Life & health

Wajib Follow 5 Akun Instagram yang Bahas Tentang Kecemasan

By : Hafizah Rana Dalilah - 2021-08-21 18:00:00




Sudah jadi hal biasa di masa pandemi beberapa orang merasa cemas. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti dibebankan banyak pikiran seperti ekonomi, tugas sekolah, kesehatan dan lainnya. Ditambah dengan sosial media yang kini jadi pilihan untuk berlari dari kejenuhan, penyebaran dan pengambilan informasi akan terasa lebih instan dan cepat.

Meskipun terdengar memudahkan, namun sosial media tak lepas dari dampak buruknya jika dikonsumsi tanpa penyaringan. Bahkan bahayanya bisa membuat diri merasa cemas, gelisah hingga khawatir berlebihan. Lalu bagaimana menyikapinya?

Jalan yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan mengikuti akun Instagram yang inspiratif dan mampu mengurangi rasa cemasmu. Kini banyak psikolog hingga psikiatris yang mulai memanfaatkan sosial media sebagai penyebar informasi tentang kesehatan mental. Maka dari itu berikut 5 akun instagram tentang kecemasan yang wajib difollow.


(Baca Juga: Wajib Follow Akun Instagram Ini Untuk Panduan Kelola Sampah)


1. @GreatMind

Great Mind salah satu akun instagram yang bisa diikuti. Informasi yang diberikan dari para influencer dan public figure buat akun ini tak hanya memberikan inspirasi tapi juga ketenangan lewat pelajaran hidup para pembicaranya. Didirikan oleh presenter, jurnalis sekaligus pemain film


2. @theanxietyhealer

Didirikan oleh terapis kecemasan berlisensi yang berbasis di AS, Alison Seponara, @theanxietyhealer adalah salah satu akun Instagram yang paling mudah diakses dan ramah pemula untuk semua hal tentang kecemasan. Kamu akan menemukan posting yang membantumu mengidentifikasi banyak gejala kecemasan.


(Baca Juga: Mau Cantik Luar Dalam? Wajib Follow 5 Akun Instagram Ini!)


3.@innerglowtherapy

Jika samar-samar kamu menyadari kemungkinan penyebab serangan kecemasanmu, mungkin kecemasanmu terkait dengan peristiwa traumatis. Namun, jika kamu merasa tidak yakin harus mulai dari mana untuk membaca atau menerimanya, coba scroll feed Instagram @innerglowtherapy.

Dipimpin oleh seorang psikoterapis Lauren Baird, akun instagram tentang kecemasan ini mengunggah fakta, tips, dan informasi yang diilustrasikan dengan indah untuk memancarkan rasa aksesibilitas dan ketenangan. Kiat-kiat yang ditawarkan Baird cukup spesifik untuk penyintas trauma, seperti:

Disosiasi

Memori

mimpi buruk PTSD

Memori tubuh dari trauma

Takut akan hubungan

Hypoarousal (pemicu trauma yang luar biasa menyebabkanmu membeku dan menutup diri)


4. @the.holistic.psychologist

Terakhir, @the.holistic.psychologist oleh psikolog Dr. Nicole LePera adalah akun Instagram komprehensif yang membahas berbagai topik seputar masalah kecemasan, kesehatan mental, dan kesejahteraan emosional yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari seperti:


Aturan hubungan

Menggambar batasan yang sehat antara Anda dan pasangan, orang tua, dan saudara kandung Anda

Kesehatan mental

Kematangan emosi

Pengkhianatan diri


(Baca Juga: 12 Akun Instagram Seru Untuk Ide Dekor Rumah Dengan Tanaman)


5. @ablackfemaletherapist

Yang terakhir adalah @ablackfemaletherapist. Wanita di balik akun Instagram ini merupakan seorang terapis bernama Brittney. Postingannya sederhana, seperti teks dengan latar belakang berwarna. Dan mereka sering kali jujur, terus terang, dan menuntutmu untuk membaca sekaligus mengenali kenyataan pahit dari situasi yang mungkin kamu hadapi.

Seperti, perbedaan antara pola pikir pertumbuhan asli versus persaingan dengan orang lain. Menjauh dari rasa malu yang mungkin kamu miliki tentang perilaku masa lalu, dan mengubahnya menjadi perasaan pemberdayaan dan belas kasih diri sendiri.


Itulah 5 akun Instagram tentang kecemasan yang wajib difollow