5 Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara


  • 5 Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara
    Lima cara mencegah terkena kanker payudara, dari mulai gaya hidup sehat hingga rutin berolahraga. (Foto: Miguel Á. Padriñán/Pexels)


    Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Sementara, kanker payudara menjadi salah satu kanker yang paling banyak menyerang para wanita Indonesia.

    Meskipun ada cara untuk mengobatinya, tapi belum tentu semua orang berhasil mendapatkan efek baik yang sama, apalagi jika baru terdeteksi setelah stadium lanjut. Oleh karenanya, lebih baik mencegah daripada mengobati.



    Dalam beberapa waktu terakhir pun, pemerintah serta lembaga non-profit pun terus menggalakkan program pencegahan kanker payudara kepada masyarakat. Kamu pun bisa memulai sendiri dengan mengubah kebiasaan kecil, seperti gaya hidup sehat, berolahraga rutin dan tidur cukup.

    Demi menghindari kanker payudara, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, dan mulai saat ini:

    (Baca juga: Cara Estee Lauder Tingkatkan Kesadaran Kanker Payudara)

    1. Olahraga

    Salah satu cara menjaga kesehatan, termasuk mencegah terserang penyakit kanker payudara adalah dengan berolahraga. Wanita yang mengalami obesitas lebih rentan terkena kanker payudara, sehingga olahraga sebaiknya dilakukan dengan rutin guna menjaga berat badan.

    Jika tidak sempat berolahraga, siasati dengan melakukan kegiatan yang membuat kamu bergerak aktif, seperti membersihkan rumah, jalan kaki ke kantor, atau menari ketika mendengarkan musik.

    2. Berhenti merokok

    Jika kamu seorang perokok dan sedang mencari alasan yang kuat untuk berhenti, maka gunakan kanker payudara sebagai motivasi berhenti merokok. Tidak hanya membahayakan kesehatan paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko terserang kanker payudara.

    3. Kurangi minuman beralkohol

    Minum minuman mengandung alkohol mungkin juga sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian wanita. Padahal, mengonsumsi sedikit minuman tersebut pun bisa memicu terjadinya kanker payudara. Hindari minuman beralkohol setiap hari dan cukup konsumsi ketika membutuhkannya saja dalam jumlah yang wajar.

    (Baca juga: Sadari Gejala Dini Kanker Payudara Bersama Garda Medika)

    4. Berikan ASI

    Tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan bayi, ternyata aktif memberikan ASI juga mampu membuat sang ibu terhindar dari kanker payudara karena jumlah siklus mentruasi jadi berkurang dan jumlah estrogen yang terpapar ke tubuh pun lebih sedikit.

    Menurut laporan American Journal of Clinical Nutrition, seperti dikutip dari Prevention, hal ini mengurangi risiko meninggal akibat kanker payudara hingga 10% dibandingkan dengan mereka yang tak melakukannya sama sekali. Lakukan ini setidaknya selama enam bulan pertama sejak kelahiran bayi. 

    5. Tidak duduk terlalu lama

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan American Cancer Society, seperti dilansir cancer.org wanita yang duduk selama enam jam atau lebih ketika tidak sedang bekerja 10% lebih rentan terkena penyakit kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari tiga jam per hari.

    Apabila kamu berencana untuk melakukan maraton film pada akhir pekan, berikan jeda yang cukup setiap pergantian film. Tak ada salahnya juga untuk melakukan yoga atau pilates sembari menonton. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below