Life & health

5 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hangover

By : Her World Indonesia - 2023-07-25 18:00:02 5 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hangover

Minum minuman beralkohol dan mabuk memang menjadi cara dari sebagian orang untuk bersenang-senang. Apalagi jika sedang pesta atau merayakan momen istimewa rasanya akan kurang tanpa adanya booze. Namun seringkali mabuk membuat kita lepas kendali dan ujung-ujungnya meminum alkohol terlalu banyak diluar batas kemampuan kita.


Jika sudah begini bisa dipastikan akan sangat berisiko bagi kesehatan dan akan membuatmu merasa hangover di pagi hari. Apa sih yang dimaksud dengan hangover? Istilah ini sebenarnya tidak memiliki arti spesifik yang pasti. Namun, secara umum hangover bisa diartikan sebagai serangkaian gejala yang membuat tubuh merasa tidak enak seperti pusing, mual, dan lemas yang diakibatkan oleh minum minuman beralkohol.


Nah, untuk mengatasinya, Her World memiliki lima cara yang paling ampuh untuk membantumu pulih dari gejala hangover. Penasaran apa saja? Yuk, simak pembahasannya!


(Baca Juga: Ini 4 Rooftop Bar Yang Wajib Dikunjungi di Jakarta)


1. Banyak minum air putih

Saat sedang mabuk kita pasti menjadi sering merasa ingin buang air kecil. Nah, fenomena ini sebenarnya bisa dijelaskan secara ilmiah. Alkohol sendiri memiliki sifat diuretik, karena alkohol akan menghalangi pelepasan hormon vasopressin yang berfungsi untuk mengurangi jumlah urine pada ginjal, sehingga akan membuat tubuhmu terus mengeluarkan cairan melalui air seni.


Tentunya hal ini akan membuat kadar cairan pada tubuh kita menjadi berkurang drastis. Inilah mengapa pada saat kita bangun di pagi hari setelah mabuk, pasti kita akan merasa sangat haus. Oleh karena itu, hal pertama yang harus kamu lakukan pada saat merasa hangover adalah berupaya mengembalikan cairan tubuh dengan banyak minum air putih agar tidak sampai dehidrasi.


Selain air putih, kamu juga bisa mencoba cairan lain yang mengandung elektrolit seperti air kelapa atau minuman olahraga. Kandungan elektrolit akan membantu untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh yang hilang pada saat minum alkohol agar kamu pulih dari hangover.



(Banyak minum air putih dapat bantu atasi hangover. Foto: Dok. andrea piacquadio/pexels)

2. Makan makanan berkarbohidrat

Secara teori, konsumsi alkohol dapat menurunkan kadar gula darah yang penting untuk kinerja saraf otak. Ini lah mengapa pada saat kita merasa hangover di pagi hari gejalanya adalah merasa pusing, sakit kepala, hingga kelelahan karena otak bekerja tanpa suplai gula darah yang cukup. Apalagi seringkali pada saat mabuk kita cenderung tidak mood atau menghindari makan karena takut merasa mual sehingga akan makin memperparah turunnya kadar gula darah.


Nah, untuk mengatasi hangover karena turunnya kadar gula darah kamu perlu untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, utamanya karbohidrat sederhana seperti nasi dan gula. Karbohidrat sederhana mungkin memang tak sesehat karbohidrat kompleks, tetapi akan jauh lebih cepat dalam mengembalikan kadar gula darah di tubuhmu sehingga lebih efektif untuk mengatasi hangover.


3. Minum chamomile

Bagi sebagian orang, salah satu gejala hangover adalah mengalami anxiety atau rasa cemas berlebih. Hal ini sering terjadi utamanya bagi orang-orang yang lebih pemalu atau cenderung tertutup. Nah, salah satu solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan minum chamomile. Meski tidak membantu secara kesehatan fisik namun chamomile akan membantumu mengatasi hangover secara kesehatan mental dan batin.


Menurut beberapa penelitian chamomile memiliki khasiat untuk membantu kita tenang dari perasaan yang tak terkendali pada saat mabuk. Apalagi jika kamu dihantui oleh perasaan negatif setelah minum alkohol maka chamomile dapat membantu untuk kembalikan mood. Sebagai bonus, chamomile juga terbukti manjur untuk bantu tingkatkan kualitas tidur dan redakan sakit perut.


4. Minum air jahe

Salah satu gejala hangover yang paling mengganggu adalah mual, sakit perut, hingga muntah. Hal ini membuat kita biasanya jadi tidak ingin melakukan apa-apa selain rebahan dan tidur di kasur. Hal ini disebabkan oleh kandungan ethanol pada minuman alkohol yang bisa membuat iritasi pada perut, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk membantu tubuh pulih dari gejala ini kamu harus menghindari makan makanan yang membuat perut tidak nyaman seperti makanan berminyak atau pedas. Selain itu, untuk mempercepat pemulihan kamu bisa coba minum air jahe.


Meski tidak semua orang suka dengan rasa jahe, namun rempah satu ini sangat manjur dalam urusan mengobati sakit perut dan mual. Bahkan ibu hamil saja sering mengandalkan air jahe untuk meredakan rasa mual di pagi hari layaknya pada gejala hangover. Ditambah lagi, kadar antioksidan tinggi yang terdapat pada jahe akan bantu mengurangi risiko stres oksidatif akibat alkohol dan memperkuat sistem imun tubuh agar kondisimu yang rentan pada saat hangover tidak semakin parah.


5. Kembali tidur

Terakhir, teknik paling ampuh untuk atasi hangover adalah istirahat yang cukup, salah satu caranya adalah kembali lanjutkan tidurmu. Sejatinya obat utama untuk mengatasi gejala hangover adalah waktu. Percaya lah bahwa tubuhmu pasti akan berusaha dengan sendirinya untuk memulihkan kondisimu. Nah, yang bisa kamu lakukan adalah sebisa mungkin untuk tidak memperparah gejala yang ada karena kurang istirahat. Jadi kembalilah tidur dan pastikan kamu istirahat dengan cukup.


(Baca Juga: 4 Makanan Yang Cocok Untuk Redakan Radang Tenggorokan)


Berikut lima cara paling manjur untuk kamu mengatasi gejala hangover yang telah dirangkum oleh Her World. Meski bisa diatasi, namun akan lebih baik apabila kamu dari awal sudah mencegah terjadinya hangover itu sendiri demi kebaikan tubuhmu sendiri dengan cara tidak minum alkohol secara berlebih. Jadi sesuaikanlah takaranmu dan drink responsibly, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Life & health