Eksplorasi Busana Batik dan Kebaya Dari Alleira Batik


  • Eksplorasi Busana Batik dan Kebaya Dari Alleira Batik
    Alleira Batik luncurkan batik dan kebaya(Foto:Dok/SHR)


    Tak luput dari corak batik, kebaya dan tenun dengan keanggunannya bisa jadi pilihan busana saat merayakan momen 17 Agustus. Beragam warna, terutama merah dan putih menjadi rona khas dari hari bersejarah itu. Dengan alasan itu pula, Alleira Batik luncurkan seri batik dan kebaya yang bertema Hari Kemerdekaan.

    Di gelaran fashion show-nya yang berlangsung di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, balutan setelan batik modern itu tampak artistik. Eksplorasi warna merah dan putih itu kemudian meluncurkan 21 koleksi, Zakariah Hamzah selaku Chief Operasional Office (COO) dari Alleira Batik terinspirasi dari fesyen modern saat ini yang kemudian dikombinasikan untuk acara nasional dan keseharian.



    (Baca Juga: Merayakan Batik di 'Batik Exposé' Galeries Lafayette)


    "Koleksi yang kita tampilkan kali ini memang spesial untuk menyambut kemerdekaan indonesia, yaitu kebaya, maupun blouse semi kebaya, merah putih dan batik warna sogan. itu memang kita khususkan koleksi untuk edisi Agustus sampai menjelang hari batik nasional, 2 Oktober pun kita akan bikin koleksi terbaru lagi yaitu batik batik motif solo dengan warna cokelat, sogan," ujarnya dalam gelarannya di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, (14/8).

    Dengan proses handmade kombinasi batik tulis dan cap, tak lepas dari unsur warna sogan yang jadi cirikhasnya tahun ini. Dibuat selama 3-4 bulan, yang menarik perhatian motif garis-garis yang terletak pada koleksinya kali ini mengangkat filosofi dari keberagaman Indonesia.

    (Baca Juga: Lenny Agustin Eksplorasi Batik 'Lebah' Kepulauan Sula)


    "Motif garis, filosofinya itu keberanekaragaman indonesia. Jadi ada orang yang tinggi, ada yang rendah gitu," jelas Hamzah.

    Menggunakan bahan batik sutera ATBM, batik super sutera silk dan katun tekstur beragam busana ready to wear itu pun nyaman untuk dikenakan untuk merayakan momen 17 Agustus nanti.

    (Baca Juga: Menerawang Batik Jawa Barat Lewat Koleksi 10 Desainer)


    Peragaan Busana Alleira Batik


    (Beragam busana batik dalam peragaan busana Alleira.Foto:Dok.Hafizah Rana/Her World Indonesia)

    Meluncurkan beragam koleksi untuk inspirasi busana Hari Kemerdekaan RI, Alleira menggelar peragaan busana yang dilaksanakan di Kudus Hall The Sultan Hotel & Residence Jakarta. Rancangan batik itu pun diperagakan oleh para istri duta besar dan para wanita yang tergabung dalam women international's club.

    Terbagi dalam dua urutan, di antaranya adalah Istri Duta Besar Myanmar, Brasil, Bulgaria, Polandia, Malaysia, Kolombia dan mantan ketua International Women’s Club, Rita Pusponegoro di urutan yang pertama. Sedangkan urutan kedua adalah setelan Batik yang diperagakan oleh Istri Duta Besar Madam Azerbaijan, Thailand, Pakistan, Jepang, India, Korea Selatan dan beberapa anggota aktif International International's Club dan anggota asosiasi Putri Indonesia. Yang menarik, kolaborasi ini diminta langsung oleh para peraga busana.

    (Baca Juga: 'Staple': Koleksi Batik yang Ramah Lingkungan)


    "Sebenarnya Alleira itu sudah langganannya beberapa kedutaan. Jadi begitu kita mau fashion show, mereka sendiri yang mau, mau dong jalan show di Alleira, karena kan sudah happy, mereka sudah tahu batik dan Alleira sudah berteman dengan kedutaan, sudah lama sekali. Jadi mereka sendiri yang menawarkan saya mau jadi modelnya Alleira," ujar Hamzah.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below