Hair & beauty

Ini 4 Manfaat Utama Setting Spray Yang Jarang Diketahui!

By : Fariza Rahmadinna - 2023-07-28 15:00:02 Ini 4 Manfaat Utama Setting Spray Yang Jarang Diketahui!

Untuk mendapatkan hasil riasan wajah yang flawless dan tahan lama, ada beberapa cara yang bisa diikuti. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk setting spray


Setting spray adalah produk makeup berbahan dasar air yang tidak hanya dapat membantu mengunci makeup dan membuatnya tahan lama, tetapi ternyata juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya. Dalam artikel ini, Her World akan menjabarkan manfaat setting spray untuk makeup dan rekomendasi beberapa produk setting spray yang bagus buat kamu. Simak!


1. Membuat makeup lebih tahan lama


Salah satu manfaat utama dari setting spray yakni dapat membuat riasan wajah lebih tahan lama. Ketika kamu menyemprotkan setting spray, itu dapat menciptakan semacam lapisan halus di atas makeup yang berfungsi sebagai lapisan pelindung yang mencegah foundation, eyeshadow, blush on, dan produk makeup lainnya bergeser dan memudar. Itu artinya, makeup kamu akan tetap terlihat flawless dan fresh sepanjang hari. 


2. Memberi hidrasi dan kelembapan


Beberapa produk setting spray mengandung bahan yang mampu memberi hidrasi dan kelembapan pada kulit, seperti gliserin, hyaluronic acid, dan aloe vera. Kurangnya hidrasi dan kelembapan pada kulit dapat membuat hasil riasan wajah kamu tampak cakey dan semakin menonjolkan dry patches


Menyemprotkan setting spray sebelum mulai merias wajah dapat membuat kulit wajah kamu lebih dewy, fresh, dan terhidrasi. Itu akan membuat kulit wajah lebih lembap dan siap diaplikasikan produk makeup di atasnya. Jadi, produk riasan wajah bisa menempel di kulit wajah dengan baik dan tidak bergeser (Tapi, tetap semprotkan setting spray di akhir makeup, ya!)


3. Sebagai makeup fixer


Setting spray tidak hanya berfungsi untuk mengunci makeup dan membuatnya tahan lama saja, tetapi juga berfungsi sebagai makeup fixer. Artinya, setting spray dapat digunakan untuk mengembalikan kesegaran dan menghidupkan kembali makeup kamu saat mulai tampak dull, cakey, dan kehilangan vibrancy-nya. 


Simpan mini size atau travel size setting spray di tas kamu, dan berikan beberapa semprotan pada beauty blender, lalu tap..tap.. di bagian area wajah yang mulai tampak patchy dan cakey. Voila! Makeup kamu akan kembali terlihat flawless seperti baru saja diaplikasikan. 


4. Sebagai oil control


Beberapa setting spray memang diformulasikan untuk membantu mengontrol produksi sebum, agar kulit tampak lebih matte dan bebas kilap. Dengan menyemprotkan setting spray yang mampu mengurangi produksi minyak berlebih, itu dapat meminimalkan kebutuhan untuk sering melakukan touch-up dan membantu riasan Anda tampak matte lebih lama. 


Itulah beberapa manfaat setting spray untuk makeup yang perlu kamu ketahui. 


Rekomendasi Setting Spray Yang Bagus


Ada berbagai jenis setting spray yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan preferensi makeup kamu, beberapa diantaranya:


Urban Decay All-Nighter Waterproof Makeup Setting Spray


(Rekomendasi setting spray yang bagus. Foto: Dok. urbandecay.com)


Urban Decay All-Nighter Waterproof Makeup Setting Spray adalah salah satu setting spray yang bagus untuk dicoba, karena menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan ringan. Berkat temperature control technology, itu membuat setting spray ini mampu mengunci semua produk makeup dan menjaga riasan wajah kamu terlihat fresh dan flawless sepanjang hari. 


Setting spray dari Urban Decay ini cocok untuk semua jenis kulit dengan formula non-iritasi, yang dapat memberikan hasil akhir natural-glow


NYX Cosmetics Matte Makeup Setting Spray

(Rekomendasi setting spray yang bagus. Foto: Dok. boots.com)


Sesuai namanya, best-seller ini memberikan efek mattifying yang mampu mengontrol produksi sebum dan kilap dengan baik. Plus, harganya cukup affordable


(Baca Juga: 6 Manfaat dari Serum Vitamin C untuk Kulit Lebih Glowing)


Tower 28 SOS Daily Rescue Facial Spray


(Rekomendasi setting spray yang bagus. Foto: Dok. sephora.com)


Bagi kamu pemilik kulit sensitif, Tower 28 SOS Daily Rescue Facial Spray ini adalah pilihan terbaik! Ini adalah produk versatile yang tak hanya terasa ringan dan mampu mengunci riasan, tetapi ??juga bisa membantu menenangkan kulit kemerahan dan iritasi. 


Benefit Cosmetics The POREfessional: Super Setter Pore-Minimizing Setting Spray


(Rekomendasi setting spray yang bagus. Foto: Dok. sephora.co.id)


Jika kamu membutuhkan setting spray dengan formula waterproof, The POREfessional: Super Setter Pore-Minimizing Setting Spray dari Benefit Cosmetics ini bisa jadi pilihan terbaik buat kamu. Micro fine mist-nya yang terasa lembut dan ringan dengan sedikit sensasi cooling, untuk meminimalkan tampilan pori-pori dan mengunci riasan agar tidak bergeser dan lebih tahan lama. 


MAC Prep+ Prime Fix+ and Setting Spray


(Rekomendasi setting spray yang bagus. Foto: Dok. amazon.com)


Herworld sangat Prep+ Prime Fix+ Primer and Setting Spray dari MAC, karena benar-benar sangat multifungsi, bisa sebagai primer dan sebagai setting spray. Ini bisa digunakan untuk mempersiapkan dan melembapkan kulit kamu sebelum makeup, sekaligus mengurangi kesan powdery pada hasil makeup dan mengunci riasan agar tidak bergeser dan lebih tahan lama.  


Rare Beauty Always An Optimist 4-in-1 Prime & Set Mist


(Rekomendasi setting spray yang bagus. Foto: Dok. sephora.co.id)


Satu lagi rekomendasi setting spray yang bagus buat kamu, yaitu Always An Optimist 4-in-1 Prime & Set Mist dari Rare Beauty. Setting spray dari Rare Beauty adalah face mist yang versatile, yang mampu menghidrasi, mempersiapkan kulit kamu sebelum makeup, mengunci makeup, dan menyegarkan wajah. 


Produk setting spray ini juga mampu mengurangi powdery finish pada makeup dan meminimalkan tampilan pori-pori untuk hasil riasan wajah yang lebih flawless, natural-glowy, dan tahan lama. Berkat campuran niacinamide dan white water lily, itu juga bisa membantu menenangkan kulit yang stres. 


(Baca Juga: Cara Pakai Retinol Pada Produk Skincare Untuk Pemula)


Itulah beberapa manfaat setting spray beserta rekomendasi produk yang bagus untuk kamu coba. Semoga bermanfaat!


Hair & beauty