Menekan Angka Bunuh Diri di Hari Kesehatan Jiwa 2019


  • Menekan Angka Bunuh Diri di Hari Kesehatan Jiwa 2019
    Wujudkan aksi '40 second of action' di hari kesehatan jiwa sedunia 2019(Foto:Dok.Pixabay/Pexels)


    Ditetapkan Badan Kesehatan PBB, World Health Organization (WHO) pada 1992, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati pada 10 Oktober setiap tahunnya. Dengan tema berbeda di tiap perayaannya, tahun ini WHO mengusung '40 Second of Action' untuk mengajak masyarakat lebih fokus pada permasalahan bunuh diri.

    Melansir laman WHO, 800.000 Jiwa setiap tahunnya meninggal dunia dengan cara bunuh diri dalam kurun waktu 40 detik. Hal ini menimpa kalangan usia 15 hingga 29 tahun. Walaupun begitu, hal ini bisa terjadi pada siapapun disekitarmu.



    (Baca Juga: 9 Jenis Gangguan Mental Yang Wajib Kamu Tahu)


    "Meskipun ada kemajuan, satu orang masih meninggal setiap 40 detik karena bunuh diri," kata Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir dari WHO.

    “Setiap kematian adalah tragedi bagi keluarga, teman, dan kolega. Namun bunuh diri bisa dicegah. Kami menyerukan semua negara untuk memasukkan strategi pencegahan bunuh diri yang terbukti ke dalam program kesehatan dan pendidikan nasional secara berkelanjutan,” tambahnya.

    (Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bunuh Diri)



    (Pelaku bunuh diri berasal dari mereka yang memiliki banyak konflik.Foto:Dok.Juan Pablo Arenas/Pexels)

    Secara global, 79 persen dari pelaku bunuh diri, mereka yang memiliki penghasilan rendah dan menengah. Sementara faktor lainnya, bisa diakibatkan oleh kehilangan, kesepian, diskriminasi, putusnya hubungan, masalah keuangan, mengidap penyakit kronis, kekerasan, pelecehan, dan konflik lainnya. Bahkan faktor terkuatnya, yaitu gagalnya melakukan bunuh diri.

    Untuk mencegah kejadian ini meluas dan menimpa orang terdekat, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Seperti, membantu kaum muda mengembangkan keterampilan, berbicara pada mereka yang ingin melakukannya. Serta menjaga kontak dengan pusat kesehatan dalam jangka waktu tertentu untuk memastikan pelaporan bunuh diri tak ada lagi.

    (Baca Juga: 9 Tanda Fisik dari Gangguan Kesehatan Mental)


    Dalam peringatan ke-27 ini, siapapun bisa memberikan aksi nyata dan dukungan dengan berbagai cara. Diantaranya adalah memberikan dukungan dan membagikan ucapan 'Hari Kesehatan Jiwa Sedunia' dengan tagar #40secondofaction dan #worldhealthorganization. Meskipun dirayakan setiap satu tahun sekali, dukungan ini diharapkan bisa berlangsung setiap harinya. Untuk itu, sebagai masyarakat sosial, penting untuk memahami hal ini lebih dalam, diantaranya melakukan empat hal sebagai beriku:

    1.  Meningkatkan kesadaran akan pentingnya bunuh diri sebagai masalah kesehatan masyarakat global;

    2. Meningkatkan pengetahuan tentang apa yang bisa dilakukan untuk mencegah bunuh diri;

    3. Mengurangi stigma yang terkait dengan bunuh diri;

    4. Biarkan orang-orang yang berjuang tahu bahwa mereka tidak sendiri.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below