Hari Kesaktian Pancasila 2020: Gaya Hidup Nasionalisme


  • Hari Kesaktian Pancasila 2020: Gaya Hidup Nasionalisme
    Hari Kesaktian Pancasila 2020: Nasionalisme Dalam Gaya Hidup


    Menyambut hari pertama di bulan Oktober, Indonesia kembali memperingati hari besarnya yaitu Hari Kesaktian Pancasila. Jatuh pada tanggal 1 Oktober, hari ini mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia agar memiliki sifat nasionalisme yang semangat menegakkan ideologi bangsa yakni nilai pancasila.

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) nasionalisme merupakan kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu. Oleh sebabnya penting menerapkan nasionalisme ke dalam gaya hidup kita sesuai dengan nilai pancasila. Bagaimana cara mewujudkannya?




    (Baca Juga: Perbedaan Perayaan Hari Lahir Pancasila Saat Pandemi Covid19)


    1. Toleransi

    Menjadi pribadi yang nasionalis saling memahami perbedaan patut ditanamkan di dalam diri. Dengan bertoleransi bisa mewujudkan hidup yang rukun dan damai. Sehingga dengan berada di satu negara dengan manusia yang beragam, diri patut memahami setiap orang memiliki kepercayaan yang berbeda agar bisa hidup berdampingan.


    2. Saling menghormati 

    Toleransi juga erat kaitannya dengan menghargai sesama sesuai dengan sila ke-dua dalam pancasila, yakni Kemanusian yang Adil dan Beradab. Berdasarkan ketetapan MPR no. I/MPR/2003 sila ini mengajak kita untuk menjunjung tinggi nilai kemanusiaan agar bisa saling menghormati sesama.


    3. Menjaga lingkungan

    Sila ke-tiga pada pancasila mengajak masyarakat untuk bersatu demi menjaga Indonesia. Dan jika kamu ingin menerapkan nilai nasionalisme dalam hidupmu, merawat lingkungan, mendukung usaha-usaha dalam negeri dan menggunakan produk lokal bisa jadi langkah awal untuk mendukung Indonesia lebih maju,


    (Baca Juga: 7 Fakta Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Tahun 2020)


    4. Bermusyawarah

    Agar tidak memaksakan kehendak sendiri, bermusyawah bisa kamu lakukan untuk mengambil keputusan jika kamu berjiwa nasionalisme. Cara ini juga bisa dilakukan agar setiap manusia memperoleh hak dan kewajibannya tanpa mengganggu orang lain.

    Selain itu bermusyawarah juga sebetulnya tidak hanya untuk membuat keputusan. Kamu, tetangga atau rekan kerja bisa bersama-sama berbagi pengetahuan mengenai ilmu masing-masing agar tercipta kerukunan dan kesatuan untuk memperoleh tujuan yang sama.


    5. Gotong royong

    Selain saling menghargai, menghormati hingga bertoleransi, kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menanamkan nilai nasionalisme dalam hidup adalah dengan saling bergotong royong untuk membantu keluarga, teman, saudara dan lainnya. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar bersama-sama bisa mewujudkan impian dan lebih mencintai negara Indonesia. 

    Kamu bisa mendukung hasil karya teman dan bantu memajukannya. Atau hal lain melakukan kegiatan berdonasi untuk mereka yang memerlukan bantuan banyak orang.


    Itulah sejumlah cara menerapkan nilai nasionalisme di dalam gaya hidupmu. Apa kamu sudah melakukannya?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below