9 Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Wajah


  • 9 Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Wajah
    Dengan kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral tomat juga baik buat kulit wajah. Simak 9 manfaatnya. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Selama ini orang mengenal tomat sebagai buah yang mampu mencegah kanker apabila dikonsumsi secara rutin. Kuncinya ada pada zat aktifnya yang bernama likopen, pemberi warna merah pada tomat yang ternyata merupakan salah satu jenis antioksidan.  

    Ketika dimakan, tomat memberi banyak vitamin, mineral, dan enzim yang baik untuk tubuh. Sedangkan saat dioleskan pada kulit wajah sebagai masker, tomat ternyata juga menghasilkan berbagai manfaat kecantikan.



    Agar tidak penasaran, simak berbagai manfaat masker tomat untuk kulit.


    (Baca juga: 8 Rekomendasi Masker untuk Memutihkan Wajah)


    1. Mengecilkan pori-pori

    Jus tomat bisa digunakan sebagai pengganti astringent yang berfungsi mengecilkan pori-pori akibat bekas jerawat atau penuaan dini. Campur satu sendok makan jus tomat dengan 4-5 tetes perasan lemon, lalu aplikasikan pada wajah. Setelah itu bilas dengan air hangat.

    Manfaat masker tomat sungguh besar berkat kandungan likopennya

    (Manfaat masker tomat sungguh besar berkat kandungan likopennya. Foto: Dok/Femina.in)


    2. Menyembuhkan jerawat

    Manfaat masker tomat untuk kulit lainnyaadalah mengatasi jerawat dan beruntusan. Gunakan masker tomat secara teratur untuk membantu menghilangkan jerawat dan beruntusan yang terus berulang. Hal ini karena tomat mengandung enzim-enzim, nutrisi dan senyawa yang membantu mendetoksifikasi kulit, melawan bakteri, dan mengeringkan kelebihan cairan dari dalam pori. Aplikasikan tomat yang sudah ditumbuk ke seluruh wajah. Diamkan sejam, lalu bilas. Setelah itu gunakan pelembab.


    (Baca juga: 5 Pilihan Serum untuk Kulit Berjerawat)


    3. Menghilangkan komedo

    Tomat punya kemampuan mendetoks untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam pori. Akibatnya, kotoran, bakteri, polusi, dan minyak yang mongering di dalamnya bisa dihilangkan. Itu sebabnya tomat sangat membantu dalam mengurangi dan mencegah komedo. Cara menggunakannya, gosok-gosokkan irisan tomat ke area yang dipenuhi komedo.


    4. Mengurangi kadar minyak

    Paling nggak asyik kalau wajah terlihat berminyak saat difoto. Kelebihan minyak pada kulit bisa membuat kamu terlihat selalu berkeringat dan berminyak. Nah, cara bagus untuk mengurangi minyak pada kulit adalah dengan menggunakan masker tomat. Fungsi pengering pada tomat membantu mengencangkan dan mengatur pori-pori kulit, sehingga mengurangi produksi minyak yang berlebihan.  Untuk menggunakannya, blender tomat dan mentimun, lalu aplikasikan pada wajah menggunakan bola kapas. Lakukan teratur untuk mendapatkan manfaat masker tomat ini. 

    Gunakan secara teratur untuk mendapatkan manfaat masker tomat secara maksimal

    (Gunakan secara teratur untuk mendapatkan manfaat masker tomat secara maksimal. Foto: Dok/Balancedbabe)


    5. Sebagai sunscreen alami

    Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen. Antioksidan adalah senyawa yang akan melawan radikal bebas penyebab kerusakan dan penuaan dini pada sel-sel kulit, dan kemudian meremajakan serta membuatnya muda kembali. Karenanya, masker tomat bisa berfungsi sebagai sunscreen alami karena melindungi kulit dari bahaya sinar UV.


    6. Mencerahkan kulit

    Tak usah panik kalau kulit kamu gosong sepulang dari liburan ke pantai. Di sinilah manfaat masker tomat akan terasa. Begitu selesai liburan, aplikasikan tomat yang sudah ditumbuk, lalu bilas setelah 15 menit. Kalau kamu terburu-buru, tambahkan dua sendok makan susu pada tomat tumbuk tersebut, kemudian bersihkan wajah setelah lima menit dengan sabun pencuci muka yang diperkaya vitamin E.


    7. Mengeksfoliasi kulit

    Pengelupasan kulit secara teratur akan mengurangi sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Kandungan asam pada tomat membantu memecah kulit yang mengeras dan melunakkannya sehingga lebih cerah.Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, giling tomat di mixer bersama bijinya dan satu sendok teh gula. Oleskan pada wajah, dan pijat dengan gerakan memutar. Diamkan 10 menit, lalu basuh dengan kain lembab. Bilas dengan air, dan tepuk-tepuk hingga kering.

    Campur masker tomat dengan bahan lain sesuai kebutuhan kulit

    (Campur masker tomat dengan bahan lain sesuai kebutuhan kulit. Foto: Dok/Sincerelykinsey)


    8. Mendinginkan kulit

    Mengurangi iritasi kulit, bengkak, atau kemerahan, adalah manfaat masker tomat yang sering dilupakan. Jus tomat juga obat yang baik untuk kondisi kulit seperti eczema, rosaceous, dan psoriasis. Ekstrak tomat bisa membantu meredakan gatal-gatal dan iritasi kulit. Sedangkan fungsi antiperadangan pada tomat membantu mengurangi bengkak dan peradangannya. Untuk iritasi yang parah dan gatal, isi bathtub kamu dengan air hangat, lalu tambahkan secangkir oats, ½ cangkir garam Epsom, dan secangkir jus tomat. Gunakan untuk berendam sekitar 20 menit setiap minggu.


    9. Mengencangkan kulit

    Kemampuan tomat untuk menyusutkan pori-pori pada akhirnya dapat mengencangkan kulit. Lebih dari itu, menggunakan toner sebelum memakai makeup bisa membantu riasan wajah lebih tahan lama. Untuk membuat masker tomat pengencang kulit, blender dua tomat segar, dan saring airnya saja. Masukkan jus tomat ke dalam botol semprot. Tuangkan satu sendok teh cuka apel ke botol. Lalu, tambahkan empat tetes minyak esensial rosemary ke dalamnya. Tutup botolnya, lalu kocok. Semprotkan pada seluruh wajah dan leher. Simpan sisanya di lemari es untuk 7-10 hari.

    Bagaimana, hebat kan manfaat masker tomat untuk kulit wajah?


    (dariberbagaisumber/helloglow,stylecraze,rewardme)