantu Kulit Berjerawat

    Sebagaimana diketahui, kulit wajah berminyak yang disertai dengan penumpukan sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori, yang memicu timbulnya jerawat. Mentimun bersifat astringen ringan yang dapat membantu membersihkan sekaligus mengencangkan pori-pori, sehingga dapat membantu mengurangi jerawat.


    Membantu Melawan Penuaan Dini

    Menurut sebuah studi tahun 2011, kandungan antioksidan dalam mentimun berperan sebagai anti-wrinkle untuk meminimalisir munculnya kerutan pada kulit wajah. Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin C dan asam folat. Kedua kandungan ini dapat membantu kulit kamu terlihat lebih kencang dan sehat.


    Meredakan Iritasi

    Efek mendinginkan dan sifat anti-inflamasi dari mentimun dapat membantu meringankan rasa sakit, kemerahan, dan iritasi yang disebabkan oleh paparan matahari (sunburn), gigitan serangga, dan ruam. 


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Parfum Tahan Lama Untuk Wanita)


    Menghidrasi Kulit

    Mentimun mengandung 96 persen air. Maka tak heran jika bahan alami ini dapat membantu menghidrasi kulit. Agar dapat bekerja secara optimal, kamu dapat mencampurkan mentimun dengan bahan-bahan alami lainnya seperti madu, yoghurt, atau lidah buaya untuk melembabkan dan menenangkan kulit. 


    Akan tetapi, sangat penting untuk mengaplikasikan pelembap setelah mengoleskan masker timun pada wajah. Mengapa? Hal ini karena, sebuah hasil studi menemukan bahwa penggunaan timun untuk wajah tanpa diikuti dengan pelembap setelahnya justru dapat mengurangi hidrasi pada kulit wajah. 


    Cara Membuat Masker Mentimun untuk Kulit Wajah

    Berikut adalah tiga opsi untuk membuat masker mentimun untuk kulit wajah, antara lain:


    Masker Mentimun 

    Cara ini mungkin pilihan yang tepat bagi kamu yang mencari cara cepat dan mudah untuk menyegarkan atau meremajakan kulit. 


    - Haluskan mentimun secukupnya yang belum dikupas menggunakan blender atau food processor sampai menjadi pasta encer. Pastikan mentimun sudah dicuci bersih terlebih dahulu. 

    - Kemudian saring mentimun yang telah dihaluskan

    - Pastikan wajah kamu benar-benar bersih, lalu oleskan pasta mentimun ke wajah

    - Diamkan masker mentimun selama kurang lebih 15 menit.

    - Cuci masker dengan air suam kuku dan keringkan wajah kamu dengan kain lembut. 


    (Baca Juga: Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut)


    Masker Mentimun + Lidah Buaya

    Masker ini mungkin sangat bermanfaat jika kamu memiliki tipe kulit kering. Ini karena lidah buaya dapat membantu meningkatkan hidrasi pada kulit. 


    - Haluskan mentimun yang belum dikupas ke dalam food processor atau blender sampai menjadi pasta encer. Pastikan mentimun sudah dicuci bersih terlebih dahulu. 

    - Kemudian saring mentimun yang telah dihaluskan

    - Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam campuran, lalu blender hingga halus.

    - Pastikan wajah kamu benar-benar bersih, lalu oleskan pasta mentimun ke wajah

    - Diamkan masker mentimun selama kurang lebih 15 menit.

    - Cuci masker dengan air suam kuku dan keringkan wajah kamu dengan kain lembut. 


    Masker Mentimun + Oatmeal + Madu

    Cara ini mungkin pilihan yang bagus untuk kamu yang memiliki kulit yang rentan berjerawat. Khasiat astringent dalam mentimun bergabung dengan oatmeal diketahui dapat membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sedangkan madu dapat bekerja untuk menyeimbangkan bakteri pada kulit. 


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Produk Kecantikan Dengan Kandungan Delima)


    - Haluskan mentimun yang belum dikupas ke dalam blender atau food processor sampai menjadi pasta encer. Namun, pastikan mentimun sudah dicuci bersih terlebih dahulu. 

    - Kemudian saring mentimun yang telah dihaluskan

    - Tambahkan 1 sendok makan oatmeal ke dalam campuran lalu aduk hingga halus

    - Kemudian tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam campuran dan aduk hingga tercampur rata.

    - Pastikan wajah kamu benar-benar bersih, lalu oleskan pasta mentimun ke wajah

    - Diamkan masker mentimun selama kurang lebih 15 menit.

    - Cuci masker dengan air suam kuku dan keringkan wajah kamu dengan kain lembut. 


    Saat mengoleskan masker mentimun pada wajah, lakukan pijat perlahan dengan gerakan melingkar kecil. Ini akan membantu masker menembus pori-pori dan merangsang aliran darah di permukaan kulit. Perlu diingat, hindari penggunaan masker mentimun lebih dari dua atau tiga kali dalam seminggu. Bukan tanpa alasan, penggunaan berlebihan justru dapat mengiritasi kulit atau mengganggu keseimbangan alami minyak pada wajah. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below