15 Istilah Makeup Yang Wajib Kamu Tahu!


  • 15 Istilah Makeup Yang Wajib Kamu Tahu!
    Supaya tidak bingung, ketahui 15 istilah makeup yang wajib kamu tahu. (Foto: Dok. Clup Photoshop/Freepik)

    Makeup merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dengan perempuan, setuju kan? Menggunakan riasan wajah memang dapat menunjang penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

    Beruntungnya, sekarang kamu bisa belajar merias wajah di mana pun dan kapan pun berkat platform berbagi video. Nah, siapa yang sering menonton beauty guru di platform berbagi video?

    Tapi, suka bingung dengan beberapa istilah makeup yang sering disebutkan? Kalau kamu salah satunya, itu berarti kamu harus baca artikel ini sampai habis ya!




    1. Pigmented

    ilustrasi pigmented

    (Ilustrasi pigmented. Foto: Dok. Anderson Guerro/Pexels)


    Istilah dalam makeup ini sering digunakan untuk menunjukan level kepekatan sebuah warna pada produk kosmetik, seperti eyeshadow, blush on, lipstik, highlighter, dan produk makeup lainnya. Produk kosmetik yang memiliki level pigmentasi yang cukup baik biasanya akan menghasilkan warna yang pekat hanya dengan sekali sapuan.


    (Baca juga : 7 Produk dan Alat Makeup yang Tak Boleh Dipakai Bersama)


    2. Whitecast

    ilustrasi whitecast

    (Ilustrasi whitecast. Foto: Dok. Mirror.co.uk)


    Istilah whitecast digunakan untuk mendeskripsikan bagian-bagian wajah tertentu yang berwarna putih. Hal ini bisa terjadi karena sunscreen atau sunblock yang kamu gunakan terlalu banyak. Selain itu, jika kamu berfoto dalam pencahayaan yang berat, sebaiknya hindari menggunakan sunscreen dan produk kosmetik yang mengandung SPF, atau whitecast akan terlihat jelas di wajah kamu.


    3. Creasing

    Istilah makeup ini terjadi ketika concealer yang kamu gunakan luntur, sehingga memperlihatkan garis-garis halus pada wajah. Tapi tenang saja, kamu bisa menghindari hal ini terjadi dengan membubuhkan bedak di atas concealer. Cukup aplikasikan concealer secukupnya saja, and blend blend blend!


    4. Flaky

    Kata flaky sering digunakan untuk mendeskripsikan maskara yang luntur dalam bentuk bubuk-bubuk hitam yang jatuh di sekitar mata.


    5. Smudge

    ilustrasi smudge

    (Ilustrasi smudge. Foto: Dok. Photohobo/Freepik)


    Serupa tapi tak sama dengan flaky, istilah smudge digunakan untuk mendeskripsikan eyeliner dan maskara yang luntur akibat terkena air atau keringat.


    6. Clumpy

    ilustrasi clumpy

    (Ilustrasi clumpy. Foto: Dok. Javi_Indy/Freepik)


    Istilah dalam makeup yang satu ini juga cukup sering disebutkan oleh para beauty influencer, ya clumpy. Ketika kamu mengaplikasikan maskara dan hasilnya menggumpal serta tidak merata, itu yang disebut clumpy.


    7. Cakey

    Istilah cakey digunakan untuk mendeskripsikan saat foundation yang kamu aplikasikan pada wajah terasa tebal dan berat. Ini bisa terjadi entah karena konsistensi foundation yang kamu gunakan memang kental (thick) atau kamu mengaplikasikannya dalam jumlah yang banyak.


    8. Patchy

    Istilah patchy digunakan ketika foundation atau concealer yang kamu gunakan tidak merata pada wajah, sehingga dapat memperlihatkan tekstur kulit yang kering dan mengelupas.


    9. Ashy

    Ketika kamu memakai alas bedak seperti foundation atau BB cream yang warnanya lebih terang dapat menyebabkan warnanya tidak menyatu dengan kulit, sehingga wajah kamu akan terlihat abu-abu. Kondisi semacam ini dinamakan ashy. Tipnya, hindari memilih warna foundation yang lebih terang, stay away from this mistake!


    (Baca juga : 9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula )


    10. Fall Out

    Istilah fallout terjadi ketika kamu mengaplikasikan eyeshadow dan terdapat bubuk-bubuk pewarna mata yang berjatuhan di sekitar mata dan pipi. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow terlebih dahulu, setelah itu barulah aplikasikan foundation. Tip lainnya, kamu bisa aplikasikan eye primer untuk mengurangi fallout sekaligus membuat riasan matamu lebih tahan lama.


    11. Baking

    ilustrasi baking

    (Ilustrasi baking. Foto: Dok. Independent.co.uk)


    Baking merupakan teknik merias wajah dengan membubuhkan translucent powder pada bagian wajah tertentu, seperti bawah mata atau area wajah yang lebih cepat berminyak. Diamkan selama kurang lebih lima hingga sepuluh menit. Ini dilakukan agar foundation dan concealer bisa ter-set dan mampu bertahan sepanjang hari. Baru kemudian sapukan bedak tersebut dari wajah menggunakan powder brush.


    12. Contour

    ilustrasi contour

    (Ilustrasi contour. Foto: Dok. Elle.com)


    Contour merupakan teknik lain dalam makeup yang bertujuan untuk menonjolkan bagian-bagian wajah tertentu. Kamu bisa mengaplikasikan warna gelap untuk memberikan ilusi bayangan pada bagian wajah tersebut, sehingga terlihat lebih tegas dan menciptakan kesan wajah lebih tirus dan simetris.


    13. On Fleek

    Istilah makeup yang berikutnya digunakan untuk menggambarkan kondisi eyeliner atau alis yang terbentuk secara sempurna. Riasan wajah seperti ini juga dikenal dengan istilah on point.


    14. Dupe

    Dupe berasal dari kata duplicate dalam Bahasa Inggris yang berarti duplikat. Istilah makeup ini digunakan untuk menyembutkan ketika ada suatu produk drugstore yang serupa dengan produk high end.


    15. Strobing

    Apa kamu pernah mendengar beauty influencer menyebutkan istilah makeup ini? Jika iya, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan strobing? Strobing adalah suatu teknik makeup yang dilakukan dengan membaurkan produk highlighter pada bagian tertinggi di wajah, seperti tulang hidung, tulang pipi, sebagian dahi, diatas bibir dan dagu.

    Ini bertujuan untuk menonjolkan bagian wajah yang mempunyai posisi memantulkan cahaya, sehingga terlihat lebih segar, awet muda dan pastinya memberikan kesan kulit glowing.


    Itulah 15 istilah makeup yang wajib kamu tahu! Semoga bermanfaat.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below