Life & health

Intip 5 Negara Terkaya di Dunia, Penasaran Apa Saja?

By : Her World Indonesia - 2024-01-15 18:00:01 Intip 5 Negara Terkaya di Dunia, Penasaran Apa Saja?

Memiliki gelar sebagai negara terkaya di dunia merupakan sebuah prestise tersendiri bagi negara tersebut. Terutama di era growing income, dan kebebasan berbisnis antarnegara. Sepanjang 2023 lalu dalam peta ekonomi global, terdapat negara-negara yang memimpin dalam hal kekayaan dan daya ekonomi. Daftar ini mencerminkan keberhasilan suatu negara dalam mengelola sumber daya dan menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif. Terutama dalam periode setelah Covid-19 yang mengguncang perekonomian dunia pada beberapa tahun lalu


Indikator untuk menentukan suatu negara tersebut kaya atau tidak bisa dilihat melalui aspek perbandingan jumlah penduduk miskin atau kaya, tingkat pengangguran, angka kematian dan kelahiran, angka literasi, dan pendapatan perkapita. Pendapatan perkapita sendiri merupakan hasil dari perhitungan total penghasilan negara dibagi jumlah seluruh penduduknya sehingga diketahui pendapatan rata-rata penduduk tersebut dalam suatu waktu tertentu.


Pendapatan perkapita sangat penting diketahui untuk mengukur tingkat kesejahteraan suatu negara karena pendapatan perkapita pada negara tersebut dapat meningkat atau menurun tergantung dengan kondisi pendapatan rata-rata pada penduduk negara tersebut. Berdasarkan hasil akumulasi Global Finance Magazine selama 2023, berikut ini lima negara yang memiliki pendapatan perkapita tertinggi di dunia!


1. Irlandia


(Keunggulan ekonomi Ireland membuat tingkat kesejahteraan masyarakat negara tersebut juga tinggi. Foto: Dok. Luciann/Pexels)


Negara yang hanya memiliki 5 juta jiwa penduduk ini memiliki kesehatan fiskal yang terus meningkat dengan luasnya lapangan pekerjaan, kesempatan investasi dan bisnis, serta nilai perkapita yang terus tumbuh secara eksponensial membuatnya menjadi negara terkaya di dunia. Melalui dasar ekonomi terbuka, Ireland berhasil meningkatkan perekonomiannya dengan kehadiran perusahaan multinasional seperti Apple, Google, dan Microsoft yang menyumbang sebagian besar pendapatan perkapitanya.


(Baca juga: Ini 5 Negara di Eropa Yang Paling Murah Buat Travelling)


2. Luksemburg


(Salah satu negara kecil yang berhasil menjaga kesehatan fiskalnya. Foto: Dok. Rukhshona Sharipova/Pexels)


Negara yang terletak di jantung Eropa ini memiliki 650.000 jiwa dengan kemegahan kastil, festival, dan pedesaannya yang selalu menarik perhatian banyak turis dunia. Pada 2023, negara ini tercatat memiliki perkapita US$142.490 yang menunjukkan keberhasilannya mengatasi wabah Covid-19 pada musim sebelumnya. Luxembourg menyediakan akses pendidikan, kesehatan, dan keamanan bagi masyarakatnya dengan baik begitu juga bagi para turis sehingga sektor pariwisata negara ini cukup menyumbang banyak untuk perkapita negara tersebut.


3. Singapore


(Gambaran cerahnya malam hari di Singapore, sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Foto: Dok. Alaric Sim/Pexels)


Negara ini menjadi negara Asia Tenggara terkaya dengan pendapatan perkapita terbesar didapat dari sektor manufaktur yang melingkupi elektronik, bahan kimia, biomedis, dan transportasi serta sektor keuangan. Singapore juga dikenal sebagai surga fiskal yang makmur, ketika keuntungan modal dan dividen bebas pajak dengan menetapkan karakteristik ekonomi pasar bebas yang berkarakteristik dirigiste. Hal ini membuat para investor asing tertarik untuk datang ke Singapore.


4. Qatar


(Qatar menjadi salah satu negara dengan perkembangan ekonomi yang pesat dan industri minyak yang tinggi. Foto: Dok. Abdullah Ghatasheh/Pexels)


Qatar memiliki populasi yang cukup kecil dibandingkan dengan negara Timur Tengah lainnya. Dengan gas bumi, minyak, dan petrokimia yang kaya negara ini mampu menghasilkan pendapatan yang tinggi sehingga berhasil membangun infrastruktur negaranya menjadi salah satu yang paling modern. Menghadirkan pusat belanja mewah sekaligus wisata liburan yang jarang ditemui di negara lain membuat banyak turis juga mengunjungi Qatar sebagai destinasi wisata liburan mereka yang tentunya menguntungkan perekonomian negara ini.


(Baca juga: 4 Negara Paling Bersih di Dunia)


5. Makau


(Keindahan Macau SAR saat malam hari. Foto: Dok. Wycher Van Vliyet/Pexels)

Wilayah ini dikenal sebagai Las Vegas-nya Asia dengan lebih dari 40 kasino yang tersebar di wilayah seluas sekitar 30 kilometer persegi, semenanjung sempit di selatan Hong Kong ini menjadi mesin penghasil uang dan kesenangan bagi banyak pengusaha juga turis. Hal ini membuat Macau SAR menjadi salah satu wilayah terkaya di dunia saat ini.


(Penulis: Adila Firani)

Life & health