5 Pilihan Serum untuk Kulit Berjerawat


  • 5 Pilihan Serum untuk Kulit Berjerawat
    Serum dengan kandungan yang tepat dapat membantu meredakan inflamasi jerawat dan mencegahnya datang kembali. Simak 5 rekomendasi her world. (Foto: Dok. freepik/Freepik)


    Mungkin kamu berpikir bahwa kulit berminyak atau berjerawat tidak membutuhkan serum. Padahal sebenarnya yang terpenting saat memerangi jerawat adalah menjaga kondisi kulit tetap seimbang dan terhidrasi dengan baik. 

    Konsentrasi kandungan aktif pada serum biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan produk lainnya, membuatnya bekerja lebih efektif dan mampu menyerap lebih dalam ke kulit. Beberapa serum juga dirancang untuk membantu mengontrol kadar minyak, membuatnya nyaman digunakan pada kulit berjerawat sekalipun.



    Berikut beberapa pilihan serum yang bisa dicoba untuk tipe kulit sensitif yang rentan dengan jerawat. 


    (Baca juga: 6 Rekomendasi Serum untuk Memutihkan Wajah)


    1. Sunday Riley U.F.O Ultra Clarifying Face Oil 

    Sunday Riley U.F.O Ultra Clarifying Face Oil

    Dengan 1,5% kandungan salicylic acid, serum dengan tekstur minyak ini mengeliminasi bakteri penyebab munculnya komedo dan jerawat dari pori-pori. Tekstur minyak yang berasal dari tea tree dan black cumin seed cepat diserap oleh kulit dan tidak terasa greasy. Untuk menyeimbangkan salicylic acid yang berpotensi membuat kulit kering, serum ini juga diinfusi oleh milk thistle dan minyak biji timun yang menenangkan. Kandungan lainnya turut membantu memudarkan bekas jerawat, garis halus, dan kerutan. 


    2. Glossier Super Pure Serum

    Glossier Super Pure Serum

    Kandungan niacinamide dan zinc di dalam serum ini mengurangi kemerahan pada kulit sensitif dan menenangkan jerawat yang sedang meradang. Formula water-gel terasa begitu ringan di kulit. Serum ini sangat cocok untuk tipe kulit berminyak karena tidak meninggalkan residu pada permukaan kulit. 


    3. The Body Shop Tea Tree Anti-Imperfection Daily Solution 

    The Body Shop Tea Tree Anti-Imperfection Daily Solution

    Selain mengurangi inflamasi jerawat, serum ini juga melindungi dari bakteri, polusi, dan radikal bebas yang mengganggu kulit sehari-hari. Ia memiliki formula yang mattiftying, sehingga akan menjadikan riasan lebih tahan lama. Namun jika kulitmu terasa lebih kering di beberapa area, lewati pemakaian pada area tersebut sementara. 


    4. Skin Inc Vitamin B3+ Serum

    Skin Inc Vitamin B3+ Serum

    Memiliki kandungan serupa dengan Glossier Super Pure, yaitu Vitamin B3 atau niacinamide. Hanya saja, di dalam serum ini juga terdapat asam hialuronat dan panthenol. Formulanya juga diperkaya oleh glycerin yang memberikan hidrasi maksimal tanpa rasa lengket. Serum ini bisa digunakan juga di lingkar mata, mengingat banyak perawatan jerawat yang menyebabkan meluasnya kekeringan pada kulit.


    (Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat)


    5. Dr. Jart+ Cicapair™ Serum

    Dr. Jart+ Cicapair™ Serum

    Tak sedikit rangkaian pengobatan jerawat yang menyebabkan kulit menjadi kering, sensitif, dan merah. Serum dengan kandungan centella asiatica ini membantu menenangkan kondisi kulit yang teriritasi tersebut. Ia juga menyeimbangkan kadar air dan minyak pada wajah sehingga kulit terasa semakin sehat dan nyaman. Setelah menggunakan serum ini, kamu bisa melanjutkan dengan tahapan perawatan jerawat lainnya. 

    Jika belum terbiasa menggunakan serum dengan kandungan-kandungan di atas, sebaiknya gunakan satu kali sehari sebanyak dua sampai tiga kali seminggu terlebih dahulu. Apabila kulit merespon dengan baik, tingkatkan interval penggunaan. 

    Untuk menghindari iritasi, sebaiknya tidak menggunakan eksfoliator (atau toner yang bersifat mengeksfoliasi) bertepatan dengan pemakaian serum. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below