Lovepink Ajak Masyarakat Untuk Deteksi Kanker Payudara


  • Lovepink Ajak Masyarakat Untuk Deteksi Kanker Payudara
    Lovepink ajak masyarakat untuk deteksi kanker payudara(Foto:Dok.Hafizah Rana/Her World)


    Kanker payudara menjadi penyakit yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Minimnya pengetahuan, bisa jadi faktor penyakit ini terlambat untuk terdeteksi. Untuk meningkatkan awareness masyarakat Indonesia, organisasi nirlaba 'Lovepink' menggelar acara 'Indonesia Goes Pink 2019' untuk mengedukasi sekaligus mengurangi bahaya dari breast cancer.

    Melirik data WHO tahun 2018, ditemukan 1 dari 8 perempuan mengidap kanker payudara. 6,6 persen tercatat meninggal dunia dan 11,6 persen terdeteksi kasus baru. Melalui kampanye 'Sadari' Periksa Payudara Sendiri, Samantha Barbara, selaku ketua Lovepink membantu pemerintah untuk deteksi dini melalui dua cara sosialisasi.



    (Baca Juga: Alasan Kenapa Wanita Mesti Pahami Kanker Payudara)


    "Saat ini kita dalam melakukan deteksi dini ada dua macam cara, yaitu melalui sosialisasi. Jadi secara edukasi mengajarkan bagaimana memeriksa 'Sadari' Periksa Payudara Sendiri," jelas Samantha saat ditemui dalam gelarannya, Jakarta, Plaza Indonesia, Rabu (31/7).

    "Tapi kita juga harus membantu pemeriksaan deteksi dini dengan alat. apa saja alatnya? ada dua USG dan mamografi," tambahnya.

    (Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Sejak Dini)


    Sekaligus merayakan lima tahun berdirinya Lovepink, aksi pedulinya ini mengusung 'Indonesia Goes Pink 2019' dengan tiga rangkaian acara sekaligus. Di antaranya, Passion Pink Walk & Carnival, Pink Virtual Marathon, dan Pink Pop Up Market. 

    Yang tak kalah menarik, untuk mendukung acara ini, Lovepink juga meluncurkan aplikasi 'Pink Virtual Marathon' yang bisa diunduh untuk pengguna Playstore dan Appstore untuk berlari bersama dari mana pun dan kapan pun. Ini jadi salah satu bentuk dukungan mengenai pencegahan kanker payudara di Indonesia.


    (Bincang-bincang kanker payudara bersama Lovepink.Foto:Dok.Hafizah Rana/Her World)

    "Aplikasi Pink Virtual Marathon dapat diunduh oleh masyarakat yang ingin memberi dukungannya meningkatkan kesadaran kanker payudara di Indonesia. Dengan mengunduh aplikasi ini dan berlari 'virtual bersama Lovepink, siapapun telah membantu mendorong sosialisasi sekaligus mengulurkan tangannya membantu Indonesia mengurangi bahaya advance breast cancer," jelas Samantha.

    (Baca Juga: 5 Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara)


    Deretan Acara 'Indonesia Goes Pink 2019'

    Digelar pada 6 Oktober - 20 Oktober 2019, berikut deretan acara 'Indonesia Goes Pink 2019' yang bertujuan untuk memperingati bulan kanker payudara di seluruh dunia yang jatuh di bulan ke-10 :


    Passion Pink Walk & Carnival

    Diselenggarakan pada 6 Oktober 2019, 'Passion Pink Walk & Carnival' mengajak masyarakat Indonesia untuk berjalan bersama. Rute perjalanan ini akan di mulai dari Plaza Indonesia hingga Sarinah, dan kembali ke garis awal. Dengan menggunakan atribut serba pink, acara ini diharapkan bisa meningkatkan kepeduliaan masyarakat akan kanker payudara.

    (Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu)


    Pink Virtual Marathon

    Sesuai namanya, acara ini mengajak semua orang untuk berlari dari mana pun dan kapanpun dengan aplikasi 'Pink Virtual Marathon'. Untuk berpartisipasi dalam acara ini, kamu bisa mengunduh aplikasi di Appstore dan Playstore dan mendaftar dari 5 Agustus - 26 Oktober 2019 jam 23:00 WIB.


    Pink Pop Up Market

    Mengedukasi dan mengenal kanker payudara, acara ini menghadirkan para dokter dan pemeriksa deteksi dini yang ahli pada bidang ini. Yang menjadi hal menarik lainnya, kamu bisa juga belajar mengolah makanan sehar bersama ahli gizi dan chef handal, serta berbelanja makanan dan beragam barang-barang unik.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below