Tips Mewarnai Rambut Sendiri


  • Tips Mewarnai Rambut Sendiri
    Tips mewarnai rambut sendiri (Foto: Dok. Luis Quintero/Pexels)

    Resolusi di tahun baru untuk tampil berbeda dari sebelumnya dapat kamu wujudkan dengan melakukan penggantian warna rambut. Alangkah menyenangkannya apabila kegiatan mewarnai rambut tersebut dapat dilakukan oleh diri sendiri di rumah.

    Sebelum itu, kamu perlu memerhatikan serangkaian tips agar warna cat rambut yang dihasilkan terlihat sempurna serta tidak menyebabkan rambutmu menjadi rusak. Berikut tips mudah yang bisa kamu ikuti untuk mewarnai rambut sendiri.




    1. Periksa kondisi kulit kepala dan rambut

    Sebelum melakukan pengecatan rambut, kondisi kulit kepala patut diperhatikan. Apabila kulit kepala sedang berketombe ataupun rambut sedang mengalami masalah kering dan bercabang, maka kamu harus menunda kegiatan pengecatan rambut hingga kulit kepalamu menjadi sehat kembali. 

    Jika kulit kepala tergolong sehat, kamu dapat mulai melakukan tes alergi zat pewarna rambut terhadap kulit. Tes alergi ini cukup mudah dilakukan, oleskan sedikit cat rambut pada bagian bawah telinga dan diamkan selama 48 jam. Jika tidak menimbulkan reaksi gatal maupun iritasi, kamu dapat melanjutkan langkah berikutnya.


    2. Baca dan ikuti instruksi yang tertera pada kemasan

    Kelengkapan alat dan bahan sebelum melakukan pengecatan rambut merupakan langkah yang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai ketika separuh bagian dari rambut sudah diberi cat, dan kamu baru tersadar bahwa ada bahan yang lupa dicampurkan. 

    Setelah semuanya telah selesai disiapkan, kamu dapat mulai memisahkan rambut menjadi empat bagian menggunakan jepit rambut. Kenakan sarung tangan plastik dan mulai aplikasikan cat warna pada semua bagian rambut dari akar hingga ke bagian ujung.

    Hindari tindakan menggosokkan cat rambut pada bagian kulit kepala. Seusai seluruh bagian rambut diwarnai, tunggulah beberapa saat sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan.


    3. Menggunakan produk khusus

    Bilaslah rambut menggunakan sampo dengan air hangat hingga bersih. Jika kamu mewarnai rambut dengan warna pirang atau abu-abu, disarankan untuk mengenakan ‘purple shampoo’ agar hasil akhir dari pewarnaan rambut kamu semakin menyala. Setelah itu, kamu dapat mengaplikasikan kondisioner untuk mendapatkan tampilan rambut yang licin dan sehat. 


    4. Menjaga kesehatan dan kelembapan rambut

    Menggunakan cat rambut sudah cukup berisiko untuk merusak kesehatan rambut itu sendiri. Disarankan untuk sementara waktu setelah melakukan pengecatan ulang, hindari penggunaan alat pemanas rambut, seperti catokan maupun pengering rambut. Jangan lupa untuk menggunakan sampo dan kondisioner khusus rambut berwarna saat mencuci rambut, serta memberikan vitamin sesudahnya.