Food & travel

Ini 5 Negara di Eropa Yang Paling Murah Buat Travelling

By : Vanessa Masli - 2022-11-14 18:00:01 Ini 5 Negara di Eropa Yang Paling Murah Buat Travelling

Musim liburan semakin dekat, tahun baru dengan segala rencananya mungkin sudah mengisi kepalamu. Iseng-iseng mencari tiket pesawat, saat ada waktu luang mulai mengumpulkan pilihan-pilihan destinasi yang menarik, entah kapan akan terealisasinya. Mungkin benua Eropa jadi salah satu benua yang ingin kamu eksplorasi.


Kalau kamu punya misi untuk solo travel atau jalan-jalan bersama orang tersayang ke Eropa dengan budget tertentu, banyak cara untuk kamu bisa menikmati travelling-mu tanpa mengganggu finansialmu. Selain mengatur polamu menabung, memilih destinasi di Eropa pun juga bisa jadi pertimbanganmu dalam merencanakan travelling ke Eropa.


Di bawah ini, Her World sudah merangkum beberapa negara di Eropa yang paling murah buat kamu travelling dan pengalamannya juga tak kalah menyenangkan. Penasaran kamu bisa kemana saja?


1. Bulgaria



(Suasana kota Sofia di Bulgaria. Foto: Dok. Alexandr Bormotin/Unsplash)


Negara yang dijuluki ‘Land of Roses’ ini bisa mengisi daftar negara Eropa untuk dikunjungi, apalagi buat kamu yang ingin backpacking. Ibukota Bulgaria, Sofia sendiri sudah menawarkan keindahan bagi siapapun yang berkunjung dan tak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar.


Eksplorasi suasana kota Sofia yang kaya akan budaya dan bangunan-bangunan penuh sejarah. Kamu bisa mengikuti tur jalan kaki gratis ke beberapa kota di Bulgaria seperti Sofia, Veliko, Tarnovo, dan Plovdiv, tapi tetap memberi tip sebagai bentuk terima kasih. Plus, kamu wajib menikmati pastry khas Bulgaria seperti banitsa (campuran telur kocok, yoghurt alami, dan beberapa keju brined) dan krenvirshka (hotdog kecil khas Bulgaria).


Kalau kamu ingin mengeksplorasi keindahan alam Bulgaria, Central Balkan National Park bisa jadi destinasi wajib untuk berjalan dan menikmati pemandangan indah di negara ini. Selain itu, penginapan di Bulgaria relatif lebih murah, apalagi di luar musim panas dan sudah meliputi sarapan sekaligus transportasi shuttle gratis.


2. Slovakia



(Suasana kota Bratislava, Slovakia. Foto: Dok. Martin Katler/Unsplash)


Negara di tengah Eropa yang menyimpan ragam keindahan untuk kamu eksplorasi. Mulai dari bangunan bersejarah hingga ikon budaya, Slovakia mengundang siapapun untuk mendalami sejarah negara ini. Banyak istana yang bisa kamu kunjungi di negara ini dan seolah-olah negeri dongeng hadir saat kamu berkunjung ke Bratislava, ibukota Slovakia.


The High Tatras, pegunungan tertinggi sekaligus taman nasional terbesar di Slovakia bisa jadi spot untuk mengeksplorasi keindahan alam negara ini. Antara bulan Juni hingga Oktober, cocok untuk hiking atau sekadar jalan santai, sedangkan memasuki musim dingin, bisa jadi destinasi untuk skiing. Plus, seluruh taman nasional di Slovakia juga tak memungut biaya apapun.


3. Albania



(Pantai di kota Sarande, Albania. Foto: Dok. Karol Chomka/Unsplash)


Banyak keindahan yang tersimpan di Albania dan kamu bisa menjelajahinya tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Mulai dari pantai di kawasan Mediterania hingga pegunungan, Albania menyimpan banyak pilihan untukmu. Pegunungan di Albania yang dijuluki ‘Accursed Mountains’ sering jadi lokasi untuk mendaki. Sedangkan untuk area pantai, Dhërmi dan Ksamil menjadi dua destinasi pantai paling populer di negara ini.


Selain keindahan alam, Albania juga jadi negara yang kaya akan budaya melalui keindahan kotanya seperti Gjirokastër dan Berat, kental dengan pengaruh Ottoman dan menyandang status UNESCO World Heritage. Budget traveling-nya tak jauh berbeda saat kamu berkunjung ke beberapa negara di Asia.


(Baca Juga: 6 Negara Paling Ramah Anak di Dunia, Aman Bersama Keluarga)


4. Hungaria



(Budapest, Hungaria. Foto: Dok. Keszthelyi Timi/Unsplash)


Bisa jadi destinasi di Benua Eropa yang tak menguras budget-mu, Hungaria berikan pengalaman yang cocok untuk diabadikan. Lagi-lagi kental akan sejarah, banyak bangunan yang bisa cerita banyak soal negara ini sekaligus kehidupan masyarakat kosmopolitan jadi perpaduan unik yang ditawarkan Hungaria.


Mulai dari berkelana ke setiap jalan di ibukotanya, Budapest hingga merekam keindahan kota yang disempurnakan dengan pemandangan Sungai Danube. Menariknya, beberapa destinasi wisata bisa kamu datangi tanpa mengeluarkan biaya seperti Fisherman’s Bastion, Heroes Square, dan Castle Hill.


Selain itu, Hungaria juga dikenal dengan pemandian air panas, Széchenyi Thermal Bath. Walaupun harus membayar biaya masuk, pemandian ini perlu masuk daftar destinasimu di Hungaria.


5. Portugal



(Pena Palace di Sintra, Portugal. Foto: Dok. Julia Solonina/Unsplash)


Masih masuk salah satu negara di Eropa yang paling murah untuk traveling dan wajib masuk daftar destinasimu. Ini jadi salah satu negara paling murah di wilayah Eropa Barat dibandingkan negara tetangganya seperti Jerman, Prancis, Belanda, dan Austria. Portugal adalah destinasi yang tak kalah photogenic untuk diabadikan.


Mulai dari pantai-pantai indahnya yang juga cocok untuk berselancar, istana-istana yang menawan, hingga suasana kota yang kaya akan warna. Kamu bisa mulai perjalananmu di Portugal dengan menyusuri ibukotanya, Lisbon. Lalu, mampir ke Porto yang juga menjadi destinasi banyak turis.


Plus, buat kamu yang gemar membaca buku dan jatuh cinta pada dunia sastra, Livraria Lello wajib dikunjungi. Berada di kota Porto, Livraria Lello adalah salah satu toko buku terindah di dunia yang sudah ada sejak 1906. Di Porto pula, kamu temukan ragam seni jalanan yang tak mungkin tak kamu abadikan, mulai dari mural hingga karikatur kecil.


(Baca Juga: Ini 5 Negara Paling Aman Bagi Wanita Untuk Solo Travelling)


Itu dia beberapa negara di benua Eropa yang paling murah untuk traveling. Kamu tertarik untuk berkunjung ke negara mana?


Food & travel