Hair & beauty

Mengenal 10 Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

By : Hafizah Rana Dalilah - 2019-12-13 10:15:00 Mengenal 10 Manfaat Kopi Untuk Kecantikan


Selama ini, orang mengenal kopi sebagai minuman penyegar dahaga dan penghilang kantuk di pagi hari. Jika diminum sesuai dosis, kopi juga bisa menyembuhkan penyakit liver, diabetes hingga depresi. Kuncinya ada pada kandungan kafein, antioksidan dan vitamin B3 yang dimilikinya.

Selain menyehatkan tubuh ketika diminum, kopi pula bermanfaat untuk kecantikan kulit, rambut hingga kaki. Dengan mengolahnya menjadi masker dan scrub, kopi memberi manfaat banyak buat perawatan. Berikut beberapa diantara manfaat kopi tersebut yang patut diketahui.

(Baca Juga: Mengenal Manfaat Masker Kopi Sesuai Kebutuhan Kulit)


1. Mengangkat Sel Kulit Mati


(Mengangkat sel kulit mati.Foto:Dok/Beautylogicaclinic)

Olahan bubuk kopi membantu pertumbuhan kulit baru dengan cara mengangkat kulit mati. Melansir laman Medical News Today, penelitian tahun 2013 menunjukkan zat asam caffeic dan antioksidan di dalamnya juga berkhasiat untuk meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan sel. Dengan menggunakannya secara rutin, asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang bisa melindungi kulit terhadap kuman. 


2. Menyamarkan Selulit Pada Kulit

Melebarkan pembuluh darah di bawah kulit bisa membantu menghilangkan selulit pada kulit. Dengan metode perawatan tradisional, scrub kopi bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah yang bisa membantu hilangnya selulit. 

(Baca Juga: 9 Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Wajah)


3. Menenangkan Kulit

Melansir laman Healthline, zat antioksidan di dalam kopi bisa membantu menenangkan kulit yang stres. Saat dioleskan, efeknya akan diresap dan membuatnya tampak glowing dan fresh setiap selesai menggunakannya. 


4. Menghilangkan Kantung Mata

Manfaat lain dari bubuk kopi salah satunya menghilangkan kantung mata. Kandungan kafeinnya bisa memberikan efek mengencangkan sekaligus mengurangi penumpukan cairan yang biasanya terletak di bawah mata. Bahkan, zat klorogenik yang dimilikinya berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan yang sering terjadi di daerah mata. Olah kopi menjadi cairan, dan oleskan ke bagian yang ingin diubah.

(Baca Juga: 10 Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Mata Panda)


5. Menghilangkan Jerawat


(Menghilangkan jerawat dengan kopi.Foto:Dok/Allure)

Masalah kulit seperti jerawat, bisa diobati dengan menggunakan kopi. Bersifat anti-inflamasi dan anti bakteri bisa melawan pertumbuhan jerawat. Antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat dalam kopi dapat membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori sekaligus memproteksi kulit.


6. Menjaga Dari Paparan Sinar Matahari

Erat kaitannya dengan antioksidan dan polyphenols, kedua kandungan ini berkolaborasi dan bekerja untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebakan penuaan dini. Melansir laman Medical News Today, untuk mengatasinya bisa dengan cara meminum kopi atau mengoleskannya ke kulit.

(Baca Juga: 7 Rekomendasi Sunscreen Terbaik Untuk Liburan di Pantai)


7. Membantu Penyembuhan Kanker Kulit

Kaya akan vitamin B3 (Niacin) berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Salah satu fungsinya adalah mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghambat pertumbuhan kulit lain yang tak dibutuhkan.


8. Menghilangkan Bau Kaki

Sering menggunakan alas kaki yang tertutup dan berbahan panas, bisa menyebabkan kaki mudah berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap. Bahkan, kulit pula bisa menjadi kasar dan pecah-pecah. Untuk mencegah hal ini terjadi, olahan kopi yang dibuat menjadi scrub bisa membantu mengangkat sel kulit mati serta membersihkan dan menghaluskan kulit.

(Baca Juga: 7 Manfaat Teh untuk Kecantikan)


9. Merawat Rambut dan Kulit Kepala


Menggunakan produk rambut yang memiliki nilai pH lebih tinggi dari rambut dapat menyebabkan kusam, keriting, dan kerusakan. Kopi bisa menutrisinya agar tetap sehat karena secara alami bersifat asam. Menerapkan kopi ke rambut bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala. Cobalah membilas rambut dengan kopi dingin yang telah diseduh atau menggosok bubuk kopi ke kulit kepala. 


10. Pewarna Rambut Alami


(Kopi bisa menjadi pewarna alami untuk rambut.Foto:Dok,Element5/Pexels)

Mewarnai rambut sudah menjadi tren saat ini. Namun zat kimia di dalamnya akan membuat rambut menjadi mudah patah dan kering. Kopi adalah solusi yang tepat untuk mewarnai rambut secara alami, terutama untuk membuatnya berwarna gelap.

(Baca Juga: Tips Mewarnai Rambut Sendiri)


Cara Membuat Pewarna Rambut Dari Kopi:

1. Seduh beberapa cangkir besar kopi kental dan biarkan hingga dingin pada suhu kamar.

2. Tambahkan kopi ke baskom besar. Gunakan cangkir bersih dan bandana untuk mengontrol gerak rambut.

3. Condongkan kepala terlebih dahulu di atas baskom.

4. Ambil kopi dan tuangkan ke atas kepala dengan cangkir secara merata dan benar-benar basah.

5. Peras rambut dengan lembut, lalu atur menjadi sanggul atau gunakan shower cap biarkan selama 3 jam.

6. Bilas rambut dan lihat perubahannya.

Catatan: Untuk warna yang lebih gelap, ulangi prosesnya beberapa kali.


Cara Membuat Scrub dari Kopi:

1. Tuang seperempat cangkir bubuk kopi segar

2. Campurkan dengan seperempat cangkir gula merah, jus lemon secukupnya.

3. Aduk hingga merata, kemudian gosok pada kulit setelah mandi. 

4. Diamkan scrub dalam 5-15 menit, kemudian bilas kembali.


Cara Membuat Masker Dari Kopi:

1. Campurkan bubuk kopi dengan bubuk kakao ke dalam satu wadah.

2. Tambahkan susu hingga bertekstur kental

3. Jika sudah merata, tambahkan perasan lemon dan madu secukupnya. Aduk kembali hingga merata.

4. Oleskan ke wajah dan biarkan mengering hingga 20 menit.

5. Bilas dan rasakan khasiatnya

Hair & beauty