Cara Mudah Tidur Nyenyak


  • Cara Mudah Tidur Nyenyak
    (Foto: wavebreakmedia/Shutterstock)

    Kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak? Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kualitas tidur malam Anda.

    Mengatur ritme tidur

    Pentingnya membiasakan diri untuk mengikuti pola tidur Anda. Cobalah untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, jangan terbuai dengan memperpanjang waktu tidur di akhir pekan. Hindari tidur siang jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari.



    Kontrol eksposur ke cahaya

    Paparan cahaya dapat membantu siklus tidur dan bangun Anda. Biasakan untuk terkena sinar matahari pagi, biarkan cahaya masuk dalam ruangan, dan perbanyak kegiatan outdoor di siang hari.

    Di malam hari, hindari cahaya televisi lebih dari 2 jam sebelum tidur dan membaca buku dengan lampu kecil. Biasakan tidur dalam keadaan ruangan yang gelap tanpa cahaya lampu.

    Olahraga yang teratur

    Semakin sering berolahraga, semakin besar kualitas tidur malam Anda. Melakukan exercise selama 10 menit setiap harinya dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak. Berolahraga dapat mempercepat metabolisme dan mengangkat suhu tubuh, serta merangsang hormon koristol.

    Cermat memilih makanan dan minuman

    Makanan yang Anda konsumsi di siang dan malam hari sangat mempengaruhi kualitas tidur. Membatasi minuman yang tinggi kafein, menghindari makan malam dengan porsi yang banyak, serta tidak meminum alkohol sebelum tidur dapat membuat badan Anda lebih rileks dan siap untuk mendapatkan tidur yang pulas.

    Hilangkan pikiran yang membebani

    Rasa khawatir, marah, dan tegang yang masih terbawa hingga malam hari akan membuat Anda sulit untuk tidur nyenyak. Istirahatkan semua permasalahan yang membebani pikiran sehingga tidak terbawa saat ingin tidur. Biasakan mengisi pikiran Anda sebelum tidur dengan pandangan-pandangan yang positif dan damai.

    Suasana lingkungan kamar yang mendukung

    Perubahan kecil yang ada di kamar Anda dapat menciptakan suasana yang berbeda. Jika kamar Anda berada dalam suhu yang dingin, jauh dari kebisingan, ditambah dengan tempat tidur yang nyaman, maka akan mendukung kualitas tidur nyenyak Anda.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below