Mengenal Diet GM dan Cara Memulainya


  • Mengenal Diet GM dan Cara Memulainya
    (Foto: Pressmaster/Shutterstock/Clickphotos)

    Satu lagi tren penurun berat badan yang populer dan patut disimak, yaitu diet GM. Beberapa sumber mengatakan bahwa diet ini berasal dari perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors, yang membuat program kesehatan untuk meningkatkan produktivitas karyawannya. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa diet ini tercetus dari ahli kesehatan.

    (Baca juga artikel: Mengenal Tren Diet ala Jerman)

    Namun, pada intinya diet GM ini merupakan cara menurunkan berat badan sebasnyak 5-8 kg dalam seminggu dengan mengonsumsi menu makanan yang berbeda setiap harinya. Selama melakukan diet ini, Anda disarankan untuk meminum air putih minimal 10 gelas setiap hari, tidak meminum alkohol, dan bersifat detoksifikasi.



    Ada baiknya, sebelum melaksanakan diet GM dan bentuk pola makan untuk menurunkan badan agar dikonsultasikan terlebih dahulu ke ahli kesehatan.

    Hal ini guna mengetahui metabolisme dan asupan nutrisi Anda sesuai dengan diet yang dijalankan. Namun, jika penasaran seperti apa cara menjalankan diet ini, penjelasan berikut dapat membantu Anda mengenal lebih jauh tentang diet GM.

    (Baca juga artikel: Kenali Program Diet Whole30 dan Manfaatnya)

    1. Hari pertama, konsumsilah buah-buahan seperti semangka, anggur, kiwi, jambu air, dan buah yang mengandung banyak air lainnya. Anda boleh memakannya hingga perut terasa kenyang.

    2. Hari kedua, sayur-sayuran menjadi menu utama. Anda bisa mengonsumi sayuran matang atau mentah seperti kankung, bayam, sawi, labu, brokoli dan sebagainya. Jadikan pilihan menu sayuran menyenangkan seperti dibuat urap, gado-gado, karedok, atau pecel sayur.

    (Baca juga artikel: Ramping dan Sehat dengan Diet Mediterania)

    3. Hari ketiga, kombinasikan makanan buah dan sayur sebanyak yang Anda inginkan. Hindari memakan buah pisang di hari ini.

    4. Hari keempat, saat yang tepat bagi Anda untuk menjadikan pisang dan susu sebagai santapan. Konsumsilah delapan buah pisang serta tiga gelas susu tanpa mengonsumi menu lainnya.

    5. Hari kelima, manjakan lidah dengan menu daging atau ikan yang ditambah dengan irisan tomat. Anda juga diperbolehkan untuk memakan burger, namun harus diseimbangkan dengan air putih yang banyak agar sistem pencernaan menjadi bersih. Jika Anda vegetarian, gantilah daging dengan tahu atau tempe.

    (Baca juga artikel: Mengenal 4 Tipe Diet Vegetarian)

    6. Hari keenam, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi daging dan ikan sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Kombinasikan dengan sayuran sebagai serat agar pencernaan Anda lebih lancar,

    7. Hari terakhir, Anda disarankan untuk kembali ke pola makan normal, namun pilihlah nasi merah dan minum jus buah.

    (Baca juga artike: Jenis Jus Paling Tepat untuk Diet)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below