Ramping dan Sehat dengan Diet Mediterania


  • Ramping dan Sehat dengan Diet Mediterania
    (FOTO: YULIIA HOLOVCHENKO/SHUTTERSTOCK)

    Mengikuti tren melangsingkan berat badan bisa lakukan dengan berbagai hal, mulai dari diet sehat, cardio, yoga, gym, dan berlari. Namun, tahukah Anda tentang diet mediterania yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan? Berikut penjelasannya.

    Apakah diet mediterania itu?

    Diet mediterania atau mediterranean diet adalah metode diet sehat dengan mengikuti pola makan masyarakat di negara-negara sekitar laut Mediterania seperti Italia Selatan, Yunani, dan Spanyol, dengan mengonsumsi biji-bijian, buah, sayuran, rempah-rempah, kacang, minyak zaitun, nasi, dan pasta. Seperti bukan diet? Ya, diet mediterania lebih mengutamakan gaya hidup yang sehat.



    Apa manfaatnya?

    Keunggulan dari diet ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker payudara, diabetes, demensia, dan penyakit parkinson, serta dapat membuat kulit cantik, awet muda, dan memperpanjang usia.

    Bagaimana caranya?

    Anda dapat memulai diet mediterania dengan mengikuti contoh menu pagi yaitu susu dan oatmeal, menu siang dengan sandwich telur dan sayuran, dan menu malam yaitu ikan tuna yang digoreng dengan minyak zaitun.

    Pada intinya diet ini dilakukan dengan mengganti minyak dan mentega dengan minyak zaitun, mengonsumsi sayuran, buah, ikan, kacang-kacangan, yogurt, susu, oatmeal, daging putih, serta tidak mengonsumi garam dan gula.