Life & health

4 Makanan Yang Cocok Untuk Redakan Radang Tenggorokan

By : Her World Indonesia - 2023-07-20 15:00:01 4 Makanan Yang Cocok Untuk Redakan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan memang bukan suatu penyakit kronis, karena peradangan merupakan bentuk dari inflamasi sehingga biasanya selesai dalam kurun waktu yang tidak lama. Namun, tetap saja radang tenggorokan sangatlah mengganggu, selain karena terasa sakit tapi juga menghalangi kemampuan kita dalam berbicara. 


Lebih menyebalkannya lagi, radang tenggorokan biasanya tidak bisa disembuhkan secara instan hanya dengan obat saja. Melainkan, perlu kesabaran lebih dan cara-cara yang tepat agar meredakan radang tenggorokan. Salah satunya adalah memilih makanan yang cocok untuk mengobati peradangan. Nah, karena itu Her World memiliki empat rekomendasi makanan dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Yuk, simak pembahasannya!


(Baca Juga: Manfaat Latihan Daya Tahan Tubuh dan 4 Jenisnya)


1. Madu

Jika kamu mengalami radang tenggorokan yang disertai oleh batuk maka mengkonsumsi madu dapat membantu untuk mengatasinya. Madu sendiri selain enak juga memiliki banyak kandungan antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, antiproliferative, antikanker, dan bahkan antimetastatic sehingga kemampuan madu tidak hanya terbatas pada mengatasi radang tenggorokan saja melainkan hingga mampu bantu cegah kanker. Kamu bisa tambahkan madu ke dalam makanan atau minuman hangat atau bahkan dikonsumsi langsung juga tidak masalah.


2. Jahe


Jika sebelumnyasudah bahas madu, maka akan kurang rasanya jika tidak membahas jahe. Layaknya madu, jahe adalah rempah ajaib dengan banyak khasiat yang cocok untuk bantu atasi radang tenggorokan. Hal ini disebabkan karena jahe mengandung antioksidan kuat sekaligus memiliki kemampuan anti inflamasi yang berfungsi untuk meredakan peradangan. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara diparut lalu tambahkan ke minuman atau bahkan makanan yang sudah kamu siapkan. Selain itu, jika kamu hanya ingin jahe nya saja makan bisa direbus dengan air panas untuk dijadikan air jahe.



(Jahe dapat bantu redakan radang tenggorokan. Foto: Dok. pixabay/pexels)

3. Kaldu bawang putih, kunyit dan lada hitam


Kamu bisa merebus bawang putih, kunyit, dan lada hitam untuk dijadikan kaldu dan mendapatkan khasiat dari ketiganya dalam mengatasi radang tenggorokan. Bawang putih mengandung sulfur yang mampu melawan peradangan dan mengandung berbagai senyawa yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selanjutnya adalah kunyit, tanaman rempah satu ini memiliki komponen aktif kurkumin yang dapat membantu menurunkan kadar enzim pemicu peradangan di dalam tubuh. Terakhir penting untuk tambahkan lada hitam karena senyawa piperine yang terkandung pada lada hitam dapat membantu kurkumin dari kunyit dalam melaksanakan tugasnya.


(Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan)


4. Buah delima


Buah delima memiliki satu kandungan yang sangat efektif jika dipakai untuk meredakan radang tenggorokan yaitu, antioksidan polifenol. Senyawa alami ini memiliki banyak manfaat seperti melindungi tubuh dari radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, dan pastinya meredakan peradangan. Kamu bisa mengkonsumsi buah delima sebagai jus, dan jika rutin diminum setiap maka dijamin akan terasa melegakan radang tenggorokan.


Berikut makanan-makanan yang memiliki khasiat untuk meredakan radang tenggorokan. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kesehatan secara umum dengan makan makanan bergizi dan olahraga yang teratur. Jadi silahkan dicoba, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Life & health