10 Istilah Pada Produk Kecantikan yang Harus Dipahami


  • 10 Istilah Pada Produk Kecantikan yang Harus Dipahami
    Istilah-istilah pada produk kecantikan yang harus diketahui (Foto: Dok. Zhugewala/Pexels)


    Beragam produk kecantikan, seperti skincare atau makeup, pastinya kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk perawatan kulit. Namun, apakah kamu mengetahui semua fungsi yang ditawarkan?

    Adalah SPF, BHA, vegan dan kandungan lain yang muncul di dalamnya dipercaya ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit untuk berbagai jenis kulit manusia. Agar kamu tidak salah pilih, berikut 10 istilah pada produk kecantikan yang harus kamu ketahui: 



    (Baca Juga: 5 Tren Kecantikan Korea yang Akan Populer di 2019)


    1. Booster

    Kandungan yang satu ini biasanya dicari bagi mereka yang memiliki permasalahan kulit, seperti kulit yang kusam, besarnya pori-pori dan kulit kering. Booster bisa jadi salah satu kandungan andalan bagi beragam produk perawatan kulit.


    2. Paraben

    Meskipun sering kali dianggap berbahaya, namun ternyata paraben merupakan salah satu produk kecantikan yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Meskipun begitu, banyak wanita yang lebih mengutamakan pembelian produk yang tidak memiliki kandungan ini atau paraben-free.


    3. Sun Protection Factor (SPF)


    (Ilustrasi penggunaan skincare dengan SPF. Foto: Dok. Rawpixel.com/Pexels)


    Dari namanya pastinya telah tergambarkan apa manfaat yang diberikan oleh produk kecantikan dengan memiliki kandungan ini. Sebagai salah satu alternatif untuk melindungi kulit, SPF semakin dicari oleh para pemakai skincare dan makeup, terutama saat kapasitas kandungan ini tinggi di dalamnya. Tingginya kandungan SPF pada produk kecantikan, dapat memberikan perlindungannya untuk kulit dari sinar matahari.

    (Baca Juga: Mengenal Istilah Double Cleansing)


    4. Emulsifier

    Sebagai formula khusus pada kosmetik, emulsifier membantu kolaborasi minyak dengan air dalam skincare atau pun makeup agar menyatu dengan baik. Biasanya emulsifier terapat pada produk kecantikan yang menawarkan untuk melembabkan kulit.


    5. Vegan

    Vegan memberi tanda bahwa produk yang ditawarkan tidak memiliki kandungan yang berasal dari hewan. Di antaranya adalah madu, lanolin, keratin, lilin lebah dan lainnya. 

    (Baca Juga: 'Green Beauty Guide': Produk Perawatan Ramah Lingkungan)


    6. Asam Salisilat

    Asam Salisilat atau BHA (Beta Hydroxy Acid) memiliki fungsi yang dapat membantu untuk merelaksasikan kulit yang stres. Selain itu juga, produk yang menawarkan kandungan ini merupakan produk yang ampun untuk mengangkat flek hitam, mengecilkan pori-pori dan lainnya.


    7. Emollient

    Jika kamu memiliki kulit yang kering, skincare yang memiliki kandungan ini sangat cocok untuk menghidrasi kulit. Oleh karenanya emollient sering kali ditemui di moisturizer.  


    8. Polyhydroxy Acid (PHA)


    (ilustrasi wajah bebas akan jerawat dan komedo. Foto: Dok. Bruce Wars/Pexels)


    Polyhydroxy acid atau PHA biasa juga dikenal dengan sebutan asam polihidroksi. Produk yang memiliki kandungan ini bisa jadi pilihan bagi semua tipe kulit. Tak jauh berbeda dengan AHA dan asam salisiliat, PHA juga bermanfaat untuk perawatan kulit wajah seperti, menghaluskan serta mengangkat sel kulit mati.

    (Baca Juga: Industri Kecantikan Ikut Terapkan "See Now, Buy Now")


    9. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

    Mengangkat sel kulit mati salah satu tugas dari kandungan AHA. Terbentuk dari buah-buahan, kandungan ini sangat cocok untuk tipe kulit berjerawat dan minyak berlebih.


    10. Antioksidan

    Pengurangan dampak dari radikal bebas atau rusaknya sel-sel dalam tubuh, bisa diatasi dengan kandungan antioksidan yang ada di produk perawatan kulit. Antioksidan biasanya dapat ditemui pada produk kecantikan yang memiliki kandungan vitamin C dan E.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below