Hari Sumpah Pemuda 2020: 4 Film Tentang Perjuangan Anak Muda


  • Hari Sumpah Pemuda 2020: 4 Film Tentang Perjuangan Anak Muda
    Film tentang semangat anak muda untuk rayakan Hari Sumpah Pemuda 2020 (FOto:Dok/Pexels)


    Selamat hari sumpah pemuda!

    Tepat tanggal 28 Oktober Indonesia kerap merayakan hari bersejarah dalam kebangkitan negara yakni Hari Sumpah Pemuda. Momen ini juga menjadi peringatan bagi anak-anak muda bangsa untuk mencintai tanah air, Indonesia.



    Di perayaannya yang ke-92 ini bertepatan dengan libur panjang bulan Oktober 2020 dan pandemi virus corona yang masih mewabah, menjadi waktu yang pas untuk merayakannya dengan kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menyaksikan film bertema tentang nasionalis dari pada pemuda dan pemudi Indonesia. Apa saja? berikut film tentang perjuangan anak muda.


    (Baca Juga: Review Film: 'Rumah Merah Putih')


    1. Gie

    Sosok aktivis Sok Hok Gie difilmkan dengan tajuk Gie yang disutradari oleh 

    oleh Riri Riza. Rilis pada 14 Juli 2005, film ini salah satu yang wajib ditonton saat Hari Sumpah Pemuda. 

    Menggandeng Nicholas Saputra sebagai bintang utama dalam film ini, Gie menceritakan seorang aktivis dengan sikapnya yang patut dikagumi demi membela negara saat usianya masih muda. Bahkan karena aktif mengkritik dan mengatakan kejujuran, dia mesti menghadapi pertentangan dari berbagai pihak. 


    2. Tanah Surga Katanya

    Kecintaan kepada negara dan rasa nasionalisme cukup tergambarkan dalam film besutan Herwin Novianto ini. Dirilis pada 15 Agustus 2012, film ini salah satu yang patut untuk disaksikan di hari Sumpah Pemuda. 

    Tanah Surga Katanya mengisahkan keluarga yang menjalani hidupnya diperbatasan Indonesia-Malaysia. Berbagai rintangan pun silih berganti agar keluarga bisa merasa aman dan tentram.


    (Baca Juga: Kumpulan Kata Inspiratif Dari Para Tokoh Nasional Indonesia)


    3. Sokola Rimba

    Jika ada sosok Gie sebagai pria pemberani, ada pula Butet Manurung dalam film Sokola Rimba yang semangat juangnya patut dicontoh. Sifat idealisnya menjadikan dia sebagai sosok wanita yang gigih dalam menyebarkan pendidikan di wilayah terpencil di Indonesia. 

    Dirilis pada 21 November 2013, film ini dibintangi oleh Prisia Nasution, Rukman Rosadi dan lainnya dengan mengangkat tema pendidikan yang patut disaksikan di hari sumpah pemuda. Bahkan film ini juga menggambarkan perbedaan antara dua negara di perbatasan tersebut. 


    4. 3 Srikandi

    Meski film ini dirilis pada 4 Agustus 2016, namun 3 Srikandi menceritakan bagaimana tiga pemudi berjuang memenangkan piala dalam cabang panahan olimpiade Seoul di tahun 1988. Di antaranya adalah Nurfitriyana yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Kusuma oleh Tara Basro dan Lilies oleh Chelsea Islan.

    Kegigihan mereka dalam berusaha dan menghadapi rintangan dalam film ini cukup menginspirasi.


    Itulah sejumlah film yang bisa disaksikan untuk merayakan hari sumpah pemuda 2020. Selamat menyaksikan!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below