12 Selebriti yang Beri Perhatian Pada Kesehatan Mental


  • 12 Selebriti yang Beri Perhatian Pada Kesehatan Mental
    Sejumlah artis hollywood dan tanah air memberikan kepedulian pada kesehatan mental(Foto:Dok.Berbagi Sumber/Instagram)


    Gangguan kesehatan mental bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali para selebriti. Akhir-akhir ini, beberapa diantara publik figur ini mulai berani buka-bukaan dan mengungkap persoalan gangguan dan perhatian mereka terhadap kesehatan jiwa.

    Diantara para selebriti tersebut ada Awkarin, Marshanda, dan Isyana Sarasvati. Tak hanya mereka, tapi juga termasuk para selebriti di luar negeri, sebut saja diantaranya seperti Selena Gomez, Demi Lovato, Sophie Turner dan lainnya.



    Melansir dari laman WHO, 800.000 jiwa setiap tahunnya meninggal dunia dengan cara bunuh diri dalam kurun waktu 40 detik. Hal ini menimpa kalangan usia 15 hingga 29 tahun. Penyebabnya bisa karena rasa kehilangan, kesepian, diskriminasi, putusnya hubungan, depresi, masalah keuangan, mengidap penyakit kronis, kekerasan, pelecehan, dan konflik lainnya.

    Dari beberapa orang yang mengungkap perhatian mereka terhadap kesehatan jiwa tersebut, berikut diantaranya yang patut untuk diketahui: 

    (Baca Juga: 9 Jenis Gangguan Mental Yang Wajib Kamu Tahu)


    1. Rachel Vennya


    Mengajak masyarakat untuk lebih peduli pada kesehatan mental orang sekitar, Rachel Vennya membuat art exhibition yang bertajuk 'Raven is Odd'. Jadi salah satu prasyarat kelulusan atau skripsi yang sedang ia lakukan, instalasi ini tak sekedar karya seni belaka. Untuk memberikan semangat kepada para pejuang mental illness di dalamnya juga terdapat nilai edukasi tentang kesehatan mental.


    2. Ariel Tatum


    Ariel Tatum menggelar seminar yang bertemakan kesehatan mental untuk memberikan pemahaman lebih untuk meningkatkan kesadaran mental health. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk menghadiri acara tersebut melalui media sosial miliknya.

    (Baca Juga: 9 Tanda Fisik dari Gangguan Kesehatan Mental)


    3. Awkarin


    Sempat mengalami depresi akibat bullying yang menimpanya di media sosial, Awkarin kemudian menceritakan apa yang telah membuat dirinya untuk menghapus akun instagram pribadinya. Kemudian, pada tanggal 22 Oktober 2018, Awkarin mengunggah sebuah video di YouTube mengenai masalah depresi dan memberikan dukungan untuk menyadari betapa pentingnya kesehatan mental.


    4. Vidi Aldiano


    Seorang penyanyi Vidi Aldiano juga berbicara mengenai 'Panic attack' yang dia alami dalam talkshow bersama Raditya Dika. Dalam videonya itu pula pelantun 'Ready for Love' memberikan tips kepada mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental agar berani untuk berbicara dan berkonsultasi kepada sumber terpercaya mengenai masalah mental illness.


    5. Isyana Sarasvati


    Isyana Sarasvati juga salah satu dari kalangan selebriti yang peduli akan kesehatan mental. Pernah jauh dari orang tua untuk menuntut ilmu ke luar negeri, membuatnya sempat depresi. Namun, untuk meminimalisir kegelisahannya itu, ia membuat sebuah lagu yang berjudul 'Winter Song' yang sudah di tonton lebih dari satu juga orang di YouTube.

    (Baca Juga: A Chat with Velove Vexia: Menyoal Kesehatan Mental)


    6. Marshanda


    Sempat mengalami gangguan kesehatan mental, Marshanda bangkit dan berhasil mengobati Bipolar Disorder yang dideritanya dengan berbagai cara. Berangkat dari hal ini pula, ia pun akhirnya membagikan kisah melalui media sosialnya untuk memberikan kepedulian pada kesehatan mental.


    7. Velove Vexia



    Sebagai pemain sinetron, Velove Vexia salah satu yang memperhatikan kesehatan mental untuk diri sendiri mau pun sekitarnya. Her World pun pernah berkesempatan untuk bertemu dengan Velove Vexia untuk mendapatkan tips untuk menghilangkan stres

    (Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bunuh Diri)


    8. Selena Gomez


    Penyanyi Selena Gomez juga sempat dikabarkan terpapar penyakit mental. Bahkan, di tahun 2014, dirinya membatalkan berbagai konsernya yang menarik perhatian publik. Setelah menjalani terapi, pelantun 'Bad Liar' itu pun berhasil bangkit dan membagikan beberapa pengalamannya agar isu kesehatan mental lebih diperhatikan.

    "Saya telah bertemu dengan beberapa dokter terhebat, juga dengan spesialis. Saya cukup beruntung dapat bekerja dengan beberapa dokter dan psikiater terhebat dan orang-orang luar biasa untuk membantu membimbing saya secara pribadi melalui perjalanan saya," Jelas Selena dalam ajang McLean Award 2019 dilansir dari CNN Indonesia.


    9. Sophie Turner


    Pemain dalam film serial 'Game of Thrones', Sophie Turner bercerita tentang depresi yang menimpanya karena media sosial saat diwawancara oleh Dr Phil. Bahkan hal ini pula pernah membuatnya tidak ingin bertemu siapapun dan mengurung diri di dalam kamar.

    (Baca Juga: Mengenal Sophie Turner, dari Game of Thrones ke X-Men)


    10. Lady gaga


    Lady Gaga jadi salah satu artis hollywood yang peduli akan kesehatan mental. Sempat bermain di film 'A Star is Born' dirinya mengaku senang terlibat dalam film yang mengangkat kisah tentang mental illness. “Saya hanya ingin mengatakan saya sangat bangga menjadi bagian dari film yang memiliki isu masalah kesehatan mental, hal ini sangat penting,” ujarnya melansir dari laman E! News.


    11. Demi lovato


    Penyanyi Demi Lovato pula memberikan perhatian khusus pada kesehatan mental melalui film dokumenter. Dengan judul 'Beyond Silence' film ini menceritakan tentang gangguan kesehatan mental yang menimpa tiga orang yaitu, Jeff Fink, Llyod hale dan Lauren Burke dengan jenis gangguan yang berbeda. Dalam filmnya ini, ia menunjukkan perjuangan ketiganya dalam menghadapi bipolar, schizophrenia dan depresi lainnya. 


    12. Cara Delevingne



    Sempat mengalami depresi, Cara Delevingne berhasil sembuh dari gangguan mentalnya. Dibalik kesuksesannya, dirinya mengaku pernah ingin bunuh diri akibat depresi. Melihat beberapa perbedaan dirinya dari teman lainnya membuatnya merasa asing dan aneh. Namun, dengan menjalani rehabilitas dirinya berhasil sembuh dari depresinya itu.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below