Life & health

Hati-hati, 5 Ikan Ini Memiliki Kolesterol Jahat

By : Her World Indonesia - 2024-01-25 13:10:01 Hati-hati, 5 Ikan Ini Memiliki Kolesterol Jahat

Mengonsumsi ikan telah lama diakui sebagai pilihan makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti protein, asam lemak omega-3, dan vitamin D. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua jenis ikan memiliki kandungan yang sama, terutama dalam hal kolesterol. Beberapa ikan dapat menyimpan kolesterol tinggi atau yang sering disebut sebagai “kolesterol jahat”


Oleh karena itu, ketika kamu mengonsumsi ikan, sebaiknya diiringi dengan kewaspadaan dan pengetahuan mengenai jenis ikan yang dikonsumsi. Karena, mengonsumsi ikan dengan kandungan kolesterol tinggi secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh. Penumpukan kolesterol jahat dalam darah dapat menyebabkan pembentukan plak pada dinding arteri, yang pada akhirnya dapat menyumbat aliran darah dan meningkatkan risiko aterosklerosis.


Peningkatan kadar kolesterol ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung. Berikut ini lima ikan yang mengandung kolesterol jahat.


1. Ikan Lele


(Ikan lele mengandung kolesterol jahat. Foto: Dok. Dailysia/Pinterest)


Ikan lele umumnya memiliki kandungan lemak yang tinggi, termasuk kolesterol. Kolesterol berlebihan dalam makanan dapat meningkatkan risiko kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan kolesterol jahat ini dapat meningkatkan risiko aterosklerosis.


2. Ikan Bawal


(Ikan lele mengandung kolesterol jahat. Foto: Dok. GDM/Pexels)


Ikan ini, terutama jika dimasak dengan metode yang menambahkan lemak tambahan, dapat menjadi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Per 100 gram, ikan ini biasanya memiliki kandungan kolesterol sekitar 60-70 miligram sehingga peningkatan konsumsi kolesterol jahat ini mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang berpotensi merusak kesehatan kardiovaskular dan meningkatkan risiko penyakit jantung.


(Baca juga: Restoran Seafood Segar Paling Murah dan Enak di Jakarta)


3. Ikan Makarel


(Ikan lele mengandung kolesterol jahat. Foto: Dok. Rizal Makarim/Pexels)


Takaran kolesterol dalam ikan makarel dapat bervariasi berdasarkan jenisnya. Sebagai contoh, king mackerel bisa memiliki lebih dari 90 miligram kolesterol per 100 gram. Mengonsumsinya dalam porsi yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh kamu.


4. Ikan Sarden


(Ikan lele mengandung kolesterol jahat. Foto: Dok. Recipes/Pexels)


Sarden umumnya dianggap sebagai ikan dengan kandungan kolesterol yang rendah, terutama jika dibandingkan dengan beberapa jenis ikan lainnya. Namun nyatanya, per 100 gram dalam kalengan ikan sarden masih memiliki kadar kolesterol sebanyak 142 miligram. Tetap konsumsi secukupnya ya.


(Baca juga: 4 Resep Sederhana Ikan Cakalang Yang Bisa Kamu Coba)


5. Ikan Tongkol


(Ikan lele mengandung kolesterol jahat. Foto: Dok. Bobo/Website)


Dalam 100 gram ikan tongkol memiliki kadar kolesterol sebanyak 102 miligram apalagi jika diolah menjadi masakan yang memiliki lemak tinggi. Oleh karena itu, sekalipun dikenal sebagai ikan yang nyaman untuk dikonsumsi tetap perhatikan cara memasak serta porsinya.


Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memahami jenis ikan yang dikonsumsi serta memerhatikan jumlah kolesterolnya. Sebaiknya, konsumsilah ikan dengan kolesterol rendah seperti ikan kod, ikan trout, atau ikan haring. Lebih dari itu, memasak ikan dengan cara yang sehat, seperti dipanggang atau direbus, dapat membantu mengurangi penambahan lemak yang tidak diinginkan.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health