Fashion

Melangkah ke 8 Kota Fashion Paling Berpengaruh di Dunia

By : Her World Indonesia - 2024-01-30 18:00:02 Melangkah ke 8 Kota Fashion Paling Berpengaruh di Dunia

Fashion merupakan salah satu aspek budaya yang terus berubah dan berkembang seiring waktu. Tren fashion tidak hanya mencerminkan gaya individu, tetapi juga mencerminkan dinamika sosial, budaya, dan ekonomi di berbagai belahan dunia. Di tengah perubahan tersebut, beberapa kota telah menjadi pusat penting bagi industri fashion global, memengaruhi dan menginspirasi tren fashion dunia. Kota-kota ini bukan hanya rumah bagi desainer ternama, tetapi juga menjadi tempat yang memulai tren tersebut dengan banyaknya ide kreatif melalui sekolah-sekolah fashion serta agenda tahunan seperti fashion week yang berhasil menarik perhatian dunia. 


Her World melalui berbagai sumber telah merangkum delapan kota yang dikenal sebagai the city of fashion, simak penjelasannya di bawah ini.


1. Paris 


(Paris saat ini menjadi the biggest city of fashion dunia. Foto: Dok. Pixabay)


Paris sebagai pusat mode dimulai pada abad ke-17, ketika Raja Louis XIV mendirikan industri manufaktur tekstil di kota ini. Kemudian, pada abad ke-19, terjadi perkembangan besar dalam dunia mode Paris, terutama setelah Revolusi Industri. Lebih dari itu, negara ini berkembang sejalan dengan lahirnya rumah mode terkenal dunia seperti Yves Saint Laurent, Hubert de Givenchy, Karl Lagerfeld, Jean-Paul Gaultier, Christian Dior, Pierre Cardin, Coco Chanel, Rene Lacoste, and Christian Louboutin berada dalam jajaran atas. 


Lahirnya istilah mode terkenal, Haute Couture yang melahirkan fashion week dunia hingga new pairs dari berbagai merek ternama dalam koleksi mereka. Istilah ini diawali oleh Charles Frederick Worth, designer ternama asal Inggris yang tinggal di Paris. Istilah ini merujuk pada bahasa Prancis yang artinya “penjahit tingkat tinggi” yang digunakan untuk menggambarkan busana yang dibuat secara khusus untuk pelanggan individu dengan tangan oleh penjahit yang mahir. Ini adalah ekspresi tertinggi dari kemewahan dan keahlian dalam mode industri. Haute Couture saat ini telah menjadi protected name in Paris yang hanya dapat digunakan oleh perusahaan yang memenuhi standar tertentu.


Lebih dari itu, Paris Fashion Week menjadi salah satu event mode paling bergengsi di dunia dengan lebih dari 100 designer dan merek mewah ikut berpartisipasi setiap tahunnya. Dengan koleksi baru dan konsep yang selalu berbeda, tentu saja acara seperti ini menghadirkan tren-tren yang menarik bagi dunia mode.


2. Milan


(Milan menjadi salah satu kota fashion dunia. Foto: Dok. Imad Amara/Pexels)


Sejak abad ke-11, Milan telah menjadi pusat perdagangan yang penting di Eropa, dan pada abad ke-19, kota ini mulai menonjol dalam industri tekstil dan garmen. Namun, pertumbuhan signifikan dalam mode industri Milan dimulai pada pertengahan abad ke-20, ketika rumah mode Italia terkenal seperti Versace, Gucci, dan Prada mulai bermunculan. Sejak itu, Milan telah menjadi pusat mode yang tak tertandingi, memainkan peran penting dalam menetapkan tren mode global.


Banyak desainer ternama mengatakan bahwa Milan lebih dari sekadar glamor dan shopping, Milan sebagai kota fashion merepresentasikan kekayaan budaya dan telah memberikan inspirasi bagi banyak desainer untuk menciptakan mode koleksi yang unik dan inovatif. Selain itu, Milan juga dikenal karena tempat-tempat yang kaya akan cerita sehingga ketika Milan Fashion Week diselenggarakan, acara itu tidak sebatas ajang mode biasa melainkan paduan mode dan budaya yang melebur untuk menciptakan tren yang bernilai seni. 


Milan juga menjadi kota mode sekaligus salah satu trendsetter dan dikenal sebagai pemimpin dalam kategori pakaian prêt-à-porter atau pakaian siap pakai, membawa Italia tidak hanya dikenal sebagai negara yang kaya akan makanannya, tetapi juga cara berpakaian masyarakatnya. Dengan warisan budayanya yang kaya, kontribusi dari desainer terkenal, dan peran penting dalam menciptakan tren baru, Milan terus menjadi destinasi utama bagi para pecinta mode dan pelaku industri di seluruh dunia.


(Baca juga: 7 Kota Terbaik Di Eropa Yang Menarik Untuk Dikunjungi)


3. London


(London selalu menjadi kota industri yang terkemuka, termasuk dalam hal fashion. Foto: Dok. Pixabay)


Saat membahas tentang the capital city of fashion, London tidak bisa dilupakan begitu saja, Kota yang dikenal karena keberagaman dan street style-nya yang unik membawa kota ini menjadi salah satu kota penting dalam perkembangan industri fashion dunia. Sebelum kota lain memulai perkembangannya, London sudah lebih dulu hadir dengan tren fashion yang menggambarkan budaya mereka, sebut saja salah satunya Elizabeth Era. Terus berkembang, industri tekstil di London seperti kawasan East End London menjadi rumah produksi besar-besaran yang membuat London semakin dikenal dengan kualitas tekstilnya.


Belum lagi pada abad ke-20 rumah mode seperti Burberry dan Aquascutum didirikan di London, membawa inovasi dalam desain pakaian dan aksesoris. Iya, London dikenal juga sebagai kota yang kaya akan aksesoris menawan sehingga menambah keindahan dalam fashion itu sendiri. Kebebasan dan keberagaman yang London sediakan menjadi gudang ide dan inovasi bagi para desainer dalam menciptakan karya-karya mereka. Seperti yang dikatakan Paddington Bear, “In London everyone is different and that means everyone can fit in.” Tak heran para elite fashion seperti Vivienne Westwood, Alexander McQueen, John Galliano, Stella McCartney, Kim Jones and Sir Paul Smith memiliki koleksi-koleksi yang bisa disukai banyak kalangan.


Kamu juga harus tahu bahwa London Fashion Week pertama kali diadakan pada 1984, menjadi platform penting bagi desainer untuk memperkenalkan karya-karya mereka ke dunia. Acara ini menampilkan berbagai gaya dari desainer independen hingga merek ternama, menciptakan atmosfer yang eklektik dan inspiratif bagi industri mode global. Selain itu, London juga menjadi pusat pendidikan mode yang terkemuka, dengan institusi seperti Central Saint Martins, London College of Fashion, sampai Royal Academy Of Arts yang tidak hanya melatih para desainer muda, tetapi juga menjadi pusat inovasi dan penelitian dalam mode industri.


4. New York


(New York adalah salah satu kota penting dalam perkembangan industri fashion dunia. Foto: Dok. Nout Gouns/Pexels)


Pada abad ke-19, Amerika menyaksikan revolusi dalam bidang pakaian siap pakai. Periode ini juga menyaksikan lahirnya beberapa department store paling terkenal seperti Tiffany &Co., Lord and Taylor, Ralph Lauren, Donna Karan, Marc Jacobs, Tom Ford, Vera Wang, Betsey Johnson, hingga Carolina Herrera. Ketika industri garmen mulai mendirikan pabriknya di New York, Seventh Avenue di New York menjadi identik dengan shopping dan fashion.


New York juga menjadi salah satu kota yang memberikan keberanian bagi kalangan muda untuk mencoba dan terlibat dalam dunia fashion sehingga menciptakan banyak karya-karya unik dan representatif. Bersama tingginya perkembangan industri film dan musik, New York akan selalu membawa acara megah tahunannya seperti New York Fashion Week yang sudah hadir sejak 1943 menjadi acara bergengsi yang dihadiri selebritis dunia, menciptakan atmosfer gemerlapnya yang khas dan sangat dinantikan. 


5. Roma


(Roma sebagai pusat peradaban dunia juga menjadi kota fashion dunia. Foto: Dok. Samson Bush/Pexels)


Pernah dengar kalimat, Rome is Italy? Itu menjadi salah satu alasan kenapa sampai saat ini Roma menjadi kota fashion yang terkenal dan memberikan kesan yang berbeda kepada para pecinta mode. Sejarah mode di Roma dimulai pada zaman kuno ketika kota ini menjadi pusat penting bagi kerajaan Romawi. Pada masa itu, pakaian dan aksesoris menjadi simbol status sosial dan kekuasaan, dan penjahit Romawi terkenal karena keahlian mereka dalam membuat busana yang mewah dan indah.


Roma tidak hanya hanya membawa fashion dalam tren tetapi juga mengembalikan dan menetapkan nilai-nilai sejarah yang tidak tertandingi. Roma is a monument itself. Tak heran, beberapa rumah mode ternama seperti Valentino, Fendi, dan Bulgari tidak pernah kehilangan kreatifitas untuk menciptakan musim hingga koleksi terbaru bagi industri fashion dunia. Kontribusi dari rumah mode terkenal ini telah membantu memperkuat posisi Roma sebagai kota fashion dunia yang tak tergantikan.


Roma juga merupakan rumah bagi salah satu sekolah mode paling terkenal di dunia— Accademia di Costume e di Moda. Didirikan pada tahun 1964, fokus sekolah yang kuat pada desain kostum menjadikannya aset yang lebih besar bagi dunia mode, serta industri film. Sekolah mode terkemuka lainnya di Roma termasuk Accademia Koefia, Accademia Altieri Moda Arte, dan Istituto Europeo di Design. Roma Fashion Week terkenal dan menjadi acara penting dunia dengan ekspresi klasik yang selalu berhasil menyampaikan bahwa Rome is art and a high endless.


6. Berlin


(Berlin menjadi salah satu kota fashion yang terus berkembang. Foto: Dok. Anna/Pexels)


Sejarah Berlin menjadi salah satu kota fashion dunia dimulai ketika Berlin Fashion Week diadakan pada 2007. Saat dunia akhirnya melihat bahwa kota ini, menjadi salah satu kota metropolis dengan nilai yang eksentrik dan unik yang selalu berhasil menarik minat kalangan muda terhadap dunia mode. Berlin menawarkan streetwear yang menciptakan keindahan pribadi dari seseorang sehingga menjadi salah satu kota yang dipenuhi para desainer muda untuk menunjukkan bakat dan keunikan mereka. 


Berlin Fashion Week saat ini juga menjadi salah satu acara tahunan yang paling ditunggu karena tidak hanya menawarkan tren terbaru bagi industri fashion, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengenal apa yang disebut sustainable fashion. Hanya di Berlin, industri mode dan teknologi bisa memadukan nilainya masing-masing dan menghadirkan tren yang bisa diminati banyak orang.


(Baca juga: 10 Kota Terindah Di Dunia, Wajib Masuk Travel List!)


7. Tokyo


(Tokyo menjadi kota di Asia yang berpengaruh dalam industri mode dunia. Foto: Dok. Aleksandar Pasaric/Pexels)


Kota ini dikenal sebagai the fashion capital of Asia. Dari jajanan pasar yang beragam hingga toko-toko mewah yang akan memanjakan mata dan hasrat berbelanja para pengunjungnya, Tokyo menjadi salah satu kota fashion yang berpengaruh di dunia. Dengan nilai tradisional yang terus dipertahankan, Tokyo menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda dari kota lainnya. Perkembangan signifikan dalam industri mode Tokyo terjadi pada 1980-an, ketika Jepang menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.


Pada masa ini, Tokyo menjadi pusat kreativitas dan inovasi dalam industri mode, dengan munculnya desainer-desainer Jepang terkenal seperti Issey Miyake, Yohji Yamamoto, dan Rei Kawakubo. Desainer-desainer ini dikenal karena gaya mereka yang avant-garde dan eksperimental, yang memberikan pengaruh besar terhadap tren mode global.


Tokyo dikenal karena sangat vibrant and futuristic bahkan dalam industri tekstil mereka. Menjadikannya tempat yang ideal bagi desainer untuk menciptakan gaya yang unik dan eksperimental. Selain itu, Tokyo juga menjadi tempat bagi berbagai acara mode dan pameran seni yang menarik. Mulai dari Tokyo Fashion Week sampai Design Festa, yang menampilkan karya-karya desainer lokal dan internasional kepada dunia. Acara-acara ini memperkenalkan Tokyo sebagai pusat mode yang dinamis menjadi tempat bagi banyak toko fashion vintage dan butik independen yang menawarkan barang-barang fashion yang unik.



8. Madrid


(Madrid menjadi kota fashion yang membawa sudut pandang baru bagi dunia. Foto: Dok. Alex Azabache/Pexels)


Sisi menarik dari Madrid sebagai kota fashion dunia adalah keanggunan atau elegance yang Madrid tawarkan bagi pecinta mode dunia. Sejarah mode di Madrid dimulai pada abad ke-16, ketika Spanyol menjadi salah satu pusat mode Eropa. Pada masa itu, Madrid menjadi pusat penting bagi produksi kain sutera dan aksesoris mewah, dan perkembangan signifikan terjadi pada 1980-an, ketika Spanyol mengalami periode modernisasi ekonomi dan kultural yang disebut La Movida.


Pada masa ini, banyak desainer dan perancang busana Spanyol terkenal seperti ACristóbal Balenciaga, Loewe, Manuel Piña, Jesús del Pozo, Roberto Verino, Adolfo Dominguez, Antonio Miro, dan Sybilla Sorondo mulai menciptakan gaya yang mengedepankan modernitas, kebebasan, kemewahan, serta kenyamanan yang membuat banyak kalangan langsung jatuh cinta terutama karena desain mereka yang terkenal timeless. 


Kamu perlu tahu jika Madrid Fashion Week sudah ada sejak 1985 dan menjadi salah satu acara tahunan yang paling dinantikan karena akan menjadi canvas bagi para desainer dan pelaku industri fashion untuk menunjukkan karya-karya menawan mereka. 



Kota-kota ini telah mengukir jejak unik dalam dunia mode, membawa tren menjadi fenomena global. Setiap kota memiliki ciri khasnya sendiri yang mencerminkan keberagaman budaya dan ekspresi kreatif. Dari haute couture di Paris hingga streetwear yang berani di London, setiap kota mewakili esensi dan semangat mode yang berbeda. Melalui pengaruhnya yang luas dan berperan penting dalam industri mode global, kota-kota ini terus menjadi sumber inspirasi bagi para desainer dan penggemar mode di seluruh dunia.


(Penulis: Adila Firani)

Fashion