Keindahan Budaya Cina di Rancangan Busana Guo Pei


  • Keindahan Budaya Cina di Rancangan Busana Guo Pei
    Ekshibisi 'Guo Pei: Chinese Art and Couture' di Asian Civilisations Museum Singapura (Foto: Dok. Asian Civilisations Museum)


    Perancang busana asal Cina, Guo Pei, berkolaborasi dengan Asian Civilisations Museum di Singapura untuk menghadirkan ekshibisi 'Guo Pei: Chinese Art and Couture'.

    Menampilkan 20 mahakarya seni Cina dan 29 gaun rancangan Guo Pei, pameran ini merupakan bentuk komitmen museum tersebut dalam menjelajah keberagaman warisan budaya Asia, interkoneksi di dalamnya, serta hubungannya dengan seluruh dunia.



    (Baca juga artikel: Mengintip Acara Memorial Karl Lagerfeld 'Karl For Ever')

    “'Guo Pei: Chinese Art and Couture' penting untuk pengunjung kami karena dua alasan. Ini adalah ekshibisi spesial pertama kami yang didedikasikan untuk fashion dan perwakilan perubahan kami ke bidang kontemporer," ujar Kennie Ting selaku Director of Asian Civilisations Museum dan Peranakan Museum.

    Ia menambahkan, "Tujuan kami adalah untuk menjelaskan bagaimana budaya dan tradisi sangat relevan dengan zaman sekarang; bahwa budaya dan tradisi bisa sunggu menggiurkan dan memikat."



    (Foto: Dok. Asian Civilisations Museum)


    Pameran 'Guo Pei: Chinese Art and Couture' sengaja dirancang agar para pengunjung bisa meninjau sejarah seni Cina dengan simpel namun tetap menarik. Setiap karya di ekshibisi ini memiliki kombinasi unik antara tradisional dan modern, baik dalam bentuk desain, material, dan keahlian. 

    (Baca juga artikel: Serunya Bermain di 'Gucci Arcade')

    "Kami ingin sebuah pertunjukan yang akan memperkenalkan pengunjung kepada aspek-aspek seni Cina -material seperti sutra dan porselen, kerajinan sulam, motif seperti peony dan phoenix- dalam fashion yang sangat tidak terduga dan mudah diingat," ungkap Kennie.



    (Foto: Dok. Asian Civilisations Museum)


    Ruang ekshibisi utama terbagi menjadi tiga bagian, yaitu ‘Gold is the Colour of my Soul’, ‘China and the World’, dan ‘Treasured Heirlooms: Chinese Bridal Dress’ yang masing-masing menampilkan karya Guo Pei yang penuh pesona.

    Bagian ‘Gold is the Colour of My Soul’ menampilkan simbol Buddha dalam seni Cina, Sedangkan bagian ‘China and the World’ menampilkan motif Cina klasik, dan ‘Treasured Heirlooms’ adalah tempat di mana koleksi bridal Guo Pei dipamerkan.

    (Baca juga artikel: Keseruan Bersama Ghea Fashion Studio di 'Raya in Ghea')

    Asian Civilisations Museum juga menghadirkan rangkaian acara yang cocok untuk keluarga, wisata dengan pemandu, ceramah, serta festival pada akhir pekan sebagai bagian dari ekshibisi ini.

    Pameran 'Guo Pei: Chinese Art and Couture' bisa dikunjungi hingga 15 September mendatang dengan harga tiket masuk SGD 15 (pelajar & lansia) dan SGD 20 (dewasa) untuk para pengunjung yang bukan seorang warga negara Singapura.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below