Kumpulan Kata Inspiratif Dari Para Tokoh Nasional Indonesia


  • Kumpulan Kata Inspiratif Dari Para Tokoh Nasional Indonesia
    Kumpulan kata-kata bijak dan inspiratif dari Bung Karno, Bung Hatta dan BJ Habibie (Foto:Dok/Berbagai sumber)


    Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!




    17 Agustus 2020 genap sudah 75 tahun Indonesia merdeka dari penjajahan negara asing. Berkat jiwa-jiwa nasionalis, kini bangsa Indonesia bisa menikmati kekayaan alam yang melimpah ruah dan bermanfaat bagi penduduknya.

    Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk selalu mengingat jasa para pahlawan yang juga tokoh nasional Indonesia yang telah berjuang memerdekaan Indonesia. Tanpa mereka, mungkin kita belum bisa merasakan kenikmatan alam Indonesia seperti saat ini.

    Sebagai penghormatan kita kepada para pahlawan, kita bisa mengingat segala ucapan mereka yang menginspirasi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kumpulan quotes inspiratif dari sejumlah tokoh nasional Indonesia.


    (Baca Juga: Cara Membuat Nasi Tumpeng untuk Lomba 17 Agustus-an)


    1. Ir. Soekarno

    "Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah."

    "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Dirgahayu RI."

    "Bangunlah suatu dunia di mana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan." 

    "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."

    "Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati."


    (Baca Juga: Enzy Storia & Gaya Busana Seleb Rayakan HUT RI Ke-75)


    2. BJ Habibie

    "Hanya anak bangsa sendiri lah yang dapat diandalkan untuk membangun Indonesia. Tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain."

    "Bertekadlah jadi pribadi yang berguna bagi lingkungan sekitar, gunakan apa yang kamu punya untuk membantu sesama."

    "Tak ada gunanya IQ Anda tinggi namun malas. Tidak memiliki disiplin. Yang penting adalah Anda sehat dan mau berkontribusi untuk masa depan yang cerah."

    "Masa depan Indonesia ditentukan oleh keunggulan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki nilai budaya, memahami dan menguasai mekanisme pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi."

    "Kalau bukan anak bangsa ini yang membangun bangsanya, siapa lagi? Jangan saudara mengharapkan orang lain yang datang membangun bangsa kita."


    (Baca Juga: 7 Fakta Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Tahun 2020)


    3. Mohammad Hatta

    "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-citanya."

    "Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat."

    "Untuk mencapai cita-cita yang tinggi, manusia (pahlawan) melepaskan nyawanya pada tiang gantungan, mati dalam pembuangan, tetapi senantiasa menyimpan dalam hatinya luka wajah tanah air yang duka."


    Itulah sejumlah kumpulan quotes sekaligus kata bijak dari para tokoh nasional di Indonesia. Selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Semoga bangsa ini selalu erat dari sabang sampai marauke.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below