Hair & beauty

Memahami Face Yoga dan 5 Latihan Awal Untuk Pemula

By : Her World Indonesia - 2024-02-07 18:00:01 Memahami Face Yoga dan 5 Latihan Awal Untuk Pemula

Seiring bertambahnya usia, memiliki kulit yang kencang dan sehat adalah impian banyak orang. Menjaga kulit agar tetap kencang biasanya dimulai dengan melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kerja otot-otot tubuh karena olahraga ini mampu membuat organ tubuh lain bekerja lebih maksimal dan menjaga penampilan tubuh tetap prima. Termasuk untuk menjaga kekencangan wajah, biasanya banyak orang memilih alternatif yang lebih sederhana dan tentunya terjangkau dengan melakukan face yoga. 


Face yoga atau yoga wajah menurut Dr. Murad Alam, Profesor Dermatologi dari Northwestern University, adalah serangkaian latihan yang dirancang untuk memperkuat, meremajakan, dan meremajakan otot-otot wajah. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi ketegangan otot-otot wajah. Yoga wajah juga dikenal sebagai facial yoga yang sejak beberapa tahun terakhir banyak digemari para pecinta kulit sehat, terutama wanita karena manfaatnya yang dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah.


Yoga wajah mudahnya dapat kamu pahami sebagai latihan wajah yang bertujuan untuk memperkuat otot-otot wajah dan meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut. Latihan ini dilakukan dengan cara melakukan gerakan-gerakan tertentu pada wajah, seperti mengangkat alis, mengepalkan bibir, dan mengepalkan mata. Sejalan dengan yang dikemukakan Fumiko Takatsu pendiri Face Yoga Method dalam banyak wawancaranya bahwa “Face yoga is an exercise that can help strengthen facial muscles and increase blood circulation in the area so that it can help reduce wrinkles and fine lines on the face, as well as help tighten the skin!” Paparnya. 


Sampai saat ini, yoga wajah banyak membantu para wanita memiliki yang lebih kencang dengan otot-otot yang lebih sehat. Yoga wajah juga efektif membantu mengurangi kerutan di wajah, mengurangi garis halus, dan meningkatkan kekencangan otot karena latihan gerakan teratur yang menargetkan area wajah tertentu dapat membantu meningkatkan kekenyalan kulit dan penampilan awet muda seiring berjalannya waktu. Dengan melakukan latihan yang menargetkan dahi, mata, pipi, dan mulut, kamu dapat memperkuat dan mengencangkan otot-otot di area tersebut sehingga menghasilkan penampilan yang lebih terangkat dan awet muda. Selain itu, teknik pijat yang digunakan dalam yoga wajah dapat membantu meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kesehatan kulit, dan meremajakan kulit secara keseluruhan.


Her World sudah merangkum beberapa tahap yang bisa kamu lakukan sebagai awalan untuk melakukan face yoga menurut Fumiko Takatsu, simak berikut ini. 




1. Awalan, The Big O Pose

Latihan ini juga dikenal sebagai the warm up pose karena bertujuan untuk meregangkan otot-otot wajah terlebih dahulu sekaligus untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah di area wajah dan leher agar tidak tegang selama latihan selanjutnya. Kamu bisa memulainya dengan melakukan: 


  • - Buka wajah seperti sedang menguap, kemudian berikan sedikit dorongan untuk area pipi
  • - Arahkan pandangan ke atas, ke area dahi tanpa menggerakkan otot-otot bagian atas
  • - Tahan selama 10 detik dan selalu ingat untuk mengatur pernapasan selama proses face yoga
  • - Ulangi latihan ini dua kali sepanjang 30 detik 


2. Bagian Leher

Latihan ini efektif untuk membantu membentuk jawline yang lebih baik dan sesuai dengan struktur tulang wajah yang kamu miliki. Membantu mengurangi penggumpalan lemak dan gula di area sekitarnya. Kamu bisa memulainya dengan melakukan:


  • - Tanpa banyak menggerakkan tubuh bagian lain, kamu bisa menggerakkan bahu dengan menahan area dagu 45° lebih tinggi
  • - Kerutkan bibir kamu hingga bibir atas dan bawah saling menempel
  • - Arahkan ke satu sisi terlebih dahulu (bisa kanan atau kiri terlebih dahulu)
  • - Tahan posisi tersebut selama 10 detik dan ulangi untuk sisi selanjutnya


(Baca juga: Coba 7 Gerakan Yoga Untuk Pemula Yang Wajib Dipelajari)


3. Peregangan Dahi

Fumiko Takatsu menyebut latihan ini sebagai “instant pick-me-up” yang menunjukkan bahwa gerakan ini efektif untuk memberikan dampak cepat terhadap mood dan ketenangan kamu di pagi hari. Latihan ini selain membantu mengurangi garis halus di area dahi juga mampu mengeluarkan emosi negatif yang menempel selama proses tidur sehingga kamu bisa memulai hari kamu dengan perasaan yang lebih baik Kamu bisa melakukan latihan ini dengan cara:


  • - Gunakan bantuan kedua tangan untuk membantu menarik area dahi sedikit ke atas (jangan terlalu kencang) perlahan-lahan
  • - Jaga kedua bahu tetap rileks dengan dagu sedikit terangkat, tarik dan keluarkan napas selama 10 detik
  • - Gerakan tangan kembali dari area bawah wajah dengan mengangkat kulit wajah perlahan-lahan hingga dahi
  • - Ulangi gerakan tersebut dua kali sepanjang 30 detik


4. Bagian Mata

Bagi banyak orang, gerakan ini sedikit tricky karena tujuan utamanya adalah mengurangi ketegangan dan kelelahan yang ada di sekitar area bawah mata. Namun, kamu juga harus menjaga keseimbangan gerak dan otot-otot area dahi agar tidak memberikan garis halus setelah proses latihan. Kamu bisa memulainya dengan melakukan: 


  • - Buat huruf C menggunakan jemari kamu kemudian letakan di area tulang mata
  • - Pastikan posisi ibu jari berada tepat di atas lubang hidung kemudian kamu bisa mulai memijatnya perlahan dari dalam keluar (dari area hidung menuju tulang pipi)
  • - Patikan bahu tidak ikut bergerak dan tetap rileks
  • - Setelah memijatnya, tahan setidaknya lima detik dengan jari telunjung menekan bagian alis agar dahi dan alis tidak bergerak
  • - Lakukan berulang sebanyak dua kali untuk 30 detik


(Baca juga: 4 Rekomendasi Matras Yoga dari Brand Lokal Untuk Dicoba)


5. Area Mulut

Sepanjang bertambahnya usia, produksi kolagen di bibir semakin turun sehingga membuat bibir tampak lebih pucat dan tipis. Oleh karena itu, latihan ini membantu produksi kolagen lebih banyak dan mempertahankan warna asli bibir. Kamu bisa melakukannya dengan cara: 


  • - Letakan kedua jari telunjung di masing-masing sudut bibir 
  • - Lakukan senyum penuh yang memperlihatkan deretan gigi
  • - Tekuk lidah ke bagian atas dan berikan waktu setidaknya 5 detik untuk menggerakkan lidah ke sisi lain
  • - Ulang bergantian sepanjang 30 detik dan pastikan untuk tetap menjaga pernapasan kamu


Melalui rangkaian gerakan pijat dan senam wajah, latihan ini bekerja secara khusus mengatasi otot, kulit, dan sistem limfatik di daerah kepala melalui stimulasi yang ditargetkan. Dengan menstimulasi area-area ini, yoga wajah bertujuan untuk melembutkan dan mengendurkan otot-otot wajah, yang pada akhirnya membantu meredakan ketegangan, stres, dan kekhawatiran. Melakukan yoga wajah dapat membantumu menjadi lebih memperhatikan ekspresi wajah mereka melalui latihan yang mengurangi munculnya garis-garis yang terbentuk oleh emosi negatif.


“There's not much to lose: Facial yoga is non-toxic, non-invasive and safe for anyone, plus it's inexpensive and you can do it on your own time,” ujar Shilpi Khetarpal, MD, dermatologist di Cleveland Clinic. 


(Penulis: Adila Firani)

Hair & beauty