Kencangkan Area Dada dengan 4 Latihan Praktis


  • Kencangkan Area Dada dengan 4 Latihan Praktis
    Kadang kita lupa mengencangkan area dada karena fokus pada paha dan bokong. Kencangkan area dada dengan latihan mudah berikut ini. (Foto: Dok. Bruce Mars/Pexels)


    Saat berolahraga, kita kadang lupa menjaga 'aset' tubuh di area dada dan lebih memerhatikan kekencangan bokong, paha, perut, atau lengan. Padahal, mengencangkan area dada tak kalah pentingnya.  

    Gerakan praktis seperti push-up atau squat bisa jadi sepele tapi bermanfaat besar. Lakukan rutin dengan pengulangan tiga set masing-masing gerakan bisa membuat hasil maksimal. 



    Jika ingin mengencangkan area dada, coba terapkan empat latihan mudah berikut ini: 

    (Baca juga: 3 Olahraga untuk Mengecilkan Betis)


    Gerakan 1: Chair Dips

    Posisikan kedua tangan pada kursi dengan jarak selebar bahu. Angkat tubuh sambil mengencangkan otot dada, bahu, dan tricep secara bersamaan. Lalu, tekuk lutut ke belakang. Turunkan tubuh secara perlahan dan posisikan punggung tetap lurus. Kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak 10 – 12 kali untuk tiga set.


    Gerakan 2: Rotation Push-up

    Arahkan tubuh ke posisi push up. Buka tangan kanan hingga tubuh miring ke kiri. Kembali ke posisi awal, lalu buka tangan kiri hingga tubuh miring ke kanan. Ulangi sebanyak 10 – 12 kali untuk tiga set.


    Gerakan 3: Incline Chest Fly

    Kamu perlu bangku panjang yang datar dan dumbell untuk posisi ini. Posisikan bangku pada posisi 45 derajat. Ambil dumbell dengan posisi kaki sedikit ditekuk untuk menahan tubuh. Pegang dumbell di tangan kiri dan kanan, menghadap lurus ke depan. Perlahan, buka tangan melebar sambil menahan dumbell. Buang napas dan kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak 10 kali untuk empat set.


    (Ilustrasi. Foto: BruceMars/Pexels.com)


    Gerakan 4: Push-up

    Berbaring di lantai dan arahkan kepala tetap lurus ke depan. Angkat tubuh perlahan menggunakan telapak tangan untuk membantu keseimbangan tubuh. Angkat beban tubuh ke atas hingga otot di area bahu dan lengan atas merasakan tekanan. Ulangi sebanyak 10 kali untuk empat set.

    Lakukan gerakan ini dengan hati-hati dan konsisten agar latihan kamu bisa sukses.

    (Baca juga: 5 Olahraga yang Mudah Dilakukan Saat Liburan)

    TIPS 

    Dan perhatikan juga 3 hal penting agar gerakan mengencangkan dada ini bisa berhasil:

    1. Hindari latihan berlebih

    Latihan terlalu sering tidak akan membentuk otot lebih cepat. Pada dasarnya, otot membutuhkan istirahat. Hindari melatih otot dada lebih dari dua kali tiap minggu selama lebih dari 30 menit. Lakukan variasi latihan dengan melatih otot kaki, lengan, punggung, dan lainnya.


    (Ilustrasi. Foto: BruceMars/Pexels.com)


    2. Berlatih maksimal

    Saat pertama kali berlatih menggunakan dumbell, pastikan kamu merasa nyaman dengan berat alat tersebut. Menggunakan alat yang terlalu berat hanya akan membahayakan otot. Tapi, kamu bisa melatih kemampuan dengan sesekali mengganti bobot alat tanpa memaksakan diri.

    3. Lakukan dengan kecepatan normal

    Pastikan kamu melakukan semua gerakan dalam kecepatan normal dan sesuai dengan tahapannya. Hal ini berguna untuk menghindari adanya risiko cedera. Contohnya, kalau kamu mengalami kesulitan meluruskan tangan saat berlatih menggunakan bench, sebaiknya kurangi bobot alat yang digunakan. Kamu juga bisa meminta petunjuk dari orang terdekat.

    Nah, selamat mencoba ya!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below