Kenali 7 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui


  • Kenali 7 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui
    Kenali gejala kanker payudara. (Foto:Dok/Find A Pharmacy)


    Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan bisa menyerang siapapun dan di mana pun. Bahkan, tak hanya perempuan, penyakit ini pula bisa menyerang mereka yang berjenis kelamin laki-laki.

    Dilansir dari laman Departemen Kesehatan, kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang banyak menyerang penduduk Indonesia, terutama perempuan. Para pengidap kanker payudara di Indonesia mencapai 42,1 per 100.000 penduduk. Sementara rata-rata kematiannya mencapai 17 per 100.000 penduduk. 



    Meskipun penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara medis dan terapi, namun ada baiknya kamu mengetahui gejala kanker payudara agar bisa diatasi dengan cepat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 gejala yang bisa kamu deteksi bahwa kamu mengidap kanker payudara:

    (Baca Juga: Lovepink Ajak Masyarakat Untuk Deteksi Kanker Payudara)


    1. Tekstur Kulit Berubah 

    Serangan kanker payudara bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi berubah. Di antaranya kulit di area puting dan areola mulai bersisik. Bahkan, rasa gatal juga bisa timbul di sekitarnya.


    2. Keluarnya Cairan

    Selain tekstur kulit yang berubah, para pengidap kanker pula bisa mengalami keluarnya cairan pada payudara yang berwarna putih susu, kuning kehijauan, atau merah. Namun, jika kamu menyusui, cairan berwarna putih yang muncul bisa jadi hal yang normal. Tapi, jika kamu khawatir, kamu bisa mengontrolnya ke dokter.

    (Baca Juga: 5 Cara Mencegah Terkena Kanker Payudara)


    3. Bengkaknya Payudara


    (Kontrol masalah payudara. Ilustrasi. Foto:Dok/Videoblocks)

    Dilansir dari Medical News Today, sel-sel kanker dapat menyebabkan penumpukan cairan getah bening di payudara yang menyebabkan pembengkakan serta kulit masuk ke dalam atau berlubang. Gejala ini disebut "peau d'orange" karena kulit itu menyerupai permukaan jeruk.

    Selain itu pula, kulit di area payudara bisa terasa lebih kencang akibat ukuran payudara yang membesar secara tidak normal.


    4. Munculnya Getah Bening

    Sebagaimana fungsinya, kelenjar getah bening adalah jaringan sistem kekebalan yang berfungsi untuk menyaring cairan dan menangkap sel-sel yang berpotensi berbahaya, seperti bakteri, virus, dan sel kanker. Gejala kanker payudara bisa terlihat dari pembengkakan kelenjar getah bening di bagian ketiak di sisi yang sama dengan payudara. Selain itu, pembengkakan bisa juga terlihat di tulang selangka yang keras dan mungkin lunak saat disentuh.


    5. Rasa Nyeri di Bagian Payudara

    Jika kamu sering merasakan nyeri atau sakit di payudaramu tanpa penyebab pasti, ada baiknya kamu segera memeriksa hal ini ke dokter. Meskipun kanker payudara seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, hal ini tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Karena rasa sakit yang timbul bisa jadi juga tanda bahwa kanker payudara sedang menyerang.

    (Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu)


    6. Timbulnya Memar


    Kanker payudara bisa menyebabkan perubahan warna kulit, bahkan memar. Kulit mungkin muncul kemerahan atau keunguan atau memiliki warna kebiruan. Jika timbul warna seperti itu di sekitar payudaramu, pergilah segera ke dokter agar kamu mendapatkan perawatan medis yang baik.


    7. Retraksi Puting atau Inversi

    Sel di belakang puting bisa terdorong karena munculnya kanker payudara. Hal ini bisa menyebabkan puting susu muncul atau masuk ke dalam. Atau pula mempengaruhi ukurannya. Meskipun, ketika ovulasi hal ini kerap terjadi, namun, mengunjungi dokter bisa jadi solusi yang tepat untuk menjawab kekhawatiranmu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below